07 April 2017

4 Cara Menghilangkan Perut Buncit

Halodoc, Jakarta – Kebiasaan tidur setelah makan dapat menyebabkan perut buncit. Begitu pun dengan mengenakan pakaian kita harus berhati-hati, karena kalau salah pilih justru dapat membuat penampilan jadi tidak sedap dipandang. Kalau sudah begini, tentu dapat menurunkan rasa percaya diri. 
Nah untuk itu, sangat penting untuk mulai menghilangkan perut buncit Anda. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghilangkan perut buncit bahkan di tengah rutinitas yang sibuk sekalipun. Yuk, cari tahu 6 cara menghilangkan perut buncit berikut ini:

1. Pola Makan Sehat 
Tahukah Anda jika makanan berserat sangat baik untuk membantu menurunkan berat badan dan juga mengatasi masalah sembelit? Makanan yang mengandung kaya serat juga sangat baik untuk mencegah perut buncit. Untuk menghilangkan perut buncit, setidaknya konsumsi sekitar 22-25 gram serat dalam sehari secara teratur.
Selain makanan berserat, perbanyak konsumsi asam lemak omega 3 untuk menghilangkan perut buncit. Omega 3 dapat membantu metabolisme tubuh sehingga dapat menurunkan lemak, termasuk lemak di bagian perut.
Kebiaasaan makan lainnya yang harus diperhatikan adalah sarapan. Seringkali karena rutinitas yang padat, kebiasaan sarapan di pagi hari dilewatkan. Padahal dengan sarapan pagi, seseorang bisa menahan keinginan untuk makan dalam jumlah yang berlebihan saat makan siang dan jam-jam makan berikutnya. Oleh karena itu, untuk menghilangkan perut buncit, ingat untuk selalu memperhatikan waktu makan secara teratur.
Anda bisa bisa mempertimbangkan untuk rutin meminum jus mentimun setiap hari agar dapat menghilangkan perut buncit. Caranya dengan haluskan 1 buah mentimun, 1 buah lemon, daun parsley atau cilantro secukupnya, 1 sdm jahe halus, 1 sdm jus lidah buaya, dan ½ gelas air putih dalam blender. Konsumsi lah jus mentimun ini sebelum tidur.

2. Gaya Hidup Sehat 
Untuk menghilangkan perut buncit, diperlukan kebiasaan baik yang sebaiknya dilakukan setiap hari. Gaya hidup sehat yang bisa Anda lakukan adalah dengan mulai mengurangi kebiasaan merokok dan alkohol. Minuman beralkohol dan rokok dapat meningkatkan hormin kortisol yang disebut-sebut berhubungan dengan perut buncit.
Selain itu, biasakan juga untuk lebih sering berdiri. Apalagi buat Anda yang banyak menghabiskan banyak waktu di kantor dan duduk seharian. Paling tidak, satu kali dalam 30 detik luangkan waktu untuk berdiri. Terlalu lama duduk dan jarang bergerak dapat meningkatkan risiko perut buncit.
Ingat juga untuk lebih banyak melangkahkan kaki Anda kapan pun ada waktu. Misalnya dengan lebih sering menggunakan tangga dibandingkan eskalator atau lift. Apabila Anda menggunakan kendaraan saat menuju ke kantor, sebaiknya parkir di tempat yang agak jauh dari lokasi tujuan Anda, agar memiliki lebih banyak kesempatan untuk berjalan kaki.

3. Latihan Kardio 
Latihan fisik secara teratur dapat membantu untuk menghilangkan perut buncit. Cara yang paling mudah bisa Anda lakukan adalah kardio ringan seperti berlari atau jalan cepat. Latihan ini dapat membantu hilangkan lemak di semua bagian tubuh terutama bagian perut. Jika Anda lebih suka aerobik, tak ada salahnya untuk menyisihkan waktu lima kali dalam seminggu selama 45 menit untuk membantu menghilangkan perut buncit.
Dengan rutin melakukan latihan fisik secara teratur, berat badan badan pun akan semakin menurun. Secara otomatis ini akan membuat lingkar pinggang mengecil dan perut buncit pun semakin samar.

4. Hindari Stres 
Saat stres, kadar kortisol dalam tubuh meningkat. Kortisol adalah hormon yang menyebabkan lemak terkumpul di bagian perut. Untuk itu, sebaiknya selalu hindari stres jika tak ingin perut membuncit. 
Saat beban pikiran terlalu banyak, luangkan waktu untuk melakukan hal yang Anda suka, seperti jalan-jalan atau berkumpul bersama teman-teman. Dengan begini Anda dapat menghindari stres sehingga kadar kortisol pun menurun.
Nah, jika Anda memerlukan saran dari dokter gizi untuk membantu mengatasi masalah perut buncit, tak usah ragu untuk menggunakan fitur Chat, Call, dan Video Call dari aplikasi Halodoc. Anda membicarakan masalah kesehatan dengan lebih mudah dan cepat. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play sekarang.