16 April 2019

6 Kandungan Makanan yang Dianjurkan untuk Dikonsumsi Pengidap Neuropati Perifer

6 Kandungan Makanan yang Dianjurkan untuk Dikonsumsi Pengidap Neuropati Perifer

Halodoc, Jakarta – Neuropati perifer lebih terjadi pada orang yang mengalami kesulitan mengendalikan kadar gula darahnya, kelebihan berat badan, atau yang memiliki tekanan darah tinggi atau kadar lemak darah yang tinggi.

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan kerusakan saraf, tapi pada orang dengan diabetes merupakan paparan konstan terhadap kadar glukosa darah tinggi yang kemungkinan menjadi penyebab utama. Serabut saraf sangat halus. Kadar glukosa yang tinggi dapat mengganggu transmisi sinyal saraf, merusak saraf itu sendiri, dan juga melemahkan pembuluh darah yang memasok saraf dengan nutrisi dan oksigen.

Selain glukosa darah tinggi, hal-hal lain, seperti peradangan, genetika, cedera, merokok, dan penggunaan alkohol dianggap berkontribusi terhadap neuropati. Gejala neuropati tergantung pada jenisnya. Untuk gejala neuropati perifer menyerang tangan, kaki, lengan, atau kaki dan memberikan sensasi mati rasa, kesemutan, nyeri, lemah, dan kehilangan rasa.

Baca juga: Neuropati Perifer Lebih Rentan Terjadi pada Wanita, Benarkah?

Diet Sehat dan Tepat

Makan sehat sangat penting bagi kesehatan kita, dan bahkan dapat membantu mengelola gejala neuropati perifer. Ahli diet dan ilmuwan telah mengidentifikasi vitamin, nutrisi, dan makanan tertentu yang dapat membantu mengelola neuropati. Ini termasuk:

  1. Vitamin B Termasuk B1 dan B12

Sumber B1 hebat, seperti asparagus, biji bunga matahari, kacang hijau, biji rami, dan brussel sprouts. Sumber B12 yang luar biasa, misalnya salmon, trout, canned tuna, sarden, yogurt, dan sereal sarapan yang diperkaya 100 persen.

  1. Asam Folat / Folat

Sumber-sumber besar folat, meliputi buah jeruk, pisang, kacang polong, kacang-kacangan, selada romaine, mentimun, bayam, asparagus, dan brokoli

  1. Antioksidan

Ditemukan berlimpah dalam buah dan sayuran. Pertimbangan tambahan untuk perubahan diet meliputi hindari kekurangan gizi, makanlah dengan diet seimbang, dan hindari minum alkohol.

Baca juga: Jarang Merasakan Sakit, Waspada Gangguan Neuropati Perifer

  1. Asam Alfa-Lipoat

Merupakan antioksidan yang mungkin berguna dalam mengobati neuropati yang disebabkan oleh diabetes atau pengobatan kanker. Dikatakan untuk menurunkan kadar gula darah, meningkatkan fungsi saraf, dan meringankan gejala yang tidak nyaman di kaki dan lengan, seperti rasa sakit, gatal, perasaan geli, menusuk, mati rasa, dan sensasi terbakar.

Makanan yang mengandung sedikit asam alfa-lipoid, meliputi hati, daging merah, brokoli, ragi, bayam, brokoli, dan kubis Brussel. Asam alfa-lipoat telah terbukti memiliki efek positif pada konduksi saraf dan mengurangi nyeri neuropatik. Sebuah penelitian kecil di 2017, menemukan bahwa asam alfa-lipoat bermanfaat dalam melindungi terhadap kerusakan oksidatif pada orang-orang dengan neuropati diabetes.

Baca juga: 6 Gejala yang Mendeteksi Neuropati Perifer

  1. Curcumin

Curcumin adalah ramuan masakan yang dikenal memiliki sifat antiinflamasi, antioksidan, dan analgesik. Mungkin membantu meredakan mati rasa dan kesemutan di tangan dan kaki. Ini tersedia dalam bentuk suplemen atau kamu dapat mengambil satu sendok teh bubuk kunyit dengan seperempat sendok teh lada segar tiga kali sehari.

Menggunakan kunyit segar atau bubuk untuk membuat teh juga bisa kamu lakukan atau dengan menambahkannya ke makanan, seperti kari, salad telur, dan smoothie yogurt.

  1. Minyak Ikan

Minyak ikan bermanfaat dalam mengobati neuropati, karena efek antiinflamasi dan kemampuannya untuk memperbaiki saraf yang rusak. Ini juga membantu meringankan rasa sakit dan nyeri otot. Asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam minyak ikan juga ditemukan dalam makanan ini ikan salmon, kacang kenari, ikan sarden, minyak canola, biji chia, biji rami, ikan kembung, minyak hati ikan kod, ikan haring, tiram, teri, kaviar, dan kedelai.

Minyak ikan memiliki potensi sebagai pengobatan untuk neuropati perifer diabetik. Minyak ikan dapat memperlambat perkembangan dan membalikkan neuropati diabetik. Sifat anti-inflamasinya bermanfaat dalam mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan. Efek neuroprotektifnya dapat membantu merangsang pertumbuhan neuron.

Kalau ingin mengetahui lebih banyak mengenai kandungan pada makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi pengidap neuropati perifer, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor, kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.