• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Manfaat dan Bahaya Makanan Pedas untuk Kesehatan

Manfaat dan Bahaya Makanan Pedas untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Banyak orang yang sangat menyukai makanan pedas, tetapi tidak sedikit juga orang yang tidak tahan terhadap hal tersebut. Seseorang yang kerap mengonsumsi makanan yang mengiritasi lidah itu mungkin merasa tidak dapat makan tanpa adanya sambal di makanannya. Kebiasaan tersebut tidak berarti tanpa dampak buruk, bukan?

Memang, mengonsumsi makanan pedas dapat memberikan manfaat tertentu. Namun, jika terlalu banyak, beberapa bahaya dari kebiasaan mengonsumsi makanan pedas mungkin saja sulit dihindari. Maka dari itu, kamu harus benar-benar mempertimbangkan antara manfaat dan bahaya dari konsumsi makanan pedas. Berikut bahasan lengkapnya!

Baca juga: Ini Bahaya Banyak Konsumsi Makanan Pedas Bagi Tubuh

Manfaat Konsumsi Makanan Pedas untuk Kesehatan

Beberapa makanan akan terasa lebih nikmat jika ditambahkan cabai atau sambal agar rasanya lebih menggugah. Tahukah kamu, terdapat banyak manfaat yang didapatkan dari konsumsi makanan pedas untuk kesehatan. Faktanya, cabai sebagai bumbu masak sudah digunakan sejak jaman dulu untuk mengobati radang dan melancarkan sirkulasi darah. 

Ketika kamu mengonsumsi makanan pedas, maka darah dalam tubuh akan mengalir lebih cepat dari biasanya. Sehingga, racun-racun yang berada dalam tubuh dapat dikeluarkan melalui keringat. Selain itu, masih banyak manfaat kesehatan lainnya yang bisa kamu dapatkan dari mengonsumsi makanan pedas, seperti:

  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Salah satu manfaat dari konsumsi makanan pedas adalah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari penyakit yang menyerang. Manfaat ini didapatkan melalui konsumsi cabai dan paprika yang terkenal akan kandungan vitamin C dan A-nya yang sangat tinggi. Kedua jenis vitamin tersebut merupakan zat antioksidan yang bermanfaat untuk melindungi tubuh dari serangan penyakit. Dengan demikian, seseorang yang gemar mengonsumsi cabai tidak mudah terserang penyakit.

  • Menurunkan Berat Badan

Manfaat makanan pedas lainnya untuk kesehatan adalah dapat menurunkan berat badan. Rasa pedas dan terbakar di lidah saat mengonsumsi cabai disebabkan karena adanya kandungan senyawa capsaicin pada cabai. Ternyata, kandungan tersebut dapat meningkatkan temperatur tubuh dan mempercepat kerja metabolisme, sehingga kalori dalam tubuhmu dapat lebih cepat terbakar.

  • Mencegah Kanker

Disebutkan juga kamu dapat mencegah kanker hanya dengan konsumsi makanan pedas secara rutin. Kandungan capsaicin pada cabai juga berkhasiat untuk menghambat atau bahkan mematikan pertumbuhan sel-sel kanker tanpa merusak sel-sel sehat di sekitarnya. Manfaat ini bisa didapatkan jika mengonsumsi cabai dengan rutin.

  • Menyehatkan Jantung

Tahukah kamu, makanan pedas dapat memberi manfaat terhadap kesehatan jantung? Pasalnya, cabai dapat mencegah terjadinya pembekuan darah. Kandungan capsaicin terbukti efektif melawan inflamasi yang merupakan penyebab dari penyakit jantung.

Jika kamu mempunyai pertanyaan terkait manfaat dan bahaya dari konsumsi makanan pedas, dokter dari Halodoc dapat menjawabnya. Kamu cukup download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan! Mudah bukan?

Baca juga: Kenali Bahaya Bubuk Cabai bagi Pencernaan

Bahaya Terlalu Banyak Konsumsi Makanan Pedas

Walaupun banyak manfaat yang diperoleh dari konsumsi makanan pedas, tidak serta-merta kamu dapat mengonsumsinya dengan porsi yang banyak. Perlu ada takaran yang pas agar gangguan yang terjadi pada perut dapat dihindari. Berikut adalah beberapa bahaya dari konsumsi makanan pedas yang terlalu banyak:

  • Maag

Salah satu bahaya dari mengonsumsi makanan pedas adalah maag. Jumlah cabai yang banyak dapat menyebabkan lambung mengalami iritasi atau peradangan, yang umumnya disebut penyakit maag. Bukan hanya itu, kamu juga dapat mengalami diare dan sakit kepala karenanya.

  • Asam Lambung Naik

Seseorang yang kerap mengonsumsi makanan yang sangat pedas dapat menyebabkan dampak buruk pada lambung. Pasalnya, makanan pedas dapat memicu naiknya asam lambung yang menyebabkan tenggorokan menjadi panas. Selain itu, dinding lambung pun dapat mengalami iritasi dan kerusakan.

  • Mengiritasi Usus

Usus juga salah satu bagian dalam tubuh yang terbilang sensitif, sehingga jika seseorang mengonsumsi makanan pedas terlalu banyak maka bahaya dapat terjadi. Gangguan pada usus mungkin sulit kamu hindari, sehingga menimbulkan iritasi.

Baca juga: Hobi Makan Pedas Bisa Picu Kerusakan Otak?

Itulah beberapa manfaat dan bahaya dari makanan pedas yang dapat menimbulkan dampak pada kesehatan. Hal yang harus kamu lakukan adalah tetap memperhatikan takaran dari cabai yang akan kamu konsumsi sebelum makan. Sesuatu yang berlebihan akan selalu berdampak buruk bagi kesehatan.

 

Referensi:
Penn Medicine. Diakses pada 2020. Spice Up Your Life: The Health Benefits of Spicy Foods
NDTV. Diakses pada 2020. What Happens To Your Stomach When You Eat Over-Spicy Food