• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 8 Kebiasaan yang Dapat Sebabkan Pusing Mendadak

8 Kebiasaan yang Dapat Sebabkan Pusing Mendadak

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
8 Kebiasaan yang Dapat Sebabkan Pusing Mendadak

Halodoc, Jakarta - Pusing merupakan sensasi, seperti melayang, berputar, kliyengan, atau merasa seolah-olah ingin pingsan. Kondisi ini bisa dialami siapa saja dengan intensitas yang berbeda pada masing-masing pengidap. Pertanyaannya adalah, pernahkah kamu merasa pusing secara tiba-tiba? Jika pernah, kamu perlu mengetahui beberapa kebiasaan yang menjadi penyebab pusing mendadak. Berikut ini beberapa kebiasaan tersebut:

Baca juga: Sering Pusing Bukan Berarti Kena Kanker Otak

1. Bangun Terlalu Cepat dari Posisi Duduk

Penyebab pusing mendadak yang pertama adalah bangun terlalu cepat dari posisi duduk. Pusing terjadi akibat peredaran darah di kepala belum bergerak secara lancar. Dalam istilah medis, kondisi tersebut dinamai dengan hipotensi ortostatik, terjadi karena ada penurunan tekanan darah secara drastis ketika bangun dari posisi duduk. 

2. Adanya Masalah di Telinga Bagian Dalam

Adanya masalah di telinga bagian dalam menjadi penyebab pusing mendadak yang berkaitan dengan vertigo. Hal tersebut dipicu oleh tidak berfungsinya saluran telinga bagian dalam sementara, sehingga memicu rasa pusing parah dan gerakan mata yang tidak terkendali. Dalam istilah medis, kondisi tersebut dinamai dengan nystagmus.

Jika sudah terkena, vertigo bukanlah sakit yang bisa sembuh dalam waktu yang cepat. Membutuhkan waktu beberapa hari untuk sembuh dengan sendirinya. Jika ingin lebih cepat, kamu bisa diskusikan gejala yang dialami dengan dokter di aplikasi Halodoc untuk menentukan langkah perawatan yang tepat.

3. Mengalami Migrain

Pusing mendadak bisa dialami oleh seseorang yang mengidap migrain dalam intensitas yang parah. Gangguan ini sangat umum dialami dan ditandai dengan sakit kepala mendadak. 

4. Memiliki Gula Darah Rendah

Memiliki gula darah rendah dalam tubuh akan membuat kamu merasa kedinginan, sering berkeringat, mengalami peningkatan detak jantung, serta lebih sering marah. Gula darah rendah memiliki nama medis lain, yaitu hipoglikemia. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, kamu disarankan untuk mengonsumsi makanan seimbang dengan kandungan protein dan karbohidrat.

Baca juga: Kepala Sering Pusing? Lakukan Cara Ini untuk Mengatasinya

5. Memiliki Tekanan Darah Rendah

Tekanan darah manusia diukur dengan sistolik (tekanan darah berada di angka atas, yaitu 120), dan diastolik (tekanan darah berada di angka rendah, yaitu 80). Pusing secara mendadak terjadi karena tekanan darah sistolik terlalu rendah, sehingga tidak memungkikan untuk mengalirkan darah yang cukup ke otak. Kondisi tersebut biasanya terjadi ketika tekanan sistolik kurang dari 80.

 6. Faktor Usia

Penyebab pusing mendadak selanjutnya adalah faktor usia. Ketidakseimbangan biasanya terjadi akibat penurunan penglihatan, serta penurunan kemampuan telinga dan otak, yang terjadi seiring dengan bertambahnya usia.

7. Kurang Minum Air Putih

Saat tubuh tidak mendapatkan pasokan air dibutuhkan, maka akan membuat volume darah akan turun, sehingga menurunkan tekanan darah pun ikut turun. Kondisi tersebut dapat menghalangi otak untuk mendapatkan aliran darah yang cukup.

8. Kekurangan Zat Besi

Kekurangan zat besi sering dikaitkan dengan anemia. Untuk mengetahui tingkat zat besi dalam tubuh, kamu disarankan untuk melakukan tes darah secara rutin. Bukan itu saja, kamu juga disarankan untuk mengonsumsi kacang merah, bayam, atau makanan yang mengandung tinggi zat besi lainnya.

Baca juga: Penyebab Vertigo yang Perlu Diketahui

Itulah beberapa kondisi yang menjadi penyebab pusing mendadak. Pusing sebenarnya bukanlah kondisi yang mengkhawatirkan. Gangguan kesehatan tersebut dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu beberapa jam saja. Jika setelah seharian penuh pusing tidak kunjung membaik, maka kamu disarankan untuk memeriksakan diri di rumah sakit terdekat untuk melakukan langkah pengobatan yang tepat, sekaligus mendeteksi penyebab dari pusing yang dialami.

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2021. Why Am I Dizzy?
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Dizziness.
Healthline. Diakses pada 2021. What Causes Dizziness and How to Treat It.