7 Makanan yang Aman Dikonsumsi saat Keracunan Makanan

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
7 Makanan yang Aman Dikonsumsi saat Keracunan Makanan

Halodoc, Jakarta - Tidak sedikit orang yang mempunyai hobi berwisata kuliner dan selalu mencari makanan lezat di berbagai tempat. Ketika mencoba makanan yang baru, kamu mungkin tidak mengetahui kualitas dan kebersihan makanan tersebut. Jika tidak berhati-hati, keracunan makanan pun bisa terjadi.

Keracunan makanan terjadi karena makanan terkontaminasi oleh kuman. Kondisi tersebut dapat menyebabkan pengidapnya mengalami mual dan muntah. Untuk menghindarinya, kamu harus lebih selektif dalam memilih makanan. Bukan hanya rasanya, kamu juga harus mempertimbangkan kebersihannya. Untuk mengobati keracunan makanan, berikut adalah beberapa makanan yang dapat membantu meredakannya!

Baca juga: Atasi Keracunan Makanan dengan Tips Ini

Makanan untuk Mengobati Keracunan Makanan

Keracunan makanan adalah kondisi yang terjadi ketika kamu memasukkan makanan yang mengandung organisme merugikan tubuh. Organisme yang dapat menyebabkan hal tersebut seperti E. coli, norovirus, salmonella, atau vibrio. Beberapa makanan yang umum menyebabkan ini adalah daging mentah, susu, makanan kaleng, makanan laut mentah, dan makanan siap saji.

Ketika seseorang mengalami keracunan makanan, maka beberapa gejala dapat terjadi. Gejala umum yang timbul adalah mual, muntah, diare, kram perut, dan sakit kepala. Seseorang yang mengalami ini dapat sulit untuk memasukkan makanan lain agar tetap mendapat energi. Beberapa makanan dapat digunakan sebagai pengganti energi dan juga untuk mengobati keracunan makanan.

Seseorang yang mengalami gangguan yang disebabkan makanan tersebut umumnya memang mengalami diare atau muntah. Maka dari itu, salah satu hal terpenting yang dapat dilakukan adalah mengganti cairan dan garam yang hilang dari tubuh. Intinya kamu harus menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Makanan yang dapat mengobati keracunan makanan adalah asupan yang mudah dicerna oleh tubuh. Makanan yang paling baik adalah yang terasa hambar dan tidak mengiritasi lambung. Beberapa makanan ini dikonsumsi untuk mengatasi sakit perut, antara lain:

  1. Pisang.

  2. Nasi.

  3. Roti panggang.

  4. Saus apel.

  5. Oatmeal atau sereal.

  6. Kentang.

  7. Madu.

Makanan-makanan tersebut adalah rekomendasi diet yang dilakukan untuk memulihkan tubuh dari penyakit pencernaan. Hal tersebut sangat ideal karena rasanya yang hambar dan banyak mengandung kanji. Karenanya, kandungan tersebut dapat mengikat feses dan mengurangi kejadian diare.

Semakin lama penyakit ini terjadi, maka semakin banyak protein yang dibutuhkan. Hal ini berguna untuk membantu proses penyembuhan dan mencegah kerusakan otot tanpa adanya makanan dan kalori yang cukup. Selain itu, beberapa makanan fermentasi juga dapat menggantikan bakteri usus yang hilang ketika diare. Kamu dapat mengonsumsi yoghurt dan sup miso.

Jika kamu mempunyai pertanyaan terkait keracunan makanan, dokter dari Halodoc dapat membantu. Caranya hanya dengan download aplikasi Halodoc di smartphone-mu. Selain itu, kamu juga dapat memesan obat secara online melalui aplikasi tersebut. Tanpa perlu antre, pesananmu akan sampai di tempat tujuan dalam waktu satu jam!

Baca juga: Jangan Panik! Ini Cara Tepat Mengatasi Keracunan Makanan pada Anak

Menjaga Hidrasi Dapat Mengobati Keracunan Makanan

Asupan cairan adalah salah satu hal yang penting untuk mengobati keracunan makanan. Hal ini dapat membantu tubuh untuk melawan efek keracunan makanan. Muntah dan diare dapat menyebabkan kamu mengalami dehidrasi. Cara awal untuk mengatasinya adalah dengan mengisap bongkahan es atau meminum segelas air.

Baca juga: Alami Keracunan Makanan, Ini Pertolongan Pertama yang Bisa Dilakukan

Minuman yang kaya akan kandungan elektrolit juga merupakan cara terbaik untuk mencegah dehidrasi yang terjadi. Cairan lainnya yang dapat kamu minum adalah minuman bersoda yang bening, teh tanpa kandungan kafein, dan kaldu ayam. Selain itu, kamu harus menghindari minuman berkafein karena dapat mengiritasi lambung.

Referensi:
Health Line. Diakses pada 2019.What to Eat After Food Poisoning
Medical News Today.Diakses pada 2019.What is best to eat after food poisoning?