• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Catat, Ini 7 Cara Sederhana Membersihkan Karang Gigi
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Catat, Ini 7 Cara Sederhana Membersihkan Karang Gigi

Catat, Ini 7 Cara Sederhana Membersihkan Karang Gigi

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 07 Oktober 2021
Catat, Ini 7 Cara Sederhana Membersihkan Karang GigiCatat, Ini 7 Cara Sederhana Membersihkan Karang Gigi

“Karang gigi menjadi salah satu masalah yang sering disepelekan. Padahal jika ditelaah lebih jauh lagi, karang gigi dapat memicu penyakit, bahkan kerusakan gigi permanen. Dalam intensitas ringan, gangguan yang satu ini dapat diatasi dengan langkah sederhana. Lantas, bagaimana cara membersihkan karang gigi dengan langkah sederhana?”

Halodoc, Jakarta – Gigi dan mulut menjadi kesatuan yang termasuk dalam sistem pencernaan. Keduanya perlu dijaga dengan baik, karena melakukan kontak langsung dengan makanan dan minuman setiap hari. Jika lalai menjaga kebersihannya, sisa-sisa kotoran dari makanan dan minuman akan menempel pada gigi dan membentuk plak.

Plak yang disebabkan oleh penumpukan sisa makanan dan minuman kemudian berkembang dan membentuk karang gigi. Bakteri yang menumpuk pada area tersebut kemudian berkembangbiak dan menghasilkan zat asam. Zat asam inilah yang kemudian dapat merusak enamel gigi, dan memicu sejumlah kerusakan gigi. 

Jika karang gigi masih dialami dalam intensitas ringan, berikut ini beberapa cara membersihkan karang gigi yang dapat kamu lakukan secara mandiri di rumah:

Baca juga: Scaling Gigi, Bagaimana Prosedur dan Manfaatnya?

1. Rutin Menyikat Gigi

Menyikat gigi secara teratur menjadi salah satu cara membersihkan karang gigi. Prosedur yang satu ini dapat dilakukan dua kali sehari, yaitu setelah sarapan dan sebelum tidur di malam hari. Lakukan selama 2 menit. Pastikan sikat menjangkau seluruh permukaan gigi di dalam mulut. Untuk masing-masing bagian, yaitu kanan, kiri, depan, dan belakang, lakukan selama 30 detik.

2. Menyikat Gigi dengan Teknik yang Benar

Meski menyikat gigi sudah dilakukan selama 2 menit, hal tersebut akan sia-sia jika dilakukan dengan teknik yang salah. Sebaiknya menyikat gigi dengan gerakan memutar atas dan bawah. Gerakan dapat dimulai dari gigi paling belakang atau geraham di sisi kanan atau kiri. Pastikan tidak menyikat terlalu keras, agar tidak merusak enamel gigi.

3. Bersihkan dengan Benang

Cara membersihkan karang gigi selanjutnya adalah lakukan pembersihan lebih detail dengan menggunakan benang. Tujuannya untuk membersihkan plak yang berada di sela-sela gigi. Benang dapat menjangkau sela-sela gigi yang tidak terjangkau oleh sikat gigi. Lakukan cara ini setelah menyikat gigi untuk hasil yang maksimal.

4. Menggunakan Baking Soda

Menggunakan baking soda menjadi cara membersihkan karang gigi selanjutnya. Caranya dengan menggosok gigi menggunakan baking soda. Baking soda dinilai mampu menghilangkan plak tanpa merusak enamel gigi. Kandungan di dalamnya dinilai mampu melindungi gigi, dan mencegah gigi kehilangan kalsium. Sifat antimikroba dalam baking soda dapat mencegah kerusakan gigi.

Baca juga: Ini Bedanya Gigi Berlubang, Karies, dan Karang Gigi

5. Menggunakan Obat Kumur

Cara membersihkan karang gigi selanjutnya adalah menggunakan obat kumur. Obat kumur dinilai mampu merontokkan kotoran dari sisa makanan yang menempel pada gigi. Selain itu, penggunaan obat kumur dapat membantu aroma napas menjadi lebih segar. Untuk mendapatkan manfaatnya, hindari obat kumur dengan kandungan alkohol, ya.

6. Berhenti Merokok

Tahukah kamu jika kandungan kimia dalam rokok dapat memicu pembentukkan karang gigi? Bukan hanya bau mulut dan gigi kuning saja, merokok dapat memicu terbentuknya karang gigi berwarna hitam. Selagi melakukan langkah sederhana untuk membersihkan karang gigi, sebaiknya kamu juga berhenti merokok.

7. Banyak Minum Air Putih

Mengonsumsi banyak air putih dapat meningkatkan produksi air liur. Nah, air liur dalam mulut berfungsi untuk melembapkan dan meluruhkan sisa-sisa makanan yang menempel di permukaan gigi. Air minum juga mengandung enzim yang dapat membantu mencegah bakteri penyebab infeksi mulut berkembang.

Baca juga: 5 Cara Hilangkan Plak Gigi

Selain beberapa cara membersihkan karang gigi tersebut, kamu dapat menunjang kesehatan gigi dengan rutin memeriksakan gigi setiap 6 bulan sekali. Jika kamu mengalami sakit gigi yang teramat sangat, diskusikan hal tersebut dengan dokter gigi di aplikasi Halodoc untuk menemukan jalan keluarnya. Download di sini jika belum memiliki aplikasinya.

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
Doctor NDTV. Diakses pada 2021. 7 Home Remedies To Get Rid Of Tartar In Teeth Naturally.
Medical News Today. Diakses pada 2021. Removing plaque and tartar from teeth.