• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 5 Manfaat Olive Oil untuk Wanita
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 5 Manfaat Olive Oil untuk Wanita

Ini 5 Manfaat Olive Oil untuk Wanita

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 28 September 2020
Ini 5 Manfaat Olive Oil untuk Wanita Ini 5 Manfaat Olive Oil untuk Wanita

Halodoc, Jakarta - Minyak zaitun atau olive oil telah lama diketahui memiliki manfaat baik untuk tubuh. Entah itu kamu meminumnya atau memijatnya langsung ke kulit, kamu bisa memanfaatkan minyak zaitun secara luas. Minyak zaitun yang berkualitas mengandung kaya vitamin E dan K, dikemas dengan antioksidan dan asam lemak esensial. 

Menambahkan tiga sendok makan minyak zaitun ke dalam makanan setiap hari dapat mencegah kanker, penyakit kronis, dan membantu menurunkan berat badan. Menambahkan tiga sendok makan bahan-bahan tersebut ke dalam makanan setiap hari mampu mencegah risiko kanker, penyakit kronis, dan membantu menurunkan berat badan.

Baca juga: Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Kulit

  • Meningkatkan Kesuburan Wanita

Bagi wanita, mengonsumsi minyak zaitun dapat meningkatkan angka kehamilan hingga 40 persen. Peningkatan asupan lemak omega 3 yang terkandung dalam minyak zaitun, menyebabkan perkembangan embrio lebih cepat selama program hamil atau bayi tabung dilakukan. 

Mungkin kamu mengetahui bahwa asupan lemak dalam makanan dapat mempengaruhi kesuburan wanita. Perlu diingat bahwa tidak semua lemak baik untuk kesehatan. Lemak jahat harus dihindari seperti lemak trans dan lemak jenuh. Sementara itu, minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh tunggal yang dapat meningkatkan angka kehamilan. 

  • Mencegah Stroke

Stroke disebabkan oleh terganggunya aliran darah ke otak, baik akibat penggumpalan darah atau pendarahan. Ditemukan bahwa minyak zaitun adalah satu-satunya sumber lemak tak jenuh tunggal yang berkaitan dengan penurunan risiko stroke dan penyakit jantung. 

  • Melindungi Kesehatan Jantung

Minyak zaitun adalah salah satu bahan utama dalam diet yang bermanfaat untuk melindungi penyakit jantung. Minyak zaitun dapat menurunkan peradangan, melindungi kolesterol LDL “jahat” dari oksidasi, memperbaiki lapisan pembuluh darah dan dapat membantu mencegah penggumpalan darah yang berlebihan. 

  • Bersifat Antibakteri

Minyak zaitun telah terbukti memiliki sifat antibakteri. Minyak zaitun terkadang dapat digunakan untuk mengobati infeksi bakteri pada kulit. Ini juga dapat meningkatkan penyembuhan pada pengidap tukak kaki yang disebabkan oleh diabetes tipe 2. 

  • Melembapkan Kulit dan Rambut

Minyak zaitun dapat digunakan sebagai pelembap alami dan sering digunakan untuk melembutkan kulit dan rambut. 

Baca juga: Wow, Ternyata Minum Minyak Zaitun Itu Menyehatkan!

Cara Menggunakan Minyak Zaitun pada Kulit

Minyak zaitun adalah bahan dalam banyak produk perawatan tubuh, termasuk pembersih wajah, sabun mandi, dan losion. Cara lainnya untuk menggunakan minyak zaitun pada kulit meliputi:

  1. Pelembap dan Perawatan Setelah Berjemur. Beberapa orang menggunakan minyak zaitun sebagai pelembap dengan mengoleskannya langsung ke kulit. Minyak zaitun bermanfaat apabila diaplikasikan setelah kulit terpapar sinar matahari. 
  2. Eksfoliator. Untuk pengelupasan kulit mati, kulit kering atau bersisik, kamu dapat mencampurkan minyak zaitun dengan garam laut sebagai scrub. 
  3. Pembersih Makeup. Minyak zaitun dapat memecah zat tahan air di riasan mata, sehingga lebih mudah dibersihkan. 
  4. Masker. Orang yang memiliki kulit kering sebaiknya menggunakan masker wajah berbahan dasar minyak zaitun. Minyak zaitun yang dicampur dengan bahan seperti putih telur, madu, atau ground oat dapat melembutkan dan melembapkan wajah. 
  5. Menyembuhkan Bekas Luka. Vitamin dan antioksidan dalam minyak zaitun dapat memudarkan bekas luka dengan membantu regenerasi sel kulit. Caranya, cukup pijat minyak yang tidak diencerkan di atas bekas luka untuk mengatasi area hiperpigmentasi, di mana kulit menjadi gelap karena jaringan parut. 

Baca juga: Kenali Manfaat Minyak Zaitun bagi Kesehatan Tubuh

Itulah manfaat minyak zaitun yang perlu kamu ketahui. Jika kamu tidak mendapatkan manfaat setelah menggunakan minyak zaitun untuk mengatasi masalah yang kamu alami, segera bicarakan pada dokter melalui aplikasi Halodoc untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang!

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2020. Is olive oil a good moisturizer for your face?
Women’s Health. Diakses pada 2020. These Are The Biggest Health Benefits Of Olive Oil
Healthline. Diakses pada 2020. 11 Proven Benefits of Olive Oil