• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 8 Jenis Kanker yang Umum Menyerang Anak

8 Jenis Kanker yang Umum Menyerang Anak

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Ketika mendengar kanker, pasti yang langsung terlintas di otak adalah penyakit serius yang sulit diobati. Mengobati kanker memang tidak mudah karena penyakit ini cenderung menyebar dengan cepat. Kanker yang tidak segera ditangani dapat berakibat fatal pada pengidapnya.

Kanker juga penyakit yang tidak memandang usia. Anak-anak adalah individu yang rentan terserang penyakit ini. Alasannya, sistem kekebalan tubuh anak-anak cenderung belum terbentuk sempurna seperti orang dewasa. Dari banyaknya jenis kanker, berikut ini jenis yang sering menyerang anak-anak:

Baca Juga: 10 Gejala Kanker Pada Anak, Jangan Abaikan!

  1. Leukemia

Leukemia adalah jenis kanker yang sering menyerang anak-anak. Kanker ini muncul ketika sumsum tulang sudah tidak mampu menghasilkan sel darah merah. Leukemia atau kanker darah menimbulkan seperti nyeri tulang dan persendian, kelelahan, kelemahan, kulit pucat, pendarahan atau memar, demam, penurunan berat badan, dan gejala lainnya.

  1. Tumor Otak dan Sumsum Tulang Belakang

Melansir dari American Cancer Society, tumor otak dan sumsum tulang termasuk kanker paling sering menyerang anak-anak selain leukimia. Kanker otak umumnya dimulai pada bagian bawah otak, seperti otak kecil atau batang otak. Gejalanya seperti sakit kepala, mual, muntah, pandangan kabur atau ganda, pusing, kejang, kesulitan berjalan dan gejala lainnya.

Kalau Si Kecil mengalami gejala-gejala di atas, segera periksakan ke dokter untuk dipastikan lebih lanjut. Sebelum mengunjungi rumah sakit, ibu bisa memesan janji dengan dokter terlebih dahulu melalui aplikasi Halodoc. Tinggal pilih dokter di rumah sakit yang tepat sesuai dengan kebutuhan lewat aplikasi.

  1. Neuroblastoma

Melansir dari American Cancer Society, neuroblastoma adalah kanker yang dapat dimulai dalam masa kandungan. Oleh sebab itu, kanker ini sering menyerang anak-anak berusia di bawah 10 tahun. Neuroblastoma adalah kanker yang berkembang di jaringan saraf dan dapat muncul di bagian tubuh mana pun. Jika tidak segera diobati, kanker dapat berkembang dan menyebabkan organ yang terkena mengalami pembengkakan, nyeri tulang, dan demam.

  1. Retinoblastoma

Selain neuroblastoma, retinoblastoma adalah kanker lain yang menyerang anak di bawah usia 10 tahun. Kanker ini berkembang di bagian mata, khususnya pada retina. Retinoblastoma ditandai dengan pupil kemerahan akibat pecahnya pembuluh darah di bagian belakang mata.

Baca Juga: Inilah Pentingnya Dukungan Moril bagi Si Kecil Pengidap Kanker

  1. Tumor Wilms

Tumor Wilms atau nephroblastoma adalah jenis tumor bersifat kanker yang memengaruhi kedua ginjal. Kanker ini biasanya menyerang anak-anak berusia 3-4 tahun. Munculnya tumor Wilms ditandai pembengkakan atau benjolan di perut dan gejala berupa demam, sakit, mual, atau nafsu makan yang buruk.

  1. Limfoma

Limfoma berasal dari kata limfosit. Artinya, jenis kanker menyerang limfosit. Munculnya kanker limfoma ditandai dengan kelenjar jaringan getah bening yang meradang. Tidak hanya kelenjar getah bening, kanker ini mempengaruhi sumsum tulang dan organ lainnya. Gejalanya dapat berbeda-beda tergantung pada tempat kanker berada. Umumnya, kanker limfosit menimbulkan gejala seperti penurunan berat badan, demam, berkeringat, kelelahan, dan pembengkakan kelenjar getah bening.

  1. Rhabdomyosarcoma

Rhabdomyosarcoma adalah jenis kanker yang memengaruhi otot-otot yang mengontrol pergerakan bagian-bagian tubuh. Jenis kanker ini berisiko menyebar seluruh tubuh, termasuk kepala dan leher, pangkal paha, perut, panggul, atau di lengan atau kaki.

Baca Juga: Anak Yulia Balstchun Meninggal karena SIDS, Ini 3 yang Diwaspadai Ibu

  1. Kanker Tulang

Ada dua jenis kanker tulang yang sering menyerang anak-anak, yaitu osteosarkoma dan sarkoma ewing. Osteosarkoma adalah jenis kanker yang dapat berkembang dengan cepat di dekat ujung tulang panjang di kaki atau lengan. Gejala ditandai dengan nyeri tulang yang memburuk di malam hari atau saat menjalankan aktivitas biasa. Sedangkan sarkoma ewing dapat memengaruhi tulang panggul, tulang rusuk atau di tengah tulang kaki panjang.

Itulah beberapa jenis kanker yang umum menyerang anak dan wajib diwaspadai oleh orangtua. Mengingat kanker adalah jenis penyakit yang dapat menyebar dengan cepat, sebaiknya kenali gejala awalnya dengan baik.

Referensi:
American Cancer Society (2020). Cancers that Develop in Children.
WHO (2020). Cancer In Children.