02 October 2018

Bukan Daging, Ini 5 Sumber Protein untuk Vegetarian

bukan daging, ini 5 sumber protein untuk vegetarian

Halodoc, Jakarta – Memilih menjalani gaya hidup sebagai vegetarian, artinya kamu sudah tidak bisa lagi mengonsumsi protein yang berasal dari hewani. Padahal, sumber protein terbesar adalah hewani. Meskipun sumber protein bisa didapat dari sumber nabati lainnya, tetapi ada beberapa perbedaan yang harus kamu lakukan. Tujuannya agar kamu tidak kekurangan sumber protein untuk kebutuhan tubuhmu.

Kekurangan protein nyatanya tidak bisa dianggap remeh. Banyak dampak buruk bagi kesehatan yang akan kamu rasakan jika mengalami kekurangan protein pada tubuh. Beberapa seperti rambut rontok, insomnia, demensia, dan penyakit lainnya.

Namun, bagi kamu yang menjalani pola hidup vegetarian, tidak perlu khawatir akan kekurangan sumber protein. Kamu tinggal mengatur pola makan dan mengganti asupan protein hewani dengan sumber protein nabati yang juga memiliki kandungan protein tinggi. Berikut adalah sumber protein untuk vegetarian.

1. Kacang Polong

Salah satu jenis kacang-kacangan yang memiliki kandungan protein cukup tinggi adalah kacang polong. Kacang polong dikenal sebagai sumber protein untuk vegan terbaik karena dalam 100 gram kacang polong nyatanya mengandung 8 gram kandungan protein. Selain mengandung protein tinggi, kacang polong juga mengandung berbagai vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti vitamin A, vitamin B1, dan vitamin B12. Tidak hanya itu, kacang polong juga mengandung serat yang cukup baik untuk menjaga kesehatan pencernaan kamu. Banyak menu makanan yang bisa kamu nikmati dengan bahan dasar kacang polong. Kamu bisa membuat sup, makanan berkuah, atau jenis makanan lainnya dengan bahan dasar kacang polong.

2. Kacang Kedelai

Kacang kedelai adalah salah satu jenis kacang yang bisa dijadikan sebagai sumber protein untuk vegetarian. Dalam 100 gram kacang kedelai, nyatanya mengandung 36 gram protein. Tidak hanya sebagai sumber protein saja, kacang kedelai memiliki banyak manfaat lainnya, antara lain untuk memperbaiki metabolisme dalam tubuh, melindungi kesehatan jantung, meningkatkan berat badan dengan sehat, dan juga menjaga kesehatan tulang. Untuk menghindari rasa bosan mengonsumsi kacang kedelai, kamu bisa mengonsumsi beberapa makanan yang berbahan dasar kacang kedelai, seperti tempe, tahu, atau susu kacang kedelai.

3. Bayam

Bayam banyak mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh kamu. Salah satunya adalah protein yang cukup tinggi. Tentu bayam sangat baik kamu konsumsi jika kamu seorang vegetarian karena bayam bisa menjadi sumber protein. Dalam 100 gram bayam, kamu bisa mendapatkan 2,9 gram. Tidak hanya mengandung protein, nyatanya bayam juga mengandung nutrisi dan vitamin lainnya seperti vitamin B1, vitamin A, vitamin C, kalsium, fosfor dan zat besi.

4. Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari yang dikenal juga dengan nama kuaci nyatanya juga mengandung sumber protein yang cukup tinggi. Dalam 100 gram biji bunga matahari, bisa menghasilkan 20,78 gram protein. Nah, bagi kamu yang menjalani pola hidup vegetarian bisa menjadikan biji bunga matahari atau kuaci ini sebagai makanan camilan sehat untuk kesehatan tubuh.

5. Kacang Almond

Selain kaya akan sumber vitamin E nyatanya kacang almond memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Dalam 100 gram almond kandungan protein sebanyak 21,22 gram. Tidak ada salahnya mengonsumsi kacang almond untuk memenuhi kebutuhan protein tubuh kamu.

Tidak ada salahnya kamu bertanya ke dokter mengenai pemenuhan nutrisi dan gizi selama menjalani gaya hidup vegetarian. Yuk gunakan aplikasi Halodoc sekarang juga. Jangan lupa untuk download aplikasi Halodoc melalui App Store dan Google Play!

Baca juga: