• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Efektif
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Efektif

6 Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Efektif

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 02 November 2021
6 Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Efektif

“Karang gigi akan sangat mudah terbentuk jika sudah ada plak. Setidaknya, diperlukan waktu dua minggu sampai karang gigi terbentuk. Untungnya ada cara efektif untuk menghilangkan karang gigi. Misalnya dengan rutin menggosok gigi, floss gigi, hingga berkumur dengan obat kumur antiseptik.”

Halodoc, Jakarta – Menyikat gigi, menggunakan floss gigi, dan berkumur dengan obat kumur antiseptik adalah hal yang penting untuk mencegah penumpukan karang gigi. Bahkan, meskipun kamu sudah merawat gigi dengan baik, masih ada kemungkinan bakteri muncul di gigi kamu. 

Karang gigi bisa terbentuk di bawah dan di atas garis gusi. Pada masanya karang gigi menjadi kasar dan keropos, sehingga bisa menyebabkan gusi terkikis dan muncul penyakit gusi. Itulah pentingnya menghilangkan karang gigi. Lantas, seperti apa cara menghilangkan karang gigi dengan efektif?

Baca juga: 3 Komplikasi yang Dapat Terjadi saat Cabut Gigi Bungsu

Cara Menghilangkan Karang Gigi

Karang gigi biasanya berwarna kuning kecoklatan dan terbentuk ketika adanya plak gigi. Proses terbentuknya karang gigi memakan waktu sekitar dua minggu, tapi beberapa orang bisa memilikinya dalam jangka waktu yang lebih singkat. Untungnya, ada banyak cara menghilangkan karang gigi. Berikut beberapa cara yang bisa dicoba:

  1. Gosok Gigi Secara Rutin

Sikat gigi secara teratur, setidaknya dua kali sehari selama 2 menit per sesi. Menyikat gigi hanya 30 detik dua kali sehari tidak akan menghilangkan plak atau mencegah karang gigi. Pastikan juga menggunakan sikat gigi dengan bulu lembut yang cukup kecil untuk masuk ke dalam mulut. Selain itu, sikat gigi harus bisa menjangkau ke belakang gigi dan geraham belakang.

  1. Pilih Pasta Gigi Fluoride

Pilih pasta gigi pengontrol karang gigi yang mengandung fluoride. Zat tersebut akan membantu memperbaiki kerusakan email gigil. Beberapa produk pasta gigi memiliki zat yang disebut triclosan yang mampu melawan bakteri dalam plak. 

Baca juga: 4 Serba Serbi tentang Gigi Geraham Bungsu

  1. Flossing Gigi

Biarpun kamu sudah menyikat gigi dengan baik, flossing gigi adalah satu-satunya cara untuk menghilangkan plak dan karang gigi dari area yang sulit dijangkau. 

  1. Berkumur Setiap Hari

Gunakan obat kumur antiseptik setiap hari untuk membantu membunuh bakteri penyebab plak dan karang gigi.

  1. Perhatikan Pola Makan

Bakteri di mulut berkembang biak pada makanan manis dan bertepung. Cobalah konsumsi makanan yang sehat dan batasi jumlah makanan manis. Hal ini juga berlaku untuk makanan ringan.

Setiap kali makan, kamu juga memberi makanan pada bakteri di mulut. Kamu tidak harus berhenti ngemil, yang penting tetap waspada dan merawat gigi. Sikat dan minum banyak air setelah makan. 

Baca juga: Abses Gigi Terlalu Lama Dibiarkan, Ini Dampaknya

  1. Hindari Merokok

Studi menunjukkan bahwa orang yang merokok atau menggunakan produk tembakau lainnya lebih mungkin untuk memiliki karang gigi. Jadi saat kamu sedang berusaha menghilangkan karang gigi, sebaiknya berhenti merokok.

Agar karang gigi hilang secara maksimal, kamu perlu mendapatkan penanganan dokter gigi. Penting untuk mengunjungi dokter gigi setiap 6 bulan untuk menghilangkan plak dan karang gigi yang mungkin terbentuk. Kamu juga bisa kok membuat jadwal kunjungan dokter gigi di fasilitas kesehatan terdekat melalui aplikasi Halodoc. Yuk, jangan malas ke dokter gigi dan download aplikasi Halodoc sekarang juga!

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
WebMD. Diakses pada 2021. What is Tartar? 6 Tips to Control BuildupHealthline. DIakses pada 2021. How to Remove Plaque and Tartar