15 October 2018

Posisi Terbaik Usai Berhubungan Intim agar Cepat Hamil

Posisi Terbaik Usai Berhubungan Intim agar Cepat Hamil

Halodoc, Jakarta – Kehamilan adalah momen yang didambakan oleh kebanyakan pasangan suami istri (pasutri). Oleh karena itu, banyak pasutri melakukan berbagai cara agar bisa cepat hamil. Lantas, apakah ada cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan peluang kehamilan? Simak penjelasannya di sini, yuk!

Adakah Posisi Terbaik Usai Berhubungan Intim Agar Cepat Hamil?

Jawabannya, ada. Seorang ahli endokrinologi reproduktif dari Charlottesville, Virginia menyebutkan bahwa posisi wanita setelah berhubungan intim sangat berpengaruh terhadap proses pembuahan. Lantas, bagaimana posisi terbaik usah berhubungan intim agar cepat hamil?

  • Berbaring normal setelah berhubungan intim, setidaknya 20 – 30 menit. Posisi ini bisa meningkatkan kemungkinan sperma masuk dan menyebabkan pembuahan.
  • Menaruh kepala di bawah dan mengangkat kedua kaki ke atas usai berhubungan intim.
  • Mengganjal pinggul dengan bantal setelah berhubungan intim. Posisi ini membantu air mani terus mengalir masuk ke rahim sehingga meningkatkan peluang pembuahan.

Hal yang Perlu Dilakukan Usai Berhubungan Intim Agar Cepat Hamil

Selain memerhatikan posisi usai berhubungan intim, ada beberapa hal yang juga perlu dilakukan pasutri agar cepat hamil. Berikut ini di antaranya:

1. Minum Air Putih

Setelah berhubungan intim, tubuh kehilangan banyak cairan yang keluar melalui keringat. Jadi, sediakan segelas air putih di sisi tempat tidur agar bisa langsung minum setelah berhubungan intim. Selain menghilangkan dahaga, air putih membantu melancarkan peredarah darah. Hal ini baik untuk mencegah kram otot atau kesemutan setelah berhubungan intim.

2.  Bersihkan Miss V dan Mr P

Basuh Miss V dan Mr P setelah kamu berhubungan intim. Hal ini mencegah infeksi bakteri atau ragi yang bisa berdampak negatif terhadap kesehatan. Sebaiknya kamu tidak membersihkan Miss V dan Mr P dengan sabun antibakteri atau cairan pembersih kewanitaan. Alasannya, bahan kimia dalam produk tersebut bisa mengacaukan keseimbangan tingkat pH di area intim dan meningkatkan risiko infeksi atau iritasi.

3. Buang Air Kecil

Hal ini wajib dilakukan, khususnya bagi wanita. Buang air kecil setelah berhubungan intim bisa mencegah infeksi saluran kencing dengan mengeluarkan bakteri melalui urine. Saat berhubungan intim, bukaan Miss V mungkin terpapar bakteri dari anus, tangan, atau hal lainnya. Jika tidak segera dibersihkan (melalui buang air kecil), bakteri bisa pindah ke uretra (saluran kencing) melalui lubang kemih.

4. Mengonsumsi Probiotik

Probiotik merupakan bakteri sehat yang berguna untuk menyembangkan kadar bakteri baik di Miss V dan Mr P. Itu mengapa kamu dianjurkan untuk mengonsumsi probiotik setelah berhubungan intim agar area intim tetap sehat dan terhindar dari infeksi bakteri jahat. Beberapa makanan atau minuman yang kaya probiotik di antaranya adalah yogurt, tempe, kimchi, dan kefir.

5. Bermesraan

Hal lain yang perlu dilakukan setelah berhubungan intim adalah bermesraan, termasuk berpelukan atau sekadar pillow talk. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Personality and Social Psychology Bulletin menyebutkan, bermesraan setelah berhubungan intim merangsang pelepasan hormon oksitosin. Hormon ini yang membuat kamu merasa lebih nyaman dan bahagia dengan pasangan.

Itulah posisi terbaik dan hal yang perlu dilakukan setelah berhubungan intim. Kalau kamu punya pertanyaan lain seputar berhubungan intim, tanyakan saja pada dokter Halodoc. Untuk bertanya pada dokter, kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter Halodoc kapan saja dan di mana saja melalui fitur Contact Doctor via Chat, dan Video/Voice Call. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!

Baca juga: