6 Makanan yang Baik untuk Mendukung Program Hamil

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
6 Makanan yang Baik untuk Mendukung Program Hamil

Halodoc, Jakarta - Meski sangat ingin, tidak semua pasangan bisa segera dikaruniai sang buah hati. Salah satu cara yang sering dicoba adalah melalui program hamil. Tidak hanya untuk wanita, laki-laki pun perlu menjalani program ini, karena suksesnya kehamilan juga bergantung pada kesuburan dan kualitas sperma.

Sebenarnya, apa saja yang dibutuhkan untuk mendukung kesuksesan program hamil yang direncanakan? Makanan yang dikonsumsi sehari-hari juga berpengaruh terhadap kesuksesan program untuk memiliki buah hati ini. Lalu, seperti apa makanan pendukung program hamil yang harus dikonsumsi? Berikut beberapa di antaranya;

  • Yoghurt

Susu yang tinggi kalsium baik untuk mendukung kesuksesan promil yang kamu dan pasangan jalani. Supaya hasilnya lebih maksimal, kamu bisa mulai menambah yoghurt dalam menu diet sehari-hari. Dibandingkan dengan susu, yoghurt memiliki kandungan kalsium yang lebih tinggi. Yoghurt juga tinggi probiotik dan vitamin D, yang membantu mematangkan folikel pada indung telur, menguatkan tulang dan imunitas tubuh.

Baca juga: Ketahui Lebih Jauh Mengenai USG Program Hamil

  • Alpukat

Alpukat kaya nutrisi yang penting untuk menunjang kehamilan, seperti vitamin K, kalium, dan asam folat. Tidak hanya itu, buah ini juga kaya asam lemak tak jenuh tunggal yang membantu kamu tetap mendapatkan berat badan yang ideal, sehingga baik untuk dimasukkan dalam menu diet harian. Dari sebagian besar buah-buahan dan sayuran organik, alpukat menjadi salah satu yang paling baik dan aman. Ini disebabkan karena kulit alpukat yang terbilang tebal membuat pestisida sulit menembus dan mengontaminasi daging buahnya.

  • Ikan Salmon

Makanan pendukung program hamil berikutnya adalah ikan salmon. Kandungan DHA dan asam lemak omega-3 pada ikan salmon membantu menunjang perkembangan indera penglihatan dan menyempurnakan kinerja otak janin. Ikan salmon baik untuk wanita yang mengalami obesitas yang cenderung kekurangan DHA dalam tubuh. Namun, perhatikan asupannya karena ikan salmon masih mengandung merkuri yang cukup tinggi.

Baca juga: Tips Olahraga Supaya Cepat Hamil

  • Telur

Telur menjadi makanan yang paling sering dikonsumsi dan paling mudah dijumpai. Bahkan, makanan satu ini kerap kali menjadi pelengkap hampir setiap sajian. Telur memiliki beragam nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh jika kamu merencanakan promil, seperti asam amino, vitamin, protein, dan mineral yang membantu meningkatkan kualitas dari folikel. Asam folat juga terkandung dalam makanan satu ini.

  • Sayur-sayuran

Sawi, brokoli, bayam, dan aneka sayuran berwarna hijau lainnya kaya akan zat besi, folat, dan kalsium. Rutin konsumsi sayuran hijau tidak hanya menyehatkan tubuh, tetapi juga membantu memperbaiki siklus haid dan mengurangi dampak negatif dari gejala PMS yang biasanya membuat tidak nyaman hampir semua wanita.

Baca juga: Posisi Terbaik Usai Berhubungan Intim Agar Cepat Hamil

  • Buah Beri

Buah-buahan yang termasuk ke dalam golongan beri, seperti beri hitam, merah, atau stroberi memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sekaligus antiperadangan. Dua nutrisi ini baik untuk meningkatkan kesuburan kamu dan pasangan. Tidak hanya itu, kandungan vitamin C juga tinggi dan baik untuk meningkatkan imunitas tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Nah, itu tadi beberapa jenis makanan pendukung program hamil yang bisa kamu masukkan dalam menu diet harian. Jika kamu memiliki kendala terkait masalah kehamilan, kamu bisa langsung memeriksakan kondisi kesehatanmu. Buat janji dengan dokter pilihan kini makin mudah, karena kamu bisa melakukannya di rumah sakit yang sesuai dengan domisili atau keinginan di sini. Atau, kamu juga bisa bertanya langsung dengan download aplikasi Halodoc di ponselmu.