20 February 2019

Perlu Tahu, 7 Cara Sederhana Cegah Radang Usus

Perlu Tahu, 7 Cara Sederhana Cegah Radang Usus

Halodoc, Jakarta - Dari berbagai keluhan kesehatan yang bisa menyerang usus, radang usus merupakan salah satu penyakit yang mesti diwaspadai. Kondisi ini terjadi ketika usus mengalami inflamasi atau peradangan. Umumnya, radang usus ini digunakan untuk menjelaskan dua penyakit, yaitu kolitis ulseratif dan penyakit Crohn.

Kedua kondisi ini disebabkan oleh peradangan kronis pada bagian gastrointestinal (sistem pencernaan). Masalah ini muncul karena ada reaksi keliru dari sistem kekebalan tubuh terhadap jaringan pencernaan yang normal dan sehat.

Baca juga:Hati-Hati dengan 4 Jenis Radang Usus Ini

Di samping itu, ada pula dua penyakit lainnya yang berkaitan erat dengan radang usus, yaitu kolitis limfositik dan callagenus. Keduanya merupakan radang usus yang cukup langka dan dikenal dengan istilah kolitis mikroskopik.

Kenali Gejala-Gejalanya

Penyakit ini merupakan penyakit jangka panjang dengan gejala yang biasanya muncul dan hilang selama beberapa waktu. Tingkat keparahan gejalanya pun berbeda-beda, bergantung pada bagian mana saja yang mengalami peradangan. Nah, berikut beberapa gejala yang umumnya terjadi:

  • Nafsu makan berkurang. Rasa nyeri dan sakit pada bagian perut akan menurunkan nafsu makan seseorang.

  • Rasa nyeri atau sakit di bagian perut. Peradangan usus ini bisa memengaruhi pergerakan normal usus, sehingga menimbulkan rasa nyeri dan tidak nyaman.

  • Berat badan menurun. Pengidap radang usus bisa mengalami kekurangan nutrisi, karena tubuh tak mampu mencerna dan menyerap nutrisi makan dengan baik.

  • Diare bercampur darah, bersifat kambuhan. Darah di sini bisa muncul pada feses (tinja) dengan warna gelap kehitaman.

  • Mengalami mual dan demam.

  • Mudah merasa lelah.

Yang perlu digarisbawahi, meski gejala-gejala di atas umum terjadi, namun gejala yang muncul pada tiap individu tidaklah sama. Sebab dalam sebagian kasus, pengidapnya juga bisa mengalami muntah-muntah, anemia, dan demam tinggi.

Baca juga:Perlu Tahu, 3 Jenis dan Penanganan Radang Usus

Penanganan Radang Usus

Terapi yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit radang usus bertujuan untuk mengurangi peradangan yang dapat menyebabkan munculnya tanda dan gejala dari penyakit. Nah, berikut beberapa penanganan yang bisa dilakukan.

  • Obat-obatan untuk menekan kerja sistem imun.

  • Antibiotik.

  • Obat anti diare.

  • Obat antiinflamasi.

  • Obat antinyeri.

  • Suplemen kalsium dan vitamin D.

  • Suplemen zat besi.

  • Pemberian nutrisi.

  • Terapi pembedahan menjadi salah satu opsi apabila obat-obatan tidak lagi berfungsi secara optimal dalam mengurangi tanda dan gejala yang dialami oleh pengidap.

Ketahui Tips Mencegahnya

Sebenarnya, cara pasti untuk mencegah penyakit ini belum diketahui secara pasti. Tapi, setidaknya ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar terhindar dari risiko terserang keluhan usus ini.

Baca juga:Inilah 4 Penyebab Radang Usus

  1. Hindari kondisi stres.

  2. Hindari makan makanan yang tinggi lemak.

  3. Hindari makan makanan dan minum minuman yang mengiritasi dinding saluran pencernaan, seperti makanan yang pedas dan minuman berkafein.

  4. Hindari merokok.

  5. Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum dan setelah makan.

  6. Bila mengidap tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, atau diabetes, kelola dengan baik kondisi agar ketiga hal tesebut bisa terkontrol.

  7. Pilihlah selalu makanan dan minuman yang kebersihannya terjaga.

Kamu juga bisa lho mendiskusikan pendidikan seks anak dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!