7 Jenis Makanan untuk Sehatkan Kulit dari Dalam

7 Jenis Makanan untuk Sehatkan Kulit dari Dalam
DIET & NUTRISI 09 February 2018

Halodoc, Jakarta – Selama ini kebanyakan wanita hanya fokus menjaga kecantikan kulit dari luar saja. Rutinitas membersihkan wajah, menggunakan pelembab dan krim wajah memang penting agar kulit wajah tetap cantik dan segar. Tapi, menjaga kecantikan kulit dari dalam juga enggak kalah pentingnya lho.

Kulit tetap butuh asupan nutrisi yang bisa kamu temukan dalam makanan dan minuman sehat untuk membuatnya tetap sehat dan bercahaya. Jessica Wu, seorang asisten profesor dari klinik ahli dermatologi di Los Angeles menyatakan bahwa mengonsumsi makanan sehat memberikan manfaat yang sama besarnya dengan semua krim yang diaplikasikan pada kulit.

Nutrisi yang terdapat dalam makanan sehat dapat memberikan banyak manfaat untuk kulitmu, mulai dari membuat kulit tampak cerah, sehat, terhindar dari berbagai masalah kulit, menjaga elastisitas kulit, hingga cegah penuaan dini. Berikut makanan-makanan yang berkhasiat menyehatkan kulit dari dalam:

  1. Sayuran dan Buah-buahan yang Kaya Vitamin C

Rajin-rajinlah mengonsumsi jeruk, jambu biji, apel, pepaya, stroberi, brokoli, kubis, dan kembang kol. Buah dan sayuran tersebut memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C bermanfaat untuk memproduksi kolagen yakni protein yang dibutuhkan untuk membantu mencerahkan kulit, mencegah keriput dan memperlambat proses penuaan.

  1. Kacang-Kacangan

Enggak usah takut sering mengonsumsi kacang-kacangan, karena nyatanya, kacang-kacangan justru baik untuk kesehatan kulit. Kandungan vitamin E dalam kacang memperlancar sirkulasi darah sampai ke kulit, sehingga membuat kulit indah dan tampak bercahaya. Vitamin E juga baik untuk membantu regenerasi sel kulit baru.

  1. Ikan-Ikanan

Buat kamu yang memiliki jenis kulit kering, kamu disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan omega 3 yang bisa bantu menjaga kelembaban kulit. Selain itu, nutrisi omega 3 juga bermanfaat cegah terjadinya peradangan pada iritasi atau bekas luka, dan memperbaiki sel-sel kulit yang rusak. Ikan salmon dan ikan tuna adalah jenis ikan yang kaya akan omega 3 yang bisa kamu konsumsi secara rutin.

  1. Yogurt

Khasiat yogurt untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah sudah enggak perlu diragukan lagi. Kandungan proteinnya yang tinggi bisa membuat kulitmu menjadi halus dan berkilau. Selain itu, yoghurt juga mengandung vitamin A yang bermanfaat memproduksi kolagen untuk menjaga elastisitas kulit. Yogurt bisa kamu jadikan masker atau dikonsumsi langsung untuk mendapat manfaatnya.

  1. Dark Chocolate

Buat kamu penggemar cokelat hitam bisa bergembira, karena makanan ini baik dikonsumsi secara rutin untuk mempercantik kulit. Cokelat hitam mengandung antioksidan flavonoid yang bermanfaat untuk melindungi kulit dari bahaya sinar UV. Kandungan ini bahkan juga bisa mencegah munculnya sel-sel kanker kulit. (Baca juga: Ketahui Manfaat Coklat Hitam yang Luar Biasa)

  1. Ubi Jalar

Enggan mengonsumsi makanan ini karena bisa bikin kamu jadi sering buang gas? Coba pikir lagi deh, karena ternyata ubi jalar memiliki manfaat yang baik untuk kulit, lho. Punya kandungan vitamin A yang tinggi, ubi jalar dapat mengurangi keriput dan tanda-tanda penuaan pada kulit.

  1. Labu Kuning

Buah yang sering dijadikan hiasan saat Halloween ini ternyata mengandung karotenoid yang bermanfaat untuk memerangi radikal bebas. Jadi, mengonsumsi labu kuning bisa bikin kulit tetap awet muda. Selain itu, labu kuning juga mengandung vitamin A, C, dan E yang baik untuk kesehatan kulit.

Jika mau tahu lebih banyak tentang makanan yang baik untuk kulit, tanyakan saja kepada ahlinya melalui aplikasi Halodoc. Kamu juga bisa membicarakan masalah kulit pada dokter Halodoc melalui Video/Voice Call dan Chat. Halodoc juga memudahkan kamu untuk mendapatkan produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan. Tinggal order melalui aplikasi dan pesanan akan diantar dalam satu jam. Ingin melakukan tes kesehatan? Halodoc kini memiliki fitur Lab Service yang memudahkan kamu melakukan berbagai macam tes kesehatan. Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.


Rekomendasi Artikel

KEHAMILAN

20 July 2018

Banyak yang bilang kalau makan terong saat hamil itu enggak boleh. Padahal, seorang ahli gizi menyebutkan, mak...

Selengkapnya

KEHAMILAN

20 July 2018

Mengonsumsi mangga saat hamil ada manfaat dan risikonya. Simak penjelasan tentang manfaat dan risiko makan man...

Selengkapnya

DIET & NUTRISI

20 July 2018

Oatmeal bukan sekadar untuk diet, tapi menyehatkan. Berikut adalah lima manfaat oatmeal yang perlu diketahui....

Selengkapnya