24 May 2018

Agar Program Hamil Sukses, Ajak Pasangan Melakukan Ini

Agar Program Hamil Sukses, Ajak Pasangan Melakukan Ini

Halodoc, Jakarta – Kehadiran momongan merupakan hal yang paling dinantikan kebanyakan pasangan setelah menikah. Mungkin bagi beberapa pasangan, tidak lama setelah menikah, sang wanita sudah hamil. Namun waktu dan peluang hamil tentu berbeda pada masing-masing pasangan.

Salah satu usaha yang dilakukan untuk segera mendapatkan anak adalah menjalankan program hamil. Sayangnya, selama ini program hamil hanya dijadikan “tanggung jawab” istri. Yaitu, agar segera hamil wanita harus mau menjalankan banyak hal yang diatur. Hanya wanita. Padahal tidak demikian, keberhasilan program kehamilan juga menjadi tanggung jawab pria.

Nyatanya kondisi kesehatan dan kesiapan pria pun menjadi penentu apakah program hamil yang dijalani akan berhasil atau tidak. Nah agar tingkat keberhasilan program hamil bertambah, yuk coba ajak pasangan melakukan hal-hal ini bersama!

 

  • Tak hanya menghitung tanggal

 

Tak dapat dimungkiri, waktu terbaik untuk melakukan hubungan intim adalah saat wanita sedang berada dalam masa subur. Sebab pada masa subur, proses pembuahan menjadi lebih mungkin berhasil dan peluang wanita hamil lebih tinggi. Namun bukan berarti kamu dan pasangan hanya perlu melakukan hubungan intim pada masa subur saja.

(Baca juga: Cara Mengetahui Tingkat Kesuburan Wanita)

Agar lebih cepat hamil, hindari kebiasaan membatasi waktu seks. Memang terlalu banyak melakukan hubungan bisa memberi efek samping, tapi terlalu jarang malah bisa menurunkan peluang hamil. Selain itu, sering melakukan hubungan suami istri dapat membantu pria memproduksi sperma yang lebih sehat dan aktif.

 

  • Makan sehat

 

Tak hanya wanita, tingkat kesuburan pria juga menjadi penentu keberhasilan program hamil. Bagi para pria, cobalah untuk mengonsumsi jenis makanan tertentu untuk membantu meningkatkan kesuburan. Misalnya, sayuran hijau yang kaya akan vitamin dan mineral, wortel, alpukat, dan tauge.

(Baca juga: Serba-Serbi Kesuburan Pada Pria yang Harus Diketahui)

Sementara makanan yang dianjurkan untuk wanita yang ingin segera hamil adalah ikan. Sebab ikan mengandung zat yang baik dan dapat mengoptimalkan kinerja reproduksi, yaitu omega-3. Jenis ikan yang banyak mengandung omega-3 adalah salmon, tuna, sarden, dan ikan lele. Meski memiliki manfaat baik, tetap perlu membatasi konsumsi ikan agar terhindar dari hal yang tak diinginkan.

 

  • Lakukan hal menyenangkan

 

Saat memiliki waktu luang, ajak Si Dia untuk melakukan hal-hal yang menyenangkan bersama. Sederhana saja, seperti berkebun, memasak bersama, atau sekadar jalan-jalan di taman sambil berbagi cerita. Nyatanya hal-hal tersebut dapat membantu kamu dan pasangan bebas dari stres.

Stres adalah salah satu faktor terbesar yang dapat menipiskan peluang kehamilan. Stres berat yang terjadi dalam waktu lama bisa mengganggu kinerja sistem produksi.

 

  • Olahraga

 

Tingkatkan peluang hamil dengan rutin berolahraga bersama pasangan. Selain dapat membuat tubuh lebih bugar, olahraga juga bisa membantu meningkatkan kesuburan pria. Sementara itu, rutin berolahraga akan membuat berat badan wanita lebih terkontrol. Menjaga berat badan adalah hal yang perlu dilakukan wanita yang ingin segera hamil.

 

  • Cukup istirahat

 

Pasangan yang memiliki waktu tidur yang cukup disebut mampu memiliki tingkat kesuburan lebih baik. Untuk itu, hindari kebiasaan kurang tidur jika kamu dan pasangan tengah merencanakan kehamilan.

Idealnya, pria membutuhkan tidur sekitar 7-8 jam setiap malam. Kebiasaan kurang tidur dapat berdampak pada kesuburan, yaitu menyebabkan penurunan performa saat berhubungan intim dan kualitas sperma.

(Baca juga: 4 Penyebab Sulit Hamil Meski Pasangan Subur)

Jika semua usaha masih belum berhasil, cobalah untuk menemui dokter kandungan. Atau kamu bisa berbicara lebih dulu pada dokter di aplikasi Halodoc. Hubungi dokter lewat Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan tips seputar kesuburan dan menjaga pola hidup sehat. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!