19 December 2018

8 Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi Pengidap Prediabetes

makanan prediabetes

Halodoc, Jakarta - Bagi kamu yang yang sedang mengalami diabetes atau memiliki riwayat diabetes dalam keluarga, sangat penting untuk memperhatikan dan menjaga gula darah dengan baik. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi makanan prediabetes.

Apabila saat ini gula darah kamu sudah meningkat, kamu harus melakukan berbagai hal untuk membuatnya kembali normal. Selain mengonsumsi obat-obatan dari dokter, kamu juga dapat menurunkan gula darah dan memperbaiki pola makan. Lalu apa saja yang sebaiknya dikonsumsi pengidap diabetes?

  1. Ikan dengan Asam Lemak Omega 3

Bukan hanya gula atau makanan manis saja yang harus dihindari pengidap diabetes, kamu juga harus membatasi makanan yang berlemak tinggi. Nah, sebagai gantinya kamu dapat memilih makanan yang mengandung lemak baik, seperti ikan dengan omega 3.

Sudah terbukti bahwa ikan yang mengandung omega 3 dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap normal. Terlebih lagi, ikan termasuk makanan yang kaya akan protein dan dapat membuat kamu kenyang lebih lama. Dengan begitu pun, kamu akan terjaga dari asupan kalori yang berlebihan dan tidak mudah lapar. Pilih ikan yang rendah lemak dan tinggi omega 3 seperti salmon, tuna, kembung, dan halibut (ikan sebelah).

  1. Telur

Sumber protein lain yang bisa kamu andalkan sebagai makanan prediabetes untuk menjaga kadar gula darah normal adalah telur. Sebab, telur diketahui memiliki kandungan protein yang tinggi dan rendah lemak. Pasalnya, telur tidak mengandung nilai indeks glikemik sedikit pun, sehingga bisa menjadi pilihan sumber protein yang tepat bagi kamu yang mengalami prediabetes atau pun memiliki peluang tinggi terkena diabetes.

Putih telur memiliki protein yang cukup banyak, sehingga dapat membantu mencukupi kebutuhan protein harian kamu. Supaya tetap sehat, kamu dapat mengolah telur dengan cara direbus.

  1. Whole Grain (Biji-Bijian Utuh)

Makanan yang terbuat dari whole grain atau biji-bijian utuh adalah makanan yang aman bagi gula darah dan tidak akan membuatnya melonjak tiba-tiba. Contoh dari kelompok makanan ini adalah roti gandum, nasi merah, atau oatmeal. Meskipun termasuk ke dalam kelompok karbohidrat, jenis karbohidrat yang satu ini justru akan membantu membuat kadar gula darah normal. Karbohidratnya yang kompleks dan mengandung serat dapat membuat kamu kenyang lebih lama. Dengan begitu, kamu pun bisa menahan untuk tidak ngemil makanan manis.

  1. Sayur-Sayuran

Berteman baiklah dengan segala jenis sayuran jika kamu ingin terbebas dari risiko diabetes. Sayuran merupakan sumber serat, vitamin, dan mineral yang cukup manjur dalam mengendalikan kadar gula darah. Bahkan, mengonsumsi sayur dapat menurunkan risiko naiknya gula dan diabetes hingga 14 persen.

Maka itu, jangan lupa untuk selalu menyediakan sayur dalam setiap menu makanan kamu. Anjuran makan sayuran yang harus dimakan dalam satu hari adalah sebanyak 250 gram sayur, atau setara dengan dua setengah porsi sayur yang telah dimasak.

  1. Buah Alpukat

Buah alpukat tidak hanya berserat, tapi juga menjadi sumber lemak bagi tubuh. Lemak tak jenuh tunggal yang terkandung di dalamnya sudah terbukti dalam membantu mengendalikan kadar gula darah. Lemak baik tersebut bekerja dengan cara meningkatkan kerja hormon insulin, sehingga glukosa tidak menumpuk di dalam darah. Jadi, dengan mengonsumsi buah alpukat, kamu dapat mengurangi risiko diabetes.

  1. Bawang Putih

Mungkin tidak semua orang menyukai bawang putih, apalagi baunya. Namun, perlu kamu tahu khasiat di baliknya yang telah terbukti dapat membantu mengontrol gula darah. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa makan bawang putih sebelum makan besar dapat menormalkan kadar gula darah. Bahkan, bawang putih juga dapat membantu menjaga kadar kolesterol serta lemak di dalam tubuh. Tentu, kadar kolesterol yang normal juga akan berdampak baik bagi gula darah.

  1. Kakao

Tentu kamu sudah tahu bahwa kakao merupakan bahan dasar cokelat. Ternyata, kakao justru baik untuk menurunkan gula darah yang meningkat di dalam tubuh. Sayangnya, kakao yang dimaksud bukanlah kakao yang diolah jadi coklat manis. Kakao yang digunakan untuk menurunkan kadar gula darah adalah benih kakao yang mengandung antioksidan, flavanol, dan protein penting untuk tubuh. Rasanya juga pahit dan tidak ada sedikit pun mengandung pemanis, tapi baik untuk menurunkan gulokas darah.

  1. Kacang-Kacangan

Pengidap diabetes boleh saja ngemil, asalkan cemilan yang dipilih sehat dan sesuai dengan kondisi kesehatan kamu. Salah satu makanan yang dapat kamu jadikan camilan adalah kacang almond. Kacang jenis ini mengandung nilai indeks glikemik yang rendah, sehingga aman bagi kadar gula darah. Tidak hanya kacang almond, kamu juga dapat memilih kacang lain seperti kacang mete, kacang kenari, dan walnut.

Itulah makanan prediabetes yang baik dikonsumsi bagi pengidap. Jika kamu ingin lebih tahu banyak lagi tentang makanan untuk pengidap diabetes, kamu dapat menanyakannya pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Diskusi dengan dokter di Halodoc dapat dilakukan via Chat atau Voice/Video Call kapan dan di mana pun. Saran dokter dapat kamu terima dengan praktis dengan download aplikasi Halodoc di Google Play atau App Store sekarang juga.

Baca juga: