5 Trik Mengecilkan Perut Buncit Saat Puasa

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
perut buncit, puasa, mengecilkan perut saat puasa

Halodoc, Jakarta - Selain beribadah, bulan puasa bisa kamu manfaatkan untuk melangsingkan badan atau mengecilkan perut yang buncit. Salah satu cara sehat mengecilkan perut saat puasa tentunya tidak melakukan usaha menurunkan berat badan secara sembarangan. Dengan begitu, kesehatan tubuh selama satu bulan penuh tetap terjaga. Namun, perut yang kecil tidak akan terwujud tanpa kamu melakukan beberapa trik berikut ini:

1. Mengontrol Porsi Makanan

Mengecilkan perut yang buncit sebenarnya lebih mudah dibandingkan dengan menghilangkan lemak di daerah sekitar pinggul dan pantat. Mengontrol porsi makan yang kamu makan sangat baik untuk memulai program diet. Kamu dapat menggunakan label informasi nilai gizi untuk membantu kamu menentukan makanan dan porsi yang tepat dengan menggunakan gelas ukur atau sendok. Perut kecil tidak akan terwujud apabila kamu makan secara berlebihan pada saat sahur dan berbuka puasa.

2. Pilih Minuman yang Membantu Mengecilkan Perut

Saat sahur dan berbuka puasa, jauhi pilihan minuman yang dapat berkontribusi membuat perut kamu semakin buncit. Hindari minuman tinggi gula seperti soda, teh manis, dan sirup. Sebaliknya, pilihlah minuman yang bebas gula atau setidaknya sedikit gula. Kamu juga bisa membuat air kesehatan sendiri dengan menambahkan irisan mentimun dan daun mint, atau irisan jeruk, lemon, dan jeruk nipis di air putih kamu.

Baca juga: 5 Olahraga Ampuh yang Bisa Mengecilkan Perut dengan Cepat

3. Lakukan Olahraga yang Tepat

Saat puasa, kamu masih bisa melakukan olahraga. Olahraga terbaik yang bisa kamu lakukan untuk mengecilkan perut buncit adalah dengan menggabungkan latihan kardio dan angkat beban. Olahraga kardio bisa membantu kamu membakar kalori, sedangkan latihan angkat beban dapat membantu kamu membangun otot yang kemudian dapat membakar lemak. Beberapa olahraga yang bisa kamu lakukan saat puasa dan ampuh mengecilkan perut adalah pilates, sit-up, berenang, berjalan kaki, dan latihan. Jangan lupa pula untuk menahan perut sepanjang latihan.

4. Banyak Konsumsi Air Putih

Mengonsumsi air putih yang cukup menjadi salah satu faktor penting dan cara sehat mengecilkan perut saat puasa. Di kala berbuka puasa, sebaiknya kamu banyak minum. Jangan lupakan pola minum delapan gelas air putih sehari. Kamu dapat mengaturnya dengan minum dua gelas lagi saat sahur, dua gelas saat berbuka, dan empat gelas pada malam hari.

Baca juga: Bahaya Perut Buncit untuk Kesehatan

5. Perhatikan Jadwal Makan

Apabila biasanya kamu makan tiga kali sehari, saat puasa sebaiknya porsi makan siang dibagi ke porsi sahur dan berbuka. Jika biasanya makan pagi, siang, dan malam, saat puasa jadwal makan kamu diubah 50 persen ke makan sahur dan 50 persen ke makan saat berbuka. Porsi makan yang dipindahkan ini tentu setelah dikurangi dari porsi biasanya.

Baca juga: 4 Cara Menghilangkan Perut Buncit

Itulah cara sehat yang bisa kamu lakukan untuk mengecilkan perut saat puasa. Apabla kamu melakukan tips tersebut dengan benar dan konsistens selama puasa, dijamin lingkar perut kamu mengecil. Selain itu, kamu pun akan tetap sehat dan tampil menarik.

Selain menjalani tips di atas, tidak ada salahnya kamu selalu berdiskusi dengan dokter melalui aplikasi Halodoc untuk mendapatkan saran gizi yang tepat selama berpuasa. Diskusi dengan dokter di Halodoc dapat dilakukan via Chat atau Voice/Video Call kapan dan di mana saja. Saran dokter dapat diterima dengan praktis dengan cara download aplikasi Halodoc di Google Play atau App Store sekarang juga.