27 April 2018

Tumor Wilms, Waspadai Gejalanya pada Anak

Tumor Wilms, Waspadai Gejalanya pada Anak

Halodoc, Jakarta — Tumor Wilms atau nefroblastoma merupakan tumor ginjal yang jarang terjadi dan biasanya menyerang anak-anak berusia 3-4 tahun, terutama anak laki-laki. Tumor ini umumnya hanya menyerang 1 bagian ginjal saja, walau tidak tertutup kemungkinan keduanya. Risiko terkena penyakit ini akan menurun setelah anak memasuki usia 5 tahun.

Belum diketahui secara pasti penyebab tumor Wilms. Namun, beberapa faktor diduga meningkatkan risiko seorang anak mengalaminya, seperti obat-obatan, bahan kimia yang dikonsumsi, dan ras. Faktor lain yang diduga memicu risiko tumor Wilms adalah:

  1. Faktor Genetika

Meskipun faktor genetika tertentu meningkatkan risiko seorang anak terkena tumor Wilms, tetapi kondisi ini tidak diturunkan langsung dari orang tua.

  1. Kelainan sejak Lahir

Sekitar 10 persen kasus tumor Wilms terjadi akibat kelainan yang dialami sejak lahir.

  1. Penyakit atau Sindrom

Beberapa penyakit atau sindrom juga dapat memicu munculnya tumor Wilms, misalnya sindrom WAGR (gabungan berbagai kondisi mulai dari aniridia, kelainan pada genital, sistem urine, dan keterbelakangan mental), sindrom Denys-Drash (gabungan penyakit ginjal dan kelainan pada testikel pria) atau sindrom Beckwith-Wiedemann (meliputi organ perut yang menonjol pada dasar tali pusar, macroglossia dan organ internal yang membesar).

Penyakit ini bisa dikenali dari gejala yang ditimbulkannya. Yakni rasa sakit atau pembengkakan pada bagian perut, demam, perubahan warna pada urine atau adanya darah pada urine, konstipasi, mual dan muntah, merasa lemas dan cepat lelah, nafsu makan menurun, tekanan darah tinggi, dan pertumbuhan tubuh yang tidak seimbang.

Jika kamu menemukan gejala kanker pada anak ini sebaiknya lakukan penanganan sesegera mungkin. Kamu juga bisa bertanya kepada para dokter ahli di aplikasi Halodoc melalui layanan video/voice call atau chat. Selain itu di aplikasi Halodoc, kamu juga bisa membeli vitamin dan obat-obatan serta cek lab tanpa harus keluar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play sekarang.