Ini 6 Pilihan Makanan yang Tinggi Protein

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
ini 6 pilihan makanan yang tinggi protein

Halodoc, Jakarta – Salah satu nutrisi yang diperlukan tubuh adalah protein. Nutrisi yang satu ini bermanfaat untuk memperbaiki sel yang rusak dan memproduksi sel yang baru. Itulah mengapa protein memiliki peran besar dalam tumbuh kembang anak dan remaja.

Enggak cuma penting untuk anak-anak dan remaja, protein juga sangat dibutuhkan di masa kehamilan dan dalam proses pemulihan setelah sakit. Nutrisi ini juga baik untuk kesehatan tulang, lho. Karena itu, jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan protein setiap hari dengan mengonsumsi makanan tinggi protein. Cari tahu pilihan makanan berprotein tinggi yang bisa kamu konsumsi di sini.

Ada banyak manfaat kesehatan yang bisa kamu dapatkan dari mengonsumsi asupan protein. Selain yang sudah disebutkan di atas, makanan tinggi protein juga dapat membantu menurunkan berat badan.

Dengan mengonsumsi makanan berprotein tinggi, metabolisme tubuh kamu dapat meningkat, sehingga massa otot dan pembakaran lemak bertambah. Nutrisi tersebut juga dapat membuat kamu kenyang lebih lama lho. Jadi, bukan hanya bisa menurunkan berat badan, makanan kaya akan protein juga dapat membantumu menjaga berat badan tetap ideal.

Baca juga: Inilah 7 Jenis dan Fungsi Protein bagi Tubuh

Tapi, perlu diingat, orang yang mengidap penyakit ginjal sebaiknya tidak mengonsumsi asupan protein terlalu banyak. Ini bukan berarti protein dapat merusak ginjal yang sehat. Beberapa penelitian sudah membuktikan bahwa mengonsumsi makanan sumber protein tidak akan merusak ginjal yang sehat.

Pilihan Makanan Berprotein Tinggi

Kamu bisa mendapatkan asupan protein dari dua jenis sumber protein, yaitu:

  • Sumber Protein Hewani

Makanan sumber protein ini berasal dari hewan, seperti daging, telur, susu, keju, seafood, dan yoghurt.

1. Telur

Tingginya kandungan protein di dalam telur sudah tidak diragukan lagi. Dalam satu butir telur, terkandung sekitar 6 gram protein dengan 78 kalori. Selain itu, telur juga dikenal sebagai salah satu makanan yang bergizi lengkap karena juga mengandung vitamin, mineral, lemak sehat, dan antioksidan yang berguna untuk kesehatan mata dan nutrisi otak.

2. Daging.

Dada ayam dikenal sebagai makanan tinggi protein, karena bagian ini mengandung lemak yang lebih sedikit dibandingkan dengan bagian lainnya. Dalam dada ayam tanpa kulit mengandung 284 kalori dengan 53 gram protein. Selain ayam, daging sapi tanpa lemak juga mengandung protein yang tinggi, yaitu sebanyak 22 gram protein dan 184 kalori dalam setiap 85 gram. Selain itu, daging sapi juga kaya akan zat besi dan vitamin B12.

3. Seafood.

Selain dari daging-dagingan, kamu juga bisa mendapat asupan protein dari makanan laut, seperti salmon, tuna, dan udang. Enggak hanya tinggi protein, seafood juga mengandung omega-3, sehingga baik untuk kesehatan jantung. Setiap penyajian 85 gram salmon, tuna, dan udang mengandung 19 gram, 21 gram, dan 18 gram protein. Yang lebih menguntungkannya lagi, tuna dan udang termasuk makanan yang rendah kalori. Tuna hanya mengandung 98 kalori, sedangkan udang mengandung 84 kalori. Jumlah kalori tersebut dihitung berdasarkan penyajian 85 gram.

4. Susu, keju, dan yoghurt.

Ketiga jenis makanan tersebut mengandung protein tinggi, kalsium, serta vitamin D. Minumlah susu skim atau susu rendah lemak secara rutin untuk menjaga tulang dan gigi tetap kuat serta membantu mencegah osteoporosis.

Baca juga: Protein Hewani atau Protein Nabati, Manakah yang Lebih Ampuh untuk Diet?

  • Sumber Protein Nabati

Enggak hanya dari hewan, sumber protein juga bisa didapatkan dari tanaman, antara lain:

5. Brokoli.

Selain kaya akan protein, brokoli juga mengandung serat, kalium, vitamin C dan vitamin K, serta banyak mengandung nutrisi bioaktif yang dipercaya dapat melindungi tubuh dari kanker.

6. Kacang-kacangan.

Seperti kacang polong, kacang almond, kacang tanah, buncis, atau kacang kedelai, termasuk tahu dan tempe adalah makanan protein tinggi. Enggak hanya itu, kacang-kacangan juga dilengkapi oleh kandungan serat dan magnesium.

Baca juga: Bukan Daging, Ini 5 Sumber Protein untuk Vegetarian

Nah, itulah 6 makanan tinggi protein yang baik untuk kamu konsumsi setiap hari. Bila kamu ingin bertanya seputar kandungan nutrisi makanan tertentu, tanyakan saja ke dokter dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Di Halodoc, kamu bisa menghubungi dokter melalui Chat dan Voice/Video Call untuk berdiskusi seputar diet dan pola makan yang sehat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.