13 July 2018

6 Manfaat Menjadi Vegetarian

manfaat vegetarian

Halodoc, Jakarta – Menjadi seorang vegetarian artinya kamu harus berhenti mengonsumsi daging-dagingan dan hanya menyantap asupan makanan nabati saja. Bagi yang belum terbiasa, apalagi bagi orang yang gemar makan daging, menjalani pola hidup sehat tersebut mungkin tidaklah mudah. Namun, tidak ada salahnya bila kamu ingin mencoba, karena menjadi seorang vegetarian dapat memberi banyak manfaat untuk kesehatan.

1. Tubuh Lebih Sehat

Berhenti mengonsumsi daging-dagingan dan beralih hanya mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan saja akan membuat tubuhmu menjadi lebih sehat. Hal ini karena secara otomatis kamu akan mengurangi asupan lemak dan kolesterol yang biasanya terdapat dalam daging-dagingan. Sebagai gantinya, sayuran dan buah-buahan segar yang mengandung banyak nutrisi dan vitamin akan membuat tubuhmu sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

2. Berat Badan Tetap Terjaga

Pola makan vegetarian juga bisa menjadi cara yang efektif untuk menjaga berat badan atau bahkan mengurangi berat badan bagi kamu yang ingin diet. Kandungan antioksidan dan serat yang banyak ditemukan pada sayur-sayuran dan buah dapat membantu pembakaran kalori dalam tubuh, sehingga berat badan kamu dapat tetap terjaga. Bahkan menurut sebuah penelitian yang dilakukan selama 5 tahun, seorang vegetarian tercatat mengalami kenaikan berat badan yang sangat sedikit.

3. Kulit Lebih Sehat

Salah satu cara untuk menyehatkan kulit dari dalam adalah dengan memperbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan. Hal ini disebabkan karena kandungan mineral dan antioksidan yang terdapat dalam kedua jenis makanan sehat tersebut dapat membantu melancarkan peredaran darah dan menjaga pigmen kulit. Lebih baik lagi bila kamu menyantap sayur-sayuran yang masih segar dan mentah seperti lalapan, agar dapat terhindar dari zat jahat yang disebut Advanced Glycation Endproducts atau AGEs yang bisa muncul ketika makanan dimasak dengan suhu tinggi. Menurut sebuah penelitian, zat tersebut dapat menyebabkan penuaan dini, keriput, dan bertambahnya lemak di perut.

Baca juga: 7 Jenis Makanan untuk Sehatkan Kulit dari Dalam

4. Mengurangi Risiko Kanker

Kandungan antioksidan, mineral, dan vitamin yang terdapat dalam sayuran dan buah memang dapat memberi banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah mencegah berbagai jenis kanker. Penelitian yang dilakukan oleh American Institute for Cancer Research mengungkapkan bahwa menjadi vegetarian dapat mengurangi risiko kanker perut, usus, pankreas, payudara, rahim, dan ovarium.

5. Menyehatkan Pikiran

Enggak hanya menyehatkan tubuh, menjalani pola makan vegetarian dengan mengonsumsi makanan sehat juga baik untuk kesehatan pikiran. Hal ini sudah dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan di British Journal of Health Psychology menemukan bahwa asupan menu makanan sehat yang terdiri dari sayuran dan buah dapat memberikan lebih banyak energi, membuat perasaan lebih tenang dan bahagia, serta berdampak positif pada suasana hati. Baca juga: Tips Menghilangkan Stres dalam Waktu Singkat

6. Melancarkan Pencernaan

Kamu tentunya sudah tahu bahwa buah dan sayur kaya akan serat yang dapat melancarkan pencernaan. Namun enggak hanya itu saja, mengonsumsi makanan sehat juga membuat kerja usus dan lambung jadi tidak terlalu berat dalam mengolah makanan. Sehingga dengan menjadi vegetarian, kamu akan terhindari dari masalah pencernaan seperti sembelit hingga risiko penyakit yang lebih serius, yaitu kanker usus dan wasir.

Baca juga: Ini Makanan Sehat yang Tepat Jika Ingin Usus Sehat

Menjadi vegetarian memang tidak mudah. Karena itu, kamu bisa menjalaninya secara bertahap mengurangi konsumsi daging sedikit demi sedikit. Kalau kamu masih penasaran tentang bagaimana caranya menjadi vegetarian, tanyakan saja langsung pada ahlinya lewat aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter dan berdiskusi melalui Video/Voice Call dan Chat. Tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!