26 April 2018

Punya Bisul di Telinga? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Punya Bisul di Telinga? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Halodoc, Jakarta – Pernah mendengar bisul di telinga? Ya, bisul bukan hanya muncul di kaki atau punggung saja, tapi bisa juga timbul di telinga dan bisa sangat mengganggu. Bisul di telinga adalah benjolan yang di dalamnya berisi nanah dan biasanya terbentuk di bawah bagian kulit telinga. Bisul di telinga terutama telinga bagian luar bisa muncul sebagai benjolan kecil yang warnanya merah dan berisi nanah. Sebelum akhirnya pecah, bisul ini bisa menimbulkan rasa nyeri, gatal, iritasi, dan terkadang disertai gangguan pendengaran meskipun ukurannya kecil.

Penyebab Bisul di Telinga

Bisul di telinga bisa muncul diduga karena adanya infeksi yang disebabkan oleh luka di permukaan kulit, seperti jerawat di telinga yang pecah dan terinfeksi. Hal yang memicu munculnya jerawat yang ada di telinga, di bagian luar atau bagian dalam, disebabkan karena kelenjar minyak di telinga memproduksi terlalu banyak minyak. Hal lainnya, bisa juga disebabkan karena tumbuhnya bakteri di pori-pori yang tersumbat.

Munculnya bakteri disebabkan oleh beberapa hal, seperti kebiasaan sering memasukkan jari ke dalam telinga, penggunaan earphone yang jarang dibersihkan, atau penggunaan cotton bud. Sabun, sampo, ataupun kosmetik rambut yang masuk ke dalam telinga juga bisa menimbulkan iritasi dan gatal. Munculnya rasa gatal ini bisa memicu kamu menggaruk telinga dengan jari atau cotton bud. Tindakan ini secara tidak langsung bisa merusak kulit di saluran telinga hingga menyebabkan peradangan dan infeksi pada telinga.

(Baca juga: Mitos Sering Makan Telur Bikin Bisulan, Benarkah?)

Gejala Bisul di Telinga

Bisul di telinga bisa kamu kenali apabila mengalami gejala seperti:

  1. Adanya benjolan kemerahan.
  2. Keluar sedikit cairan nanah akibat pecahnya bisul.
  3. Nyeri disertai pembengkakan pada bagian bisul.

Mengatasi Bisul di Telinga

Mengatasi bisul di telinga sebenarnya tidak memerlukan perawatan khusus. Sistem kekebalan tubuh yang baik sebenarnya bisa membersihkan kuman atau bakteri yang menjadi penyebab bisul tersebut. Tetapi, ketika rasa sakit mulai muncul, ini bisa mengganggu kenyamanan kamu, apalagi ketika kamu sedang menjalani aktivitas. Di bawah ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi bisul di telinga:

1. Kompres dengan Air Hangat

Cara yang paling mudah untuk mengatasi bisul di telinga, yakni dengan mengompres bisul menggunakan air hangat untuk meringankan rasa sakit yang muncul. Caranya, ambil handuk bersih berukuran kecil, kemudian rendam ke dalam air hangat. Lalu tempelkan handuk di atas permukaan bisul. Selanjutnya, diamkan selama beberapa menit dan lakukan beberapa kali sehari. Yang perlu diingat, cuci tangan sebelum dan sesudah mengompres bisul.

2. Minum Obat

Salah satu cara mengatasi bisul di telinga adalah dengan mengonsumsi obat penghilang rasa sakit seperti paracetamol atau ibuprofen. Terkadang pengidap bisul di telinga juga memerlukan antibiotik bila infeksi semakin parah dan bisul semakin besar. Sebaiknya konsumsi antibiotik sesuai dengan resep dan anjuran dokter.

3. Obat Oles

Untuk mengatasi bisul di telinga, kamu juga bisa menggunakan obat oles yang memiliki kandungan vitamin A atau tretinoin, dan sebaiknya menggunakan produk yang mengandung benzoil peroksida bila ada jerawat di telinga.

Jangan Memecahkan Bisul di Telinga

Hal yang perlu dihindari ketika ada bisul di telinga adalah jangan memegangnya dan menekan-nekan bisul. Karena ditakutkan bisa membuat infeksinya semakin serius. Kamu perlu juga untuk membersihkan area bisul di telinga dan sekitarnya dengan menggunakan bola kapas yang sudah direndam ke dalam larutan antiseptik dan dikeringkan. Untuk mencegah kamu menggaruk bisul, sebaiknya tutup dengan plester agar kamu tidak tergoda untuk menggaruknya.

Bila cara-cara untuk mengatasi bisul di telinga di atas tetap tidak bisa membantu kamu mengatasinya, baiknya tanyakan kondisi telingamu secara rutin melalui aplikasi Halodoc melalui Chat dan Voice/Video Call. Kamu juga bisa membeli berbagai produk kesehatan di Halodoc. Caranya sangat mudah, tinggal order lewat aplikasi dan pesananmu akan diantarkan dalam waktu satu jam. Selain itu, kamu bisa melakukan pemeriksaan darah dan juga menentukan jadwal, lokasi, dan petugas lab yang akan datang ke lokasi tujuan melalui layanan Lab Service. Hasil lab bisa dilihat langsung pada aplikasi layanan kesehatan Halodoc.  Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.

(Baca juga: 5 Fakta Tentang Kotoran Telinga)