24 July 2018

6 Cara Mudah Atasi Bibir Kering Tanpa Lip Balm

lip balm, bibir, bibir kering, cara mengatasi bibir kering

Halodoc, Jakarta - Kurangnya cairan tak hanya membuat tubuh rentan mengalami dehidrasi. Dampak lainnya yang akan kamu rasakan adalah kulit dan bibir akan menjadi kering dan pecah-pecah. Akibatnya, bibir akan mudah berdarah dan lipstik yang kamu gunakan pun tidak bisa menutupinya. Tentu saja, ini akan mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri.

Selain kurangnya asupan cairan dalam tubuh kamu, bibir kering juga bisa terjadi karena penggunaan kosmetik yang tidak cocok, paparan sinar matahari berlebihan, merokok, juga udara yang kering. Umumnya, wanita akan mengatasinya dengan mengoleskan pelembap bibir atau lip balm. Namun, cara mengatasi bibir kering berikut ini juga bisa kamu lakukan.

Olesi dengan Madu

Madu memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit. Sifat anti-bakteri yang dimilikinya membuat madu menjadi salah satu agen penyembuh terbaik. Penggunaan madu dalam mengatasi bibir kering pun tidak sulit. Cukup kamu oleskan madu murni pada kedua bibir secara merata dan diamkan. Gunakan pada pagi hari dan sebelum tidur setiap hari.

Lidah Buaya

Selain madu, cara mengatasi bibir kering lainnya adalah dengan lidah buaya. Tanaman ini juga sangat terkenal karena manfaatnya dalam menjaga dan merawat kecantikan kulit. Sama seperti ketika menggunakan madu, mengaplikasikan lidah buaya pada bibir pecah-pecah adalah dengan cara mengoleskan bagian dalamnya di kedua bibir. Agar hasilnya lebih maksimal, kamu bisa mengoleskannya pada malam hari sebelum tidur.

Baca juga: 5 Tips untuk Merawat Bibir Meski Pakai Lipstik Tiap Hari

Teh Hijau

Ternyata, di dalam teh hijau terkandung senyawa polifenol yang membantu meringankan peradangan kulit, termasuk ketika bibir kamu pecah-pecah. Oleh karena itu, kamu bisa memanfaatkan teh hijau ini sebagai pelembap alami. Caranya, rendam satu kantong teh hijau menggunakan air panas. Air rendamannya bisa kamu konsumsi, sementara kantong tehnya bisa kamu gunakan untuk sentuhkan pada bibir yang kering dan pecah.

Vitamin E

Rutin mengonsumsi makanan kaya vitamin E pun bisa membantu mengatasi bibir pecah-pecah. Namun, tidak semua orang bisa mengonsumsi vitamin E. Nah, kalau kamu termasuk salah satu yang tidak bisa mengonsumsinya, kamu bisa membuka kapsul vitamin E dan menuangkan isinya ke dalam suatu wadah. Lalu, usapkan perlahan pada bibir kamu. Gunakan sebelum tidur supaya manfaat yang kamu dapatkan lebih maksimal.

Minyak Zaitun

Tidak hanya berfungsi sebagai pelembap alami, minyak zaitun juga berperan sebagai pelumas alami terbaik. Kandungan asam lemak yang dimilikinya akan membantu meringankan bibir kering dan pecah-pecah. Tidak hanya itu, bibir kamu pun menjadi lebih kenyal dan lembut. Supaya hasilnya maksimal, oleskan minyak zaitun pada bibir secara rutin sebanyak dua kali dalam sehari dan biarkan hingga mengering.

Mentimun

Selain mengurangi lingkar hitam pada mata, sayuran yang mengandung banyak air dengan rasa segar ini juga bisa kamu gunakan sebagai pelembap alami bibir. Mentimun juga mempunyai sifat sebagai pencerah kulit, sehingga penggunaannya secara rutin juga akan membuat bibir kamu lebih cerah. Caranya, irislah mentimun dan gosokkan pada bibir secara merata. Diamkan hingga 15 menit sebelum kamu membilasnya dengan air bersih.

Baca juga: Hati-Hati, 5 Penyakit Ini Bisa Ditularkan Melalui Ciuman

Demikian tadi beberapa cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah secara alami tanpa perlu menggunakan lip balm. Namun, pastikan kamu tetap memenuhi asupan cairan harian ya, supaya tubuh terhindar dari dehidrasi. Jika cara di atas belum mampu menyembuhkan bibir kering yang kamu alami, coba pakai aplikasi Halodoc dan tanyakan pada dokter cara penanganannya. Aplikasi Halodoc ini bisa kamu donwload di ponsel Android atau iOS.