6 Makanan Sehat yang Dapat Mencegah Stroke Hemoragik

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
6 Makanan Sehat yang Dapat Mencegah Stroke Hemoragik

Halodoc, Jakarta – Menjaga pola makan yang sehat dapat menjadi cara yang bisa dilakukan untuk menghindarkan diri dari berbagai gangguan kesehatan. Salah satunya adalah stroke hemoragik yang dapat dialami seseorang dengan pola makan yang kurang sehat.

Baca juga: 10 Gejala Munculnya Stroke Hemoragik

Stroke hemoragik merupakan kondisi pecahnya salah satu arteri dalam otak yang menyebabkan perdarahan pada sekitar organ tersebut. Kondisi ini mengakibatkan aliran darah pada otak berkurang atau bahkan terhenti. Tidak ada salahnya lakukan pencegahan agar kamu terhindar dari stroke hemoragik.

Konsumsi Makanan Ini untuk Cegah Stroke Hemoragik

Penyebab utama dari stroke hemoragik adalah pecahnya pembuluh darah dalam otak. Ada beberapa faktor yang meningkatkan seseorang mengalami pecah pembuluh darah, seperti tekanan darah tinggi dan cedera pada kepala.

Jangan khawatir, stroke hemoragik dapat dicegah dengan menghindari beberapa faktor yang menjadi penyebab stroke hemoragik. Salah satunya adalah menjaga pola makan agar tidak mengalami tekanan darah tinggi. Selain itu, pengidap kolesterol tinggi juga memiliki risiko alami stroke hemoragik. Untuk itu, sebaiknya konsumsi jenis makanan ini untuk cegah stroke hemoragik, yaitu:

1. Sayuran

Perbanyak konsumsi sayuran untuk mencegah penyakit stroke hemoragik. Rutin mengonsumsi sayuran membuat kebutuhan gizi dan nutrisi tubuh terpenuhi dengan baik. Kamu bisa mulai mengonsumsi sayuran yang berwarna hijau untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Sayuran berwarna hijau juga mengandung antioksidan yang cukup tinggi untuk menjaga pembuluh darah tetap lentur dan sehat.

2. Buah

Rutin mengonsumsi buah tidak hanya membuat kesehatan pencernaan kamu menjadi lebih lancar. Mengonsumsi buah membantu terhindar dari beberapa penyakit yang menjadi pemicu stroke hemoragik.

3. Makanan Tinggi Serat

Selain sayur dan buah, kamu bisa mengonsumsi kacang-kacangan, biji-bijian atau gandum untuk mendapatkan serat dalam tubuh. Memenuhi kebutuhan serat dalam tubuh membantu kamu terhindar dari penyakit stroke hemoragik. 

Baca juga: LDL Terlalu Rendah Sebabkan Stroke Hemoragik

4. Daging Ikan

Daging ikan menjadi makanan yang mengandung asam lemak omega 3. Kandungan pada ikan membantu kamu untuk menurunkan faktor yang meningkatkan risiko penyakit stroke dalam tubuh.

5. Susu Rendah Lemak

Hindari mengonsumsi susu dengan kandungan lemak yang tinggi. Bagi pengidap stroke atau seseorang yang rentan alami stroke hemoragik, sebaiknya konsumsi susu rendah lemak untuk membantu menurunkan tekanan darah.

6. Makanan Tinggi Kalium

Makanan dengan kalium yang tinggi dapat menurunkan risiko stroke dan memperbaiki fungsi tubuh setelah seseorang alami stroke.

Gaya Hidup Sehat untuk Cegah Stroke Hemoragik

Selain pola makan, gaya hidup juga dapat kamu lakukan untuk mencegah stroke hemoragik. Pastikan kamu rutin melakukan olahraga setiap harinya untuk menurunkan tekanan darah dan juga meningkatkan kesehatan pembuluh darah menuju jantung.

Baca juga: Hati-Hati, Kopi dan Hipertensi Jadi Penyebab Stroke di Usia 30-an

Kamu bisa bertanya langsung pada dokter mengenai jenis olahraga yang baik untuk menurunkan tekanan darah melalui aplikasi Halodoc agar kondisi kesehatan kamu tetap terjaga.

Mengonsumsi alkohol dan kebiasaan merokok dapat meningkatkan risiko stroke hemoragik. Tidak ada salahnya untuk menghentikan kebiasaan ini dan ubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Tidak hanya stroke hemoragik, mengubah kebiasaan ini kamu juga dapat menjaga keseluruhan kesehatan tubuh.

Referensi:
Everyday Health. Diakses pada 2019. Making Dietary Changes After a Stroke
Stroke Association. Diakses pada 2019. Eat a Healthy Diet