6 Makanan untuk Mencegah Terjadinya Stomatitis

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
6 Makanan untuk Mencegah Terjadinya Stomatitis

Halodoc, Jakarta - Stomatitis atau yang lebih populer dengan sebutan sariawan adalah peradangan yang terjadi pada mulut. Tepatnya pada membran lendir halus yang melapisi mulut (mukosa), bibir, dan lidah. Stomatitis terbagi menjadi 2, yaitu stomatitis herpes yang disebabkan oleh virus herpes, dan stomatitis aftosa yang disebabkan oleh luka atau trauma.

Stomatitis adalah kondisi yang sangat umum dan dapat terjadi pada semua golongan usia. Peradangan yang terjadi akibat stomatitis dapat menyebabkan rasa sakit, demam, sakit kepala, hingga hilangnya nafsu makan. Ciri khas dari penyakit ini adalah munculnya luka kecil pada bagian bibir, gusi, lidah, mulut, atau bagian dalam pipi. 

Baca juga: 5 Fakta tentang Sariawan

Luka tersebut biasanya akan terlihat berwarna merah, disertai rasa sakit, terbakar, atau gatal, yang akan terasa sangat menyiksa saat makan dan menelan. Terkadang stomatitis juga bisa membuat pengidapnya mengalami bau mulut (halitosis). 

Segera periksakan diri jika mengalami gejala seperti:

  • Terdapat luka yang cukup besar di mulut.

  • Luka terjadi beberapa kali pada area yang sama atau luka mengeluarkan nanah.

  • Luka tidak sembuh dalam jangka waktu 2 minggu atau lebih lama.

  • Luka menyebar ke bagian luar bibir.

  • Tidak dapat makan dan minum dikarenakan rasa sakit yang dialami.

  • Memiliki panas tinggi (di atas 38 derajat Celsius).

Konsumsi Makanan Berikut untuk Cegah Stomatitis

Meski umumnya dapat sembuh dengan sendirinya, rasa perih yang ditimbulkan stomatitis dapat terasa sangat mengganggu. Terutama saat makan, menelan, dan berbicara. Nah, jika stomatitis sudah sembuh dan kamu tidak ingin mengalaminya lagi, yuk ubah pola makan dan rutin konsumsi beberapa makanan penangkal stomatitis berikut:

1. Bayam

Bayam merupakan salah satu sayuran hijau dengan kandungan nutrisi yang sangat baik bagi tubuh. Mungkin belum banyak yang tahu, tetapi rutin mengonsumsi bayam dapat membantu mencegah stomatitis, lho. Bayam merupakan jenis sayuran yang kaya akan folat dan zat besi yang sangat baik. Untuk mengoptimalkan manfaat bayam dalam mencegah sariawan, maka lengkapi juga dengan konsumsi vitamin C.

Baca juga: Waspada, Ini Penyakit di Balik Sariawan di Bibir

2. Parsley

Sayuran hijau lainnya yang juga dapat mencegah stomatitis adalah parsley atau peterseli. Dalam sayuran hijau yang sering dijadikan topping ini terkandung zat besi dan folat, yang dapat membantu cegah stomatitis. Rutin mengonsumsi sayuran ini juga dapat membantu membuat mulut dan napas jadi lebih segar.

3. Salmon

Ikan yang sering disajikan mentah-mentah ini sudah sangat terkenal kaya nutrisi. Dalam setiap 200 gram salmon terkandung vitamin B12 yang cukup tinggi, sehingga rutin mengonsumsi ikan ini dapat mencegah terjadinya stomatitis.

4. Buah Naga

Buah naga memiliki kandungan vitamin C 3 kali lebih tinggi dibanding buah jeruk. Jika 100 gram buah jeruk mengandung 50 miligram vitamin C, dalam 100 gram buah naga terkandung 180 miligram. Itulah sebabnya buah naga menjadi salah satu buah terbaik yang bisa dikonsumsi untuk mencegah stomatitis. 

Baca juga: Sariawan Mengganggu, Ini Pertolongan Pertama yang Bisa Dilakukan

5. Pepaya

Tidak hanya baik bagi pencernaan, pepaya memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi, sehingga dapat mencegah stomatitis. 

6. Stroberi

Sama seperti buah naga dan pepaya, buah stroberi juga memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi, yaitu 65 miligram. Kandungan tersebut dapat diperoleh dari 15-20 buah stroberi ukuran sedang. Buah ini juga dapat membantu mencegah stomatitis dan menjaga kesehatan tubuh. 

Itulah sedikit penjelasan tentang stomatitis dan makanan yang bisa mencegahnya. Jika kamu membutuhkan informasi lebih lanjut soal hal ini atau gangguan kesehatan lainnya, jangan ragu untuk mendiskusikannya dengan dokter pada aplikasi Halodoc, lewat fitur Talk to a Doctor, ya. Dapatkan juga kemudahan membeli obat menggunakan aplikasi Halodoc, kapan dan di mana saja, obatmu akan langsung diantar ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download sekarang di Apps Store atau Google Play Store!