05 December 2018

Perlu Tahu, 3 Jenis dan Penanganan Radang Usus

Perlu Tahu, 3 Jenis dan Penanganan Radang Usus

Halodoc, Jakarta - Radang usus adalah kondisi saat terjadi inflamasi pada bagian usus sebagai salah satu bagian dari organ pencernaan. Kolitis, begitulah gangguan kesehatan ini disebut dalam dunia medis, biasanya menimbulkan gejala berupa rasa nyeri pada bagian perut yang membuat tubuh menjadi tidak nyaman untuk beraktivitas. Penanganan radang usus harus dilakukan sesegera mungkin untuk menghindari terjadinya komplikasi.

Jenis Radang Usus, Apa Saja?

Penyakit radang usus terbagi menjadi tiga jenis, yaitu:

1. Ulcerative Colitis

Pertama adalah ulcerative colitis. Berdasarkan lokasi dan tingkat keparahannya, ulcerative colitis dibagi lagi menjadi tiga jenis:

  • Proctosigmoiditis, peradangan ini terjadi pada area ujung bawah usus besar dan rektum.

  • Ulcerative proctitis, yang merupakan jenis colitis ulcerative paling ringan. Peradangan ini sering terjadi pada bagian sekitar anus.

  • Left-sided colitis, merupakan peradangan yang meluas dari bagian rektum melewati descending colon dan sigmoid.

2. Penyakit Chron

Selanjutnya adalah penyakit Crohn, gangguan kesehatan autoimun yang mengakibatkan terjadinya radang usus pada saluran pencernaan, mulai mulut sampai pada anus. Namun, penyakit ini sering menyerang bagian ileum (usus halus) atau kolon. Penyebab terbesar penyakit Crohn adalah karena keturunan dan reaksi dari sistem imun.

3. Pancolitis

Terakhir adalah pancolitis, terjadinya peradangan di seluruh lapisan usus besar. Gangguan kesehatan ini terbilang kronis, karena memungkinkan munculnya bisul atau bahkan menyebabkan usus mengalami luka. Gejala yang biasanya terjadi adalah nyeri pada sendi, seperti sendi pergelangan kaki, pergelangan tangan, dan sendi pada lutut.

Jika tidak segera ditangani, pancolitis bisa memicu terjadi komplikasi yang lebih serius, seperti perlubangan pada usus, perdarahan yang parah, radang pada selaput perut, dan usus hipertrofik. Gangguan kesehatan ini juga bisa membuat kamu mengalami kanker usus besar.

Bagaimana Mengobati Penyakit Radang Usus?

Pada dasarnya, penanganan radang usus disesuaikan dengan jenis dan gejala yang dialami oleh pengidap. Biasanya, dokter meresepkan obat untuk mengurangi dampak buruk peradangan sekaligus meringankan gejalanya.

Jenis obat yang biasanya digunakan adalah antibiotik jenis metronidazole, rifaximin, obat aminosalisilat, obat jenis kortikosteroid, dan obat untuk mengurangi diare dan kram pada perut. Penanganan radang usus jenis ulcerative colitis biasanya disembuhkan dengan jalan pembedahan, juga pada beberapa kasus penyakit Crohn.

Pasalnya, belum ada obat yang tepat untuk menangani penyakit radang usus ini. Cara terbaik yang bisa ditempuh adalah dengan mengurangi gejalanya supaya tidak kambuh kembali. Tindakan pencegahan yang bisa kamu lakukan adalah menjaga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Pastikan kamu tidak mengonsumsi makanan kaya serat, makanan pedas, minuman beralkohol, makanan tinggi lemak, juga berbagai produk susu. Ganti asupan makanan sesuai dengan diet yang dianjurkan oleh dokter. Selain itu, kurangi porsi sekali makan. Lebih baik kamu makan dalam porsi kecil tetapi beberapa kali dibandingkan dengan sekali makan dengan porsi besar.

Apapun keluhan yang kamu rasakan, jangan ragu untuk menanyakan langsung pada dokter ahli melalui aplikasi Halodoc. Pilih layanan Tanya Dokter dan pilih dokter yang sesuai dengan kebutuhan kesehatan kamu. Segera download aplikasi Halodoc karena ada banyak fitur menarik lain yang bisa kamu dapatkan.

Baca juga: