20 December 2017

6 Manfaat Rutin Minum Air Jahe

6 Manfaat Rutin Minum Air Jahe

Halodoc, Jakarta – Segelas air campuran jahe sering dijadikan pilihan untuk menghangatkan badan. Pasalnya ramuan yang satu ini memang telah lama dikenal dapat memberi sensasi rasa hangat saat masuk ke dalam tubuh. Ramuan ini juga sering  digunakan untuk mengatasi berbagai kondisi seperti batuk, nyeri hingga mual dan muntah. Namun sebenarnya apa sajakah manfaat yang bisa didapatkan dari rutin mengonsumsi air jahe?

Jahe mengandung senyawa kimia yang dipercaya mampu memberi efek menenangkan dan positif bagi lambung dan usus. Senyawa ini juga akan memberi efek pada otak dan sistem saraf sehingga rasa mual dapat diredam. Selain efek di atas, berikut sederet manfaat yang akan terjadi pada tubuh setelah rutin mengonsumsi air jahe!

1. Meredakan pusing

Pusing adalah satu gejala yang cukup mengganggu dan dapat mengacaukan aktivitas. Biasanya pusing merupakan tanda adanya penyakit atau kelelahan pada tubuh. Dan mengonsumsi jahe ternyata dapat membantu meredakan kondisi ini. Jahe bekerja dengan cara merangsang aliran darah ke otak, sehingga membuat keadaan berangsur membaik.

Gejala pusing haruslah ditangani dengan segera dan benar. Pasalnya pusing bisa membuat seseorang kehilangan keseimbangan dan terjatuh. Selain itu pusing pun bisa menjadi gejala penyakit serius.

2. Meredakan mual

Aroma yang kuat dari jahe juga disebut mampu membantu meredakan rasa mual dan mencegah muntah. Apalagi jika kamu akan atau baru selesai menjalani operasi, jahe bisa menjadi penyelamat. Pasalnya jahe dapat membantu mengurangi rasa mual setelah operasi. Tak sekadar dengan meminumnya, kamu juga bisa mencoba mengoleskan jahe di bagian-bagian yang mudah tercium, sehingga aroma jahe akan membantu meredakan mual.

Sebagian orang pun memercayai bahwa mengonsumsi air jahe dapat membuat seseorang lebih “siap” saat akan melakukan perjalanan. jahe dapat membantu meredam mabuk kendaraan sehingga perjalanan menjadi lebih menyenangkan.

3. Nyeri Menstruasi

Rutin mengonsumsi air jahe bisa membatu mengurangi nyeri yang terjadi saat menstruasi. Sejumlah penelitian membuktikan bahwa jahe yang dikonsumsi dapat meredakan nyeri menstruasi pada wanita. Bahkan khasiat dari jahe disebut tak berbeda jauh dengan obat ibuprofen dan asam mefenamat.

Untuk mendapatkan manfaat jahe untuk meredakan nyeri, cobalah untuk mengonsumsi air jahe setidaknya empat gelas. Minum cairan tersebut selama dua hari masa awal menstruasi. Efek jahe pada perut disebut mampu memberi efek menenangkan dari nyeri.

4. Meredakan stres

Aroma kuat jahe ternyata tak hanya memberikan efek menenangkan bagi lambung dan usus. Mengirup aroma jahe juga dapat menurunkan tingkat stres seseorang. Selain itu, rasa tegang dan tertekan pun akan reda saat kamu menyeruput segelas air  jahe hangat.

5. Memperkuat imun

Jahe banyak mengandung vitamin C dan magnesium. Kandungan ini membuatnya cocok digunakan untuk memperkuat imunitas tubuh. Selain kedua zat tersebut, jahe juga memiliki kandungan gingerols, shogaols dan zingerones yang dapat berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh.

6. Mencegah kanker

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam US Nationnal Library of Medicine National Institutes of Health menyebut jahe dapat membantu mencegah kanker. Hal ini karena jahe memiliki kandungan gingerol yang dapat mengecilkan pertumbuhan tumor pada penyakit kanker usus.

Jahe juga memiliki fungsi anti inflamasi yang dapat melawan pertumbuhan sel kanker pada rahim. Artinya, rutin mengonsumsi air jahe juga dapat membantu mencegah perkembangan kanker rahim.

Kendati demikian, pastikan kamu memperhatikan dosis dan takaran jahe yang dikonsumsi. Sebab semua hal yang berlebihan tak pernah baik, termasuk mengonsumsi jahe. Beberapa efek samping yang bisa terjadi karena terlalu banyak mengonsumsi jahe termasuk iritasi mulut, diare, tekanan darah rendah, hingga gangguan pendarahan.

Kalau kamu ragu dan butuh saran dokter, pakai aplikasi Halodoc saja untuk bicara melalui Video/Voice Call dan Chat pada dokter. Lewat Halodoc, kamu bisa menghubungi dokter di mana saja selama 24 jam. Download Halodoc di App Store dan Google Play untuk mulai memesan produk kesehatan, pesanan pun akan diantar ke rumah dalam waktu satu jam.