6 Cara Alami Mengatasi Bibir Kering Saat Puasa

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
bibir kering saat puasa

Halodoc, Jakarta - Bulan puasa tubuh akan kekurangan cairan. Nah, kondisi ini bisa saja membuat bibir kamu kering dan pecah-pecah. Kondisi ini akan membuat bibir kamu perih dan terasa sakit. Bibir kering juga membuat penampilan kamu jadi kurang maksimal. Jika kondisi ini terjadi, begini cara alami mengatasi bibir kering saat sedang berpuasa.

Baca juga: 4 Masalah Kesehatan Umum Saat Puasa

  • Menggunakan Madu

Karena sedang berpuasa, kamu enggak bisa menggunakan bahan alami yang satu ini saat tengah hari bolong. Namun, kamu bisa menggunakannya saat hendak tidur. Cukup dioleskan pada bagian bibir kamu. Selain dioleskan, kamu juga bisa mengonsumsi madu ini sebanyak 3 sendok makan saat sahur. Madu ini akan membuat puasa jadi lebih kuat, karena madu menghasilkan energi bagi tubuh kamu.

  • Hindari Minuman yang Mengandung Kafein

Selama berpuasa, hindarilah minuman yang mengandung kafein tinggi saat sahur. Karena kafein bisa membuat kelembapan kulit kamu berkurang. Kamu bisa menikmati minuman ini saat berbuka puasa nanti. Kamu bisa mengganti kafein dengan teh herbal yang baik bagi kesehatan, karena mampu menjauhkan tubuh dari berbagai penyakit.

  • Hindari Makanan Asin dan Pedas

Berbuka dengan makanan pedas dan asin selama puasa mungkin memang nikmat, namun bagi yang mempunyai bibir yang mudah kering, hal ini harus dihindari. Selain bibir dan mulut, tenggorokan pun jadi ikut mudah kering, sehingga kamu akan lebih cepat terasa haus.

Baca juga: 5 Cara Atasi Masalah Bibir Pecah-Pecah Saat Puasa

  • Perbanyak Minum Air Putih

Ketika bibir seseorang kering, itu artinya tubuh sedang mengalami kekeringan atau kekurangan cairan. Untuk menghindari itu, kamu bisa mencegah dengan minum banyak air putih dengan pola minimal 8 gelas sehari. 3 gelas saat sahur, 2 gelas saat berbuka, dan 3 gelas saat malam hari. Air mineral merupakan sumber cairan terbaik bagi tubuh dan akan selalu lebih baik ketika air putih yang dikonsumsi adalah minimal 8 gelas setiap hari.

  • Mengonsumsi Sayur dan Buah

Enggak hanya air putih yang diutamakan, kamu juga bisa mencegah bibir kering dengan memperbanyak makan sayur dan buah segar. Ketika sahur dan berbuka, jangan makan makanan berlemak tinggi, kamu bisa mengimbanginya dengan konsumsi sayur dan buah yang kaya mineral dan vitamin. Buah dan sayur kaya akan vitamin A, vitamin E, vitamin C, antioksidan, dan juga lemak esensial. Lemak esensial ampuh membuat kulit tetap lembab.

  • Menggunakan Lidah Buaya

Khasiat lidah buaya untuk kulit memang bukan rahasia lagi. Lidah buaya bermanfaat dalam melembapkan dan melembutkan kulit. Jadi selain madu, bahan alami lainnya yang bisa dicoba untuk mencegah bibir kering adalah lidah buaya. Kamu bisa menggunakan sebelum tidur setiap malam. Selama sebulan berpuasa, sebaiknya jangan lupa menjadikan hal ini sebagai kewajiban sebelum tidur, agar bibir kamu tetap dalam kondisi lembap dan tidak kering.

Baca juga: 4 Cara Atasi Kulit Kering saat Berpuasa


Nah, itu lah cara alami mengatasi bibir kering saat sedang berpuasa. Jika kamu ingin tahu tips-tips kesehatan lainnya, aplikasi Halodoc bisa jadi solusinya. Selain bisa mendapatkan tips-tips kesehatan lainnya, kamu juga bisa ngobrol langsung dengan dokter ahli terkait dengan masalah kesehatan kamu via Chat atau Voice/Video Call. Dengan aplikasi Halodoc, kamu juga bisa membeli obat yang sedang kamu butuhkan dan pesanan kamu akan diantar dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya segera di Google Play atau App Store!