27 April 2018

Inilah Bagian Tubuh yang Paling Banyak Mengandung Kuman

Inilah Bagian Tubuh yang Paling Banyak Mengandung Kuman

Halodoc, Jakarta – Kamu  tentu tahu kalau menjaga kebersihan tubuh penting dilakukan agar terhidar dari berbagai masalah kesehatan. Namun, apa kamu tahu bagian tubuh mana saja yang paling banyak mengandung kuman? Hmm, tinggal di negara tropis seperti Indonesia memang tantangan terhadap higienitas. Pasalnya, udara yang panas kerap membuat anggota tubuh mengeluarkan banyak keringat. Nah, kombinasi dari kuman dan keringat yang menempel di kulit inilah yang bisa menimbulkan cukup banyak masalah kesehatan.

  1. Wajah

Meski mungkin terlihat bersih ketika kamu bercermin, ternyata wajah juga banyak mengandung kuman. Melansir Bold Sky, kata ahli, wajah adalah tempat paling kotor di antara anggota tubuh lainnya. Banyak cara kuman bisa berpindah ke area tersebut. Contohnya, kuman bisa berpindah dari smartphone ketika kamu sedang menelepon.

Menurut tes yang dilakukan The Wall Street Journal pada smartphone banyak orang secara acak di perkantoran Chicago, Amerika Serikat, hasilnya sungguh mengejutkan. Ternyata banyak bakteri yang berasosiasi dengan kontaminasi tinja di smartphone tersebut. Nah, kuman dan bakteri yang berpidah ini bisa membahayakan wajah, apalagi jika di wajah kamu ada luka terbuka.  

  1. Telinga

Zat lilin banyak terdapat di saluran pendengaran sejumlah mamalia, termasuk manusia. Fungsinya, sebagai pelumas dan mencegah kotoran masuk ke rongga-rongga dalam kepala. Sebenarnya, telinga punya kemampuan sendiri untuk membersihkan dirinya. Bahkan, ketika kamu ingin membersihkannya sendiri, justru mungkin saja kamu akan membuatnya “tersakiti”.

 Telinga juga menjadi tempat terbaik untuk kuman dan bakteri bersarang, berlindung, hingga berkembang biak. Kotoran yang ada di telinga ini mengandung banyak bakteri dan kuman. Nah, keduanya akan bertambah banyak jika kamu sering menggunakan ear phone dan sejenisnya.

  1. Mata

Melansir Bold Sky, mata juga merupakan bagian tubuh yang penuh bakteri. Bulu mata termasuk bagian tubuh yang paling kotor karena fungsinya mengumpulkan kotoran dan membantu melindungi mata dari infeksi. Nah, ketika kamu mengalami infeksi mata, sebaiknya jangan pernah menyentuhnya dengan tangan.

  1. Tangan

Yang satu ini enggak perlu didebatkan lagi. Setiap hari tangan kamu menyentuh berbagai barang yang penuh dengan bakteri. Mulai dari smartpohone, keyboard, uang, gagang pintu, meja kantor, dan berbagai barang lainnya. Menurut sebuah riset, telapak tangan manusia kini terpapar bakteri dengan varian yang jauh lebih banyak, dibandingkan dengan masa-masa sebelumnya.

  1. Mulut

Menurut ahli dari Harvard School of Dental Medicine, terdapat lebih dari 615 jenis bakteri yang berbeda di dalam mulut seseorang. Nah, untuk mengurangi bakteri berbahaya di dalam mulut, sikatlah gigi dua kali sehari agar kebersihannya tetap terjaga. Sebagai tempat awal masuknya segala makanan dan minuman, memang enggak heran sih jika mulut jadi tempat terbaik bagi bakteri dan kuman bersarang.

  1. Hidung

Sebagai tempat pertama masuknya oksigen ke dalam tubuh, hidung merupakan anggota tubuh yang disukai bakteri dan kuman untuk bersarang. Saking banyaknya kotoran yang masuk ke dalamnya, terkadang akan membuat hidung terasa amat gatal. Dalam kasus seperti ini, cobalah untuk tidak menggaruk bagian dalamnya. Ketika kamu menggaruknya dengan cukup kuat, hal itu bisa menimbulkan luka robekan yang ujung-ujungnya bisa menyebabkan infeksi.

  1. Anus

Ada lebih dari seribu bakteri jahat di sistem pencernaan kamu. Nah, pintu keluar bagi bakteri ini, tak lain adalah anus. Dengan demikian, menjadikan anus sebagai anggota tubuh terkotor pada tubuh seseorang.

 (Baca juga: Cara Pintar Cegah Kuman Bersama Lifebouy)

Mau tahu lebih lanjut mengenai bagian tubuh mana saja yang dipenuhi kuman? Kamu bisa lho mendiskusikan pendidikan seks anak dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!