• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 8 Makanan Untuk Kulit Sehat Sepanjang Tahun
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 8 Makanan Untuk Kulit Sehat Sepanjang Tahun

8 Makanan Untuk Kulit Sehat Sepanjang Tahun

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 20 Mei 2022

“Salah satu cara untuk menjaga kesehatan kulit adalah dengan menutrisinya dari dalam. Ada sejumlah makanan untuk kulit yang baik dikonsumsi karena mengandung berbagai nutrisi penting untuk mendukung kulit tetap sehat.”

8 Makanan Untuk Kulit Sehat Sepanjang Tahun

Halodoc, Jakarta – Tinggal di negara beriklim tropis, seperti di Indonesia, membuat kulit rentan terkena masalah. Apalagi belakangan ini cuaca semakin panas, sehingga membuat kulit jadi lebih mudah kering dan bahkan terancam penuaan dini akibat paparan sinar UV dan radikal bebas.

Nah, ada sejumlah makanan yang bisa membuat kulit sehat sepanjang tahun. Jadi, jangan hanya merawat kulit dari luar saja, penting juga untuk memenuhi nutrisi kulit dari dalam dengan mengonsumsi makanan sehat untuk kulit. Yuk, simak ulasannya di sini.

Daftar Makanan untuk Kulit Sehat

Berikut beberapa makanan yang bisa membantu kamu menjaga kulit tetap sehat sepanjang tahun:

1. Pepaya

Buah yang satu ini tak hanya baik untuk pencernaan, tapi juga untuk memenuhi kebutuhan vitamin C. Saat cuaca sedang panas, sinar matahari bisa mengganggu kesehatan kulit. Dengan mengonsumsi papaya, kamu bisa mendapatkan asupan vitamin C yang bermanfaat untuk meningkatkan produksi kolagen dan elastisitas kulit.

2. Alpukat

Makanan untuk kulit yang satu ini mengandung vitamin E dan dapat melawan radikal bebas yang berdampak negatif untuk kulit. Rajin mengonsumsi alpukat dapat membuat kulit bersinar dan lebih segar.

3. Biji Rami

Makanan super yang satu ini masih jarang dikenal padahal memiliki banyak manfaat. Kandungan minyak sehat yang terkandung dalam biji rami bisa membantu menghidrasi serta memperbaiki sel kulit. Selain itu, biji rami juga mengandung omega 3 yang bermanfaat besar untuk kulit.

4. Kerang

Bahan dasar dari sunscreen adalah zinc yang tak hanya mencegah pengaruh sinar UV, tapi juga mencegah kerusakan sel kulit. Nah, makanan sehat untuk kulit yang mengandung zinc tinggi adalah kerang atau tiram.

5. Melon Oranye

Disebut juga cantaloupe, melon oranye sangat segar untuk dikonsumsi dengan rasa manis yang khas dan kaya akan beta karoten. Buah ini mengandung antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas. Tubuh akan mengubah beta karoten menjadi vitamin A yang bermanfaat untuk membantu sel-sel kulit untuk tumbuh dan memperbaiki diri dari dalam.

6. Sarden

Jika membahas makanan untuk kulit sehat, kamu mungkin tidak akan langsung terpikir dengan jenis ikan yang satu ini. Ikan sarden mengandung DMAE atau dimethylaminoethanol yang banyak digunakan pada produk kecantikan karena membantu produksi kolagen. 

Selain itu, ikan ini juga membantu menghidrasi kulit dengan cara menarik air untuk naik ke permukaan kulit. Tak hanya itu, sarden juga kaya akan omega 3 dan kalsium.

7. Air

Air memang bukan jenis makanan, tapi bila berbicara mengenai kulit sehat, sangat penting untuk memenuhi asupan air. Terutama jika cuaca sedang sangat panas. Kulit membutuhkan kelembapan agar tetap fleksibel. Bahkan dehidrasi ringan sekalipun bisa membuat kulit kamu tampak kering, lelah, dan kusam. Karena itu, minumlah air putih minimal 2 liter atau 8 gelas setiap hari.

8. Cokelat Hitam

Camilan manis yang satu ini juga bisa menjadi makanan untuk kulit sehat, karena kaya akan flavanol kakao yang membantu melembabkan kulit dan meningkatkan sirkulasi. Kakao kaya akan antioksidan dan mineral yang memiliki efek antiinflamasi pada kulit.

Pola Makan Untuk Mendapatkan Kulit Sehat

Meskipun beberapa makanan tertentu mungkin lebih bermanfaat bagi kulit daripada yang lain, penting untuk tetap mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Makan makanan yang kaya akan berbagai antioksidan dan nutrisi membantu tubuh untuk mendukung kesehatan kulit.

Selain itu, penting juga untuk menghindari makanan olahan seperti makanan yang mengandung gula halus dan karbohidrat dalam jumlah tinggi. Sebab kelompok makanan tersebut bisa mempercepat proses penuaan kulit. Terlalu banyak mengonsumsi kafein juga bisa menyebabkan efek dehidrasi yang membuat kulit kering.

Selain dari makanan, kamu juga bisa memenuhi kebutuhan nutrisi untuk kulit kamu dengan mengonsumsi vitamin dan suplemen. Cek kebutuhan obat dan vitamin kamu melalui aplikasi Halodoc saja. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.

Referensi:
Prevention. Diakses pada 2022. 25 Best Foods For Your Skin.
BBC Good Food. Diakses pada 2022. Eat your way to fabulous skin.
Medical News Today. Diakses pada 2022. What are some skin-friendly foods?