24 September 2018

5 Trik Latihan untuk Merampingkan Paha

merampingkan paha, trik untuk merampingkan paha, latihan untuk merampingkan paha

Halodoc, Jakarta - Sedih rasanya jika ketika mencoba celana baru, celananya terasa sempit pada bagian paha. Selain itu, sebagian wanita pasti merasa tidak percaya diri ketika pahanya terlalu besar. Paha memang salah satu bagian dari kaki yang sering mengalami timbunan lemak.

Sebenarnya, tidak ada ukuran paha ideal. Ukuran ideal paha seseorang tergantung pada faktor kelamin, usia, berat badan, tinggi badan, gaya hidup, dan kebiasaan. Pada umumnya, paha besar dimiliki oleh orang yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas. Untuk mengatasinya, berikut adalah trik latihan untuk merampingkan paha:

  1. Squat

Squat adalah salah satu trik untuk merampingkan paha. Gerakan ini dapat membakar timbunan lemak di area paha hingga betis dan mengubahnya menjadi otot. Fungsi lain dari squat adalah dapat meningkatkan keseimbangan, kelenturan, dan juga mengurangi risiko cedera.

Untuk melakukannya, awali dengan berdiri menggunakan dua kaki sejajar dengan bahu lalu turunkan kaki hingga setengah seperti akan melakukan jongkok. Pertahankan posisi punggung supaya tetap tegak, sementara bokong diarahkan agak ke belakang. Lanjutkan dengan berdiri ke posisi semula dan lakukan sebanyak 3 set dengan 8 kali gerakan setiap set-nya.

  1. Tree Lean to Side Lunge

Gerakan ini juga dapat merampingkan paha. Walau begitu, gerakan ini tidak hanya berguna untuk merampingkan paha, tetapi juga membantu mengencangkan beberapa area lain, seperti pinggul dan keseluruhan bagian bawah tubuh. Otot akan bekerja secara dinamis sambil meningkatkan kekuatan, jangkauan gerak, juga daya tahan tubuh.

Cara melakukan tree lean to side lunge adalah mula-mula berdiri tegak di kedua kaki dan letakkan lengan di atas kepala dengan posisi tegak lurus. Lalu, condongkan badan ke salah satu sisi seperti pohon yang tertiup angin. Berlanjut dengan melangkahkan kaki ke sisi yang berlawanan dan tangan kiri diletakkan di paha dan tangan kanan menyentuh lantai. Kembali ke posisi semula dan lakukan sebanyak 10 set.

  1. Frog Bend

Frog bend juga termasuk trik latihan yang dapat merampingkan paha. Gerakan ini merupakan latihan yang paling ideal jika kamu ingin mengecilkan paha, tetapi tidak punya banyak waktu untuk olahraga. Frog bend adalah salah satu gerakan mengecilkan paha yang ampuh sekaligus praktis.

Cara untuk melakukannya, pertama-tama berbaring di lantai dengan posisi telentang. Lalu, angkat kedua kaki sampai menyamai pinggul. Tekuk kedua lutut dengan kedua tumit yang disatukan. Gunakan otot paha kamu untuk mengendalikan gerakan dan kembali ke posisi semula. Ulang kembali hingga 3 set.

  1. Scissor Legs Plank

Scissor legs plank juga trik latihan yang dapat merampingkan paha. Gerakan ini tidak hanya menargetkan area paha bagian dalam, tetapi juga dapat melatih otot lengan, dada, perut, dan juga bokong secara bersamaan. Ketika melakukan gerakan ini, kamu dapat membentuk tubuh ideal serta berotot di seluruh bagian tubuh.

Untuk melakukan gerakan ini, awali dengan posisi seperti akan melakukan push-up. Pastikan punggung, kaki, juga lengan berada pada posisi yang tegak dan gunakan jari kaki untuk menahan berat badan. Buka kedua kaki secara bersamaan sambil sedikit melompat dan kembali ke posisi semula. Lakukan sebanyak 2 set dengan 15 repetisi dan istirahat sebentar di setiap set.

  1. Lunges

Lunges atau bertumpu pada salah satu bagian kaki dapat merampingkan paha kamu. Manfaat lain dari gerakan ini yaitu otot di area glutes, hamstrings, betis, quadriceps, serta bagian tubuh lain kalorinya akan terbakar selama dan sesudah melakukan gerakan ini.

Cara melakukan lunges adalah awali dengan berdiri sementara kaki dibuka selebar pinggul dan lengan berada di bagian sisi tubuh kamu. Jaga agar dada dan punggung tetap tegak. Lalu, langkahkan salah satu kaki ke bagian depan sejauh 3 kaki. Dengan memakai kaki kanan lalu turunkan kaki sampai paha depan berada sejajar dengan lantai. Dorong kaki kanan untuk kembali ke posisi awal dan lakukan sekitar 5-10 set.

Berikut adalah 5 trik latihan untuk merampingkan paha. Jika kamu ingin bertanya perihal merampingkan paha, Halodoc menyediakan layanan untuk bertanya kepada dokter. Selain itu, kamu juga bisa membeli obat dan vitamin di Halodoc dengan menggunakan fitur Apotek Antar. Ayo, download aplikasinya sekarang di App Store atau Google Play!

Baca juga: