05 June 2018

6 Dampak Kacang-Kacangan untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

6 Dampak Kacang-Kacangan untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Halodoc, Jakarta – Kacang menjadi salah satu jenis camilan yang paling digemari masyarakat Indonesia. Rasanya yang lezat dengan harga yang terjangkau membuat kacang menjadi pilihan camilan yang banyak dicari. Terlebih dengan pengolahannya yang terbilang mudah, bisa langsung dimakan, direbus, disangrai, hingga digoreng. Jenisnya pun beragam, membuat kamu punya banyak pilihan dan tak akan mudah bosan.

Sama seperti bahan-bahan sumber protein nabati lainnya, kacang juga memiliki segudang manfaat untuk tubuh, terutama kecantikan kulit. Meski begitu, terlalu banyak mengonsumsi kacang-kacangan juga pasti akan menimbulkan dampak negatif. Nah, berikut adalah manfaat serta dampak kacang-kacangan untuk kesehatan dan kecantikan kulit yang perlu kamu ketahui:

Manfaat Kacang-Kacangan untuk Kecantikan

Lalu, apa saja manfaat kacang-kacangan untuk kecantikan? Berikut beberapa di antaranya:

Membantu Memperbaiki Kolagen dan Sel Kulit

Sebagian besar orang beranggapan bahwa kacang bikin jerawat bermunculan di wajah. Faktanya, kacang tidak mengandung nutrisi yang memicu timbulnya jerawat pada muka. Justru faktor seperti stres, paparan debu, radikal bebas, dan penggunaan makeup adalah pemicu utama munculnya jerawat.

(Baca juga: 5 Manfaat Vitamin Kacang Macademia untuk Tubuh)

Sebaliknya, kacang mengandung asam amino tinggi, zat besi, kalsium, vitamin E, dan lemak baik. Semua kandungan nutrisi ini jelas baik untuk kesehatan tubuh dan kecantikan. Asam amino dalam kacang-kacangan membantu memperbaiki kolagen dan sel kulit. Sementara kandungan vitamin E akan membuat kulit terlindung dari penuaan dini.

Membantu Memperlambat Proses Penuaan Kulit

Jenis kacang yang berperan penting untuk membantu memperlambat proses penuaan kulit adalah kismis. Dibalik bentuknya yang berkerut dengan warna hitam pekatnya, kismis memiliki peran untuk menjaga kulit agar tetap cerah merona. Kandungan resveratrol yang tinggi pada kismis inilah yang membantu memperlambat proses penuaan pada kulit.

Membuat Kulit Cerah Bersinar

Almond juga tinggi akan nutrisi yang penting untuk kecantikan. Beberapa di antaranya adalah serat, asam lemak esensial, dan protein. Bahkan, kacang almond juga disinyalir mampu mengurangi jerawat yang membandel sekaligus menjadikan kulit tampak lebih bercahaya. Jadi, jangan pernah beranggapan bahwa mengonsumsi kacang akan membuat jerawat bermunculan.

Dampak Negatif Konsumsi Kacang-Kacangan Terhadap Kesehatan

Nah, setelah kamu mengetahui manfaat kacang-kacangan untuk kecantikan kulit, sekarang saatnya kamu mengetahui dampak negatif terlalu banyak mengonsumsi kacang-kacangan terhadap kesehatan tubuh. Apa saja?

(Baca juga: Kacang untuk Diet Harian yang Mudah)

Menyebabkan Asam Urat

Asam urat menjadi salah satu jenis penyakit yang umum menyerang orang berusia lanjut. Meski begitu, bukan tidak mungkin penyakit satu ini juga menyerang generasi muda, lho. Nah, salah satu penyebab munculnya asam urat adalah konsumsi kacang-kacangan yang berlebihan. Kandungan senyawa purin pada kacang-kacangan, terutama kacang kedelai dan kacang merah inilah yang akan memicu asam urat.

Memicu Timbulnya Masalah Pencernaan

Masalah kesehatan selanjutnya akibat konsumsi kacang yang berlebihan adalah gangguan pencernaan. Umumnya, perut akan terasa kembung kalau kamu makan kacang berlebihan. Kondisi ini disebabkan karena senyawa tanin dan phytates yang membuat kacang menjadi sulit dicerna oleh tubuh yang selanjutnya akan memicu munculnya gas.

Meningkatkan Berat Badan

Hati-hati, konsumsi kacang berlebih juga bisa membuat berat badan kamu naik seketika. Mengapa demikian? Kacang memang menjadi salah satu bahan makanan yang baik untuk diet. Namun, jika dikonsumsi terlalu banyak, tubuh akan mengalami penumpukan kalori yang menyebabkan meingkatnya timbunan lemak tubuh apabila kamu jarang berolahraga.

 

Itu tadi beberapa dampak konsumsi kacang untuk kesehatan dan kecantikan kulit yang perlu kamu ketahui. Jadi, sekarang kamu sudah tahu bahwa kacang bikin jerawat hanyalah mitos belaka. Kamu juga perlu ingat, bahwa konsumsi makanan yang berlebihan tidak pernah baik untuk kesehatan. Nah, kalau kamu memiliki masalah kesehatan, jangan ragu untuk langsung bertanya pada dokter ahli lewat aplikasi Halodoc. Selain itu, Halodoc juga bisa kamu pakai untuk beli vitamin dan obat tanpa harus keluar rumah. Yuk, download sekarang juga!