6 Cara mengobati Penyakit Kudis di Rumah

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
6 Cara mengobati Penyakit Kudis di Rumah

Halodoc, Jakarta - Kudis adalah penyakit kulit yang disebabkan karena tungau jenis Sarcoptes scabiei. Tungau ini menggali ke dalam kulit dan menyebabkan orang yang terinfeksi mengalami peradangan dengan ciri kulit memerah dan gatal. Gangguan kulit ini tidak akan sembuh tanpa perawatan dan sifatnya menular. Pasalnya, telur dengan cepat menetas, lalu berpindah tempat pada kulit bagian tubuh lainnya dan memulai kembali siklus.

Namun, kamu tidak perlu khawatir, karena penyakit kulit ini bisa sembuh dengan memanfaatkan berbagai bahan alami di rumah. Beberapa pengobatan kudis yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut.

  • Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh atau Melaleuca Alternifolia digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi memar, gigitan serangga, dan infeksi pada kulit. Bahan ini efektif untuk menghilangkan ruam dan mengurangi rasa gatal karena kudis. banyak orang percaya bahwa minyak pohon teh sangat efektif untuk mengatasi kudis ketika perawatan lain tidak mampu mengatasinya. kandungan anti-inflamasi, antibakteri, dan acaricidal yang ampuh untuk membunuh tungau.

  • Lidah Buaya

Lidah buaya terkenal karena efeknya yang mendinginkan kulit terbakar dan gangguan kulit lainnya. Bahan ini dianggap aman untuk digunakan dengan efek samping yang minimal dan memiliki kemampuan untuk mengobati kudis sama efektifnya dengan obat benzyl benzoate.

Baca juga: Pencegahan yang Bisa Dilakukan Agar Terhindar dari Kudis

  • Cabai Rawit

Cabai rawit dapat digunakan untuk menghilangkan rasa sakit dan gatal akibat dari kudis. Beberapa orang percaya bahan ini membunuh tungau yang menyebabkan gangguan kudis yang mengganggu. Meski begitu, studi ilmiah yang bisa menjamin efektivitas dari cabai rawit sebagai obat kudis masih dibutuhkan.

  • Larutan Boneset

Eupatorium adenophorum adalah ramuan yang banyak ditemukan di kawasan Amerika Tengah dan Latin dengan distribusi di daerah tropis dan sedang lainnya. Ekstrak ini digunakan secara tradisional di seluruh Vietnam selama bertahun-tahun untuk mengatasi infeksi pada kulit.

  • Kunyit

Kunyit dinilai mampu mengatasi kudis, banyak orang percaya bahwa rempah satu ini ampuh dalam mengurangi gejalanya. Namun, mengobati gejala belum memastikan bahwa kudis akan berhenti tumbuh dan kamu dinyatakan sembuh, sehingga masih diperlukan pengobatan lainnya.

Baca juga: Ketahui Penyebab Terjadinya Penyakit Kudis

  • Minyak Cengkeh

Studi tunggal yang dilakukan oleh Cielo Pasay, dkk. dengan judul Acaricidal Activity of Eugenol Based Compounds against Scabies Mites tahun 2010 menunjukkan minyak cengkeh efektif dalam mengobati kudis pada sekelompok kelinci. Masih diperlukan studi lain untuk menguatkan pernyataan Cielo tentang efektivitas minyak ini untuk mengatasi kudis, terlebih pengujiannya pada manusia.

  • Daun Mimba

Daun mimba banyak digunakan sebagai bahan krim dan salep. Daun ini memiliki sifat antianalgesik, antibakteri, dan antiinflamasi. Daun ini dinilai efektif untuk mengobati kudis karena bisa membunuh tungau. Studi yang dilakukan masih sebatas pengujian pada hewan, sehingga perlu dilakukan studi lanjutan tentang kemampuan daun mimba untuk pengujian langsung pada manusia.

Baca juga: Waspada Tungau yang Sebabkan Kudis dan Gatal Kulit


Itu tadi 6 cara pengobatan kudis dengan bahan alami yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Oleh karena sangat menular, kamu perlu menghindari hal yang bisa menjadi pemicunya. Kamu bisa bertanya pada dokter segala informasi tentang kudis melalui aplikasi Halodoc. Aplikasi ini bisa kamu download di Play Store maupun App Store. Pakai aplikasi Halodoc sekarang, yuk!