6 Olahraga Terbaik yang Bisa Dilakukan saat Ngabuburit

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
6 Olahraga Terbaik yang Bisa Dilakukan saat Ngabuburit

Halodoc, Jakarta - Buka puasa adalah momen yang paling dinanti saat menjalani ibadah puasa. Di Indonesia, ada sebutan untuk menunggu waktu berbuka yang diambil dari Bahasa Sunda, ‘ngabuburit’. Momen ngabuburit biasanya diisi dengan jalan-jalan sore, atau kegiatan menyenangkan lainnya, agar menunggu berbuka tak lagi membosankan. Nah, bagi kamu yang suka ngabuburit, berikut pilihan olahraga saat puasa yang bisa dilakukan sambil menunggu azan magrib.

1. Bersepeda

Bersepeda santai merupakan salah satu olahraga terbaik nan menyenangkan yang bisa dilakukan saat ngabuburit. Cobalah bersepeda dengan kayuhan ringan di sekitar lingkungan rumah sekitar 1-2 jam sebelum waktu berbuka. Meski tidak terlalu menguras energi, bersepeda dapat menyehatkan tubuh tanpa membebani otot dan persendian.

Baca juga: Jangan Jadikan Puasa Alasan Tak Berolahraga

2. Jalan Santai

Jalan santai termasuk olahraga yang mudah karena bisa dilakukan di mana saja. Selain itu, ada segudang manfaat baik yang bisa didapatkan, terlebih jika dilakukan secara rutin. Tidak harus jalan jauh-jauh, kamu bisa berjalan santai sambil mengitari komplek rumah, taman, di sekitar kantor, maupun di atas treadmill.

3. Joging

Mirip seperti berjalan santai, joging sebelum buka puasa juga bisa dilakukan, hanya saja dengan pergerakan yang tidak terlalu berlebihan. Singkatnya, seperti berlari-lari kecil yang tidak terlalu menguras energi. Pastikan ritme gerakan tidak terlalu cepat dan usahakan tidak sambil bercakap-cakap, karena justru akan membuat kehabisan napas.

4. Yoga

Bagi kamu yang suka bergerak tapi tanpa berkeringat berlebih, yoga bisa menjadi pilihan terbaik. Pasalnya, selain bermanfaat untuk mengurangi stres dan meningkatkan kelenturan tubuh, yoga juga bisa memperbaiki citra tubuh.

Baca juga: Inilah yang Terjadi pada Tubuh Jika Berolahraga Saat Puasa

5. Renang

Renang merupakan olahraga yang digemari banyak orang. Aktivitas fisik ini membakar kalori cukup besar tanpa rasa berkeringat yang membuat tubuh tidak nyaman selama puasa.

6. Tai Chi

Jenis olahraga ini juga dapat menjadi pilihan selama berpuasa. Tai Chi merupakan bentuk halus dari bela diri yang mengombinasikan pernapasan dan gerakan seperti tarian. Semua orang bisa mencobanya, terutama bagi mereka yang berusia lanjut.

Manfaat Olahraga Jelang Berbuka

Jangan takut akan kehilangan banyak energi jika olahraga saat ngabuburit. Selama olahraga dilakukan tidak terlalu jauh dari waktu berbuka, kamu dapat segera memulihkan energi tubuh yang hilang dan terkuras saat berbuka. Pilihan waktu terbaik untuk berolahraga adalah sekitar 1,5 hingga 2 jam sebelum azan magrib dikumandangkan.

Selain itu, olahraga yang dilakukan sebelum makan atau menjelang waktu buka puasa dapat membantu tubuh untuk membakar lebih banyak lemak. Sebab, saat kamu melakukan olahraga saat puasa, tubuh akan menggunakan simpanan lemak sebagai sumber energi dalam metabolisme, bukannya memakai simpanan karbohidrat. Jadi selain menyehatkan, dapat dikatakan bahwa olahraga saat ngabuburit dapat bermanfaat bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan.

Baca juga: Inilah Kesalahan yang Sering Dilakukan Ketika Berolahraga saat Puasa

Itulah sedikit penjelasan tentang jenis dan manfaat olahraga saat puasa yang dilakukan sebelum berbuka. Jika kamu membutuhkan informasi lebih lanjut soal hal ini atau gangguan kesehatan lainnya, jangan ragu untuk mendiskusikannya dengan dokter pada aplikasi Halodoc, lewat fitur Talk to a Doctor, ya. Mudah kok, diskusi dengan dokter spesialis yang kamu inginkan dapat dilakukan melalui Chat atau Voice/Video Call. Dapatkan juga kemudahan membeli obat menggunakan aplikasi Halodoc, kapan dan di mana saja, obatmu akan langsung diantar ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download sekarang di Apps Store atau Google Play Store!