14 April 2018

7 Tips Menghilangkan Stretch Mark Setelah Kehamilan

7 Tips Menghilangkan Stretch Mark Setelah Kehamilan

Halodoc, Jakarta – Strech mark terjadi karena kulit tubuh meregang karena pertambahan berat badan sehingga timbul guratan ataupun kerutan pada lapisan epidermis kulit. Stretch mark pada saat ataupun setelah kehamilan adalah kondisi yang wajar terjadi pada ibu hamil. Tidak perlu terlalu dirisaukan dan bukan menjadi tanda-tanda situasi kesehatan tertentu. Stretch mark hanya mempengaruhi penampilan saja, sehingga yang perlu diketahui adalah cara menghilangkan stretch mark setelah kehamilan.

Sebenarnya stretch mark bisa hilang seiring waktu dengan bantuan kolagen pada tubuh. Namun kita tidak bisa serta-merta mengandalkan kolagen alami karena menginjak usia 25 tahun, terdapat penurunan jumlah kolagen sebesar 15 persen karena penuaan. Selain peran kolagen, ternyata genetik dapat mempengaruhi tingkat stretch mark yang dimiliki ibu pasca kelahiran. Walaupun begitu tentu saja ada tips natural cara menghilangkan stretch mark yang bisa diaplikasikan oleh ibu. (Baca juga: Arti Warna Memar yang Tiba-tiba Muncul di Tubuh)

  1. Olive Oil

Olive oil adalah salah satu bahan alami yang bisa menghilangkan stretch mark. Olive oil efektif melembabkan dan mengenyalkan kulit sehingga mampu mengembalikan elasitas kulit yang mengalami stretch mark. Kandungan Vitamin A, D dan E-nya menyerap sempurna ke dalam jaringan kulit sehingga mampu meremajakan kulit. Supaya lebih efektif pijat kulit supaya olive oil menyerap sempurna.

  1. Lidah Buaya

Selain olive oil, lidah buaya juga bahan alami yang bisa diaplikasikan ke kulit sebagai cara untuk menghilangkan stretch mark. Ibu bisa mengonsumsi langsung ataupun mengoleskannya ke kulit yang mengalami stretch mark. Supaya lebih simple lagi, menggunakan cream ataupun lotion yang mengandung lidah buaya juga bisa dilakukan kok.

  1. Madu

Sudah menjadi rahasia umum kalau madu adalah antiseptik terbaik. Menyembuhkan luka, anti-inflamasi dan antioksidan tinggi serta baik untuk pencernaan. Nah, selain manfaat-manfaat tadi, madu juga bisa menghilangkan stretch mark. Cara penggunaannya adalah dengan menjadikan madu sebagai bahan scrub. Oleskan madu yang sudah dicampur dengan garam ke bagian tubuh dengan stretch mark, lalu gosok perlahan dan diamkan 5-7 menit. Setelah itu baru dibilas dengan air hangat ataupun handuk hangat.

  1. Lemon

Ternyata sifat asam pada lemon juga bisa menghilangkan stretch mark. Belah lemon lalu gosokkan bagian dagingnya ke kulit yang mengalami stretch mark pelan-pelan. Setelah itu diamkan beberapa saat supaya bahan alami terutama asam pada lemon menyerap sempurna ke jaringan kulit. Ibu bisa mengaplikasikan lemon ini saat mandi.

  1. Air Putih

Kulit harus terhidrasi supaya terjaga kelembabannya dan salah satu cara untuk menjaga kelembaban kulit adalah dengan mengonsumsi air putih. Ada baiknya pasca melahirkan, ibu mengurangi konsumsi minuman berperasa dan lebih banyak minum air putih.

  1. Air Kelapa

Cara menghilangkan stretch mark lainnya yang efektif dan manjur adalah dengan mengonsumsi air kelapa. Selain diminum langsung, cara efektif lainnya adalah dengan mengoleskan air kelapa ke kulit yang mengalami stretch mark. Air kelapa memiliki banyak kandungan seperti Vitamin C, asam folat, asam nikotinat, asam pantotenat, biotin dan riboflavin.

  1. Menjaga Pola Makan

Selain melakukan perawatan dari luar, cara menghilangkan stretch mark lainnya adalah dengan menjaga pola makan yang sehat. Mengonsumsi buah-buahan dan sayuran yang memang memiliki kandungan untuk kesehatan kulit, serta mengurangi konsumsi makanan berlemak dan berminyak.

Kalau ibu ingin tahu lebih banyak mengenai cara menghilangkan stretch mark, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan informasi sejelasnya. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor ibu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.