• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Cara Meluruskan Rambut yang Mengembang

7 Cara Meluruskan Rambut yang Mengembang

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
7 Cara Meluruskan Rambut yang Mengembang

“Terlepas dari rambutmu lurus atau mengembang, yang paling penting adalah menjaga kesehatan rambut. Cara meluruskan rambut yang mengembang bisa dilakukan melalui perawatan harian. Mulai dari jangan mencuci rambut setiap hari, menggunakan sisir khusus, mengenakan hairspray, dan menggunakan dry shampoo”

Halodoc, Jakarta – Sebagian orang mungkin menyukai rambut yang mengembang karena terlihat tebal, tetapi sebagian yang lainnya kurang suka. Rambut mengembang kerap disebut menyerupai singa, menggembung, tidak terlihat rapi, dan terkesan mengganggu. 

Rambut yang lurus juga terkesan rapi dan mudah diatur. Maka dari itu, banyak orang yang senang meluruskan rambutnya. Terlepas dari rambutmu lurus atau mengembang, yang paling penting sebenarnya menjaga kesehatan rambut. Namun, buat kamu yang ingin meluruskan rambut yang mengembang, bisa mengikuti tips ini!

Baca juga: Cek Fakta: Benarkah Keramas Pakai Kopi Mampu Atasi Rambut Rontok?

1. Jangan Mencuci Rambut Setiap Hari

Mencuci rambut setiap hari selain bisa menghilangkan minyak alami di kulit kepala juga bisa berpotensi memburat rambut mekar alias mengembang. Pada hari-hari di mana kamu melewatkan keramas, gunakan kondisioner untuk menjaga rambut tetap segar dan terhidrasi.

2. Gunakan Dry Shampoo 

Jika rambutmu menjadi berminyak karena tidak keramas, gunakan dry shampoo untuk mengatasi kondisi ini. Dry shampoo bisa menyuburkan rambut dengan menyerap minyak berlebih sekaligus menjaga rambut tetap terhidrasi tanpa membuatnya mengembang berlebihan.

3. Gunakan Shampoo dan Kondisioner untuk Rambut Lurus 

Pilih shampoo anti kusut yang sekaligus bisa meluruskan rambut. Serta pastikan kondisioner ataupun pelembut rambut yang digunakan diformulasikan untuk menjaga rambut tetap halus dan lembut.

4. Gunakan Kondisioner Tanpa Bilas

Kamu juga bisa menggunakan produk kondisioner yang tidak memerlukan pembilasan. Semprotkan kondisioner tanpa bilas pada rambut basah untuk menghaluskan kutikula, mengunci kelembapan, dan menciptakan penghalang terhadap rambut mengembang. 

Baca juga: Benarkah Bunga Telang Efektif Atasi Rambut Rontok?

5. Pintar-Pintar Menggunakan Pelurus Rambut

Alat pelurus rambut atau biasa disebut catok rambut memang dapat meluruskan rambut bercabang dan kusut. Namun, terlalu banyak panas dapat membakar kutikula rambut sehingga bukannya membuat rambut lurus dan rapi, melainkan malah merusak rambut.

Bagaimana caranya supaya tetap bisa menggunakan catok tanpa harus merusak rambut? Atur catok rambut ke pengaturan panas terendah. Selalu gunakan semprotan rambut terlebih dahulu, untuk menciptakan penghalang terhadap kerusakan panas dan mengunci kelembapan supaya rambut tetap lembut dan berkilau.

Baca juga: Cara Meluruskan Rambut dengan Bahan Alami

6. Lindungi Rambut dengan Hairspray

Kamu juga bisa mengurangi rambut mengembang dengan cara menyemprotkan hairspray. Ini bisa membantu selain praktis dan efisien.

7. Gunakan Sisir Rambut yang Tepat

Jenis sisir juga berpengaruh pada tekstur rambut. Untuk kamu yang memiliki rambut mengembang, ada baiknya menggunakan sisir dengan bahan nylon. Pilih juga sisir yang memiliki banyak gigi, supaya bisa memberikan pengaturan rambut yang maksimal. Menyisir rambut 2–3 kali sehari juga membantu menata rambut dan mengurangi pengembangannya.

Jika kamu membutuhkan saran ataupun rekomendasi mengenai cara menjaga kesehatan rambut tanyakan saja langsung ke dokter lewat aplikasi Halodoc. Cek suplemen yang kamu butuhkan di aplikasi Halodoc. Yuk, tunggu apalagi? Segera download aplikasinya segera di Apps Store dan Google Play.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

John Frieda.com. Diakses pada 2021. Frizzy straight Hair: How To Create A Sleek, Smooth Style

WebMD. Diakses pada 2021. How to Tame Frizzy Hair