5 Olahraga Ampuh yang Bisa Mengecilkan Perut dengan Cepat

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
5 Olahraga Ampuh yang Bisa Mengecilkan Perut dengan Cepat

Halodoc, Jakarta - Olahraga menjadi salah satu langkah penting untuk mengecilkan perut. Dengan berolahraga secara teratur, menjaga pola makan dan menjalani gaya hidup sehat. Kalori yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan dapat melakukan proses metabolisme dan diubah dengan baik menjadi energi sehingga tidak tertimbun menjadi lemak. Seseorang disarankan melakukan olahraga secara teratur minimal 3x seminggu dengan durasi masing-masing minimal 30 menit. Beberapa olahraga yang dapat mengecilkan perut yaitu:

(Baca juga: Ikuti Gerakan Freeletics Ini untuk Mengecilkan Perut)
1.  Senam Aerobik
Senam aerobik adalah olahraga yang direkomendasikan karena dapat membakar kalori secara bertahap dan konsisten. Senam aerobik mempertahankan unsur-unsur penting dari aktivitas fisik yang baik, yaitu berkesinambungan, memiliki ritme dengan intensitas yang teratur berupa gerakan pemanasan, gerakan inti, dan pendinginan. Hal tersebut membuat asupan oksigen yang dipakai tidak cepat habis dan dapat membakar kalori secara efektif.

2.  Berenang
Berenang adalah olahraga yang dapat mengecilkan perut tanpa memberikan beban pada titik tumpuan tertentu dari tubuh. Berenang sangat membantu kamu yang memiliki obesitas untuk dapat berolahraga dengan nyaman tanpa membebani kaki untuk menopang badan. Prinsip olahraga renang tidak jauh berbeda dengan senam aerobik, dimana pembakaran oksigen dan kalori terjadi secara bertahap.

3.  Jogging
Jogging atau lari santai adalah olahraga paling mudah untuk mengecilkan perut. Setiap harinya kamu disarankan untuk melakukan olahraga ini minimal 30 menit untuk membakar 500-900 kalori dari tubuh. Jika kamu tidak memiliki waktu khusus untuk jogging, aktivitas seperti naik turun tangga juga dapat kamu lakukan.

4.  Bersepeda
Bersepeda adalah kegiatan yang termasuk salah satu olahraga aerobik yang dapat membakar kalori secara bertahap dan dapat mengecilkan perut dengan efektif. Bersepeda 30 menit setiap harinya setara dengan pembakaran kalori sebesar 300 kalori. Selain perut buncit yang menghilang, kegiatan bersepeda juga dapat melatih otot paha dan tungkai agar lebih kuat.

(Baca juga: Variasi Gerakan Plank untuk Perut Rata)

5.  Olahraga Pembentukan Otot Perut
Olahraga yang dapat membentuk otot perut diperlukan agar lemak yang tertimbun di perut dapat terbakar dengan baik dan tergantikan oleh masa otot. Beberapa olahraga pembentuk otot perut yang dapat kamu lakukan yaitu:

1.  Sit Up
Sit up adalah gerakan yang dapat membakar tumpukan lemak di perut dan membentuk otot-otot. Untuk wanita disarankan untuk melakukan gerakan sit up dengan posisi lutut ditekuk, untuk mencegah cedera pada rahim.

2.  Back up
Back up memiliki gerakan yang berkebalikan dengan sit up. Jika sit up dilakukan dalam posisi terlentang, back up dilakukan dengan posisi tengkurap.

3.  Sikap lilin
Kamu juga dapat mengecilkan perut buncit dengan gerakan sikap lilin.

4.  Gerakan bersepeda
Jika kamu tidak memiliki sepeda, kamu dapat melakukan gerakan bersepeda di rumah yang tetap dapat melatih seluruh otot perut, paha, dan juga kaki kamu. Berbaringlah terlentang pada matras. Angkat kedua kaki kamu dengan gerakan menyerupai mengayuh sepeda.

5.  Ball crunch
Gerakan ball crunch adalah gerakan sit up yang dilakukan di atas bola karet besar. Letakkan kedua tangan di belakang kepala dan berusahalah untuk mengangkat bagian atas tubuh Kamu dengan pantat tetap menempel pada bola.

6.  Belly dance
Belly dance atau tarian perut sedang menjadi tren. Olahraga yang menggunakan tarian sebagai gerakan dasarnya ini sangat asyik untuk dilakukan. Olahraga ini dapat membakar kalori, lemak di perut, dan membentuk masa otot perut dengan efektif.

Kamu dapat melakukan seluruh rangkaian gerakan pembentuk otot perut secara berulang masing-masing 3 set setiap gerakannya dengan jumlah 1 set sebanyak 15-20 kali pengulangan.

Ingin berdiskusi dengan dokter spesialis tentang cara dan olahraga apa yang tepat untuk perut? Kamu bisa melakukannya via aplikasi kesehatan Halodoc. Melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa bertanya untuk mengetahui olahraga yang tepat untuk mengecilkan perut bersama dokter spesialis terbaik dan kamu juga bisa melakukan chat, video call atau voice call. Download aplikasi Halodoc pada Google Play dan App Store sekarang juga untuk menggunakannya.

(Baca juga: Sibuk Tetap Bisa Olahraga dengan Pilates)