8 Manfaat Tomat untuk Kehamilan

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
8 Manfaat Tomat untuk Kehamilan

Halodoc, Jakarta - Wanita yang sedang hamil perlu berhati-hati dalam memilih makanan. Ibu hamil juga diharuskan memilih makanan bergizi untuk memastikan janin tumbuh optimal. Buah-buahan dan sayuran harus menjadi makanan pokok bagi setiap wanita hamil. Alasannya karena makanan tersebut mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan ibu dan bayinya. Tomat adalah  bahan makanan yang memiliki berbagai manfaat yang baik bagi tubuh.

Baca Juga: Ini 5 Jenis Buah Tomat yang Baik Bagi Kesehatan

Namun, tidak sedikit orang yang bingung menentukan apakah tomat adalah buah-buahan atau sayuran. Tomat aman dikonsumsi selama kehamilan. Namun, ibu hamil tidak dianjurkan mengonsumsi tomat secara berlebihan karena bisa memicu refluks asam dan mual karena kandungan asamnya. 

Manfaat Tomat untuk Kehamilan

Tomat mengandung vitamin A, Vitamin C, zat besi, kalsium, natrium dan mineral lainnya dalam jumlah yang cukup besar. Nah, berikut ini manfaat yang bisa ibu hamil peroleh dari mengonsumsi tomat, yaitu:

  1. Penambah Energi

Tomat menjadi jenis sayuran dengan sumber karbohidrat yang baik bagi tubuh. Satu tomat besar bisa mengandung hampir tiga puluh kalori. Karbohidrat penting untuk menyediakan energi vital selama kehamilan yang membantu ibu hamil agar lebih berenergi dan tidak mudah lesu. Selain itu, karbohidrat penting bagi ibu karena dapat menjaga sistem pencernaannya tetap berjalan optimal. 

  1. Kaya Vitamin

Satu tomat berukuran sedang dapat memenuhi hingga 40 persen dari dosis harian vitamin C dan hingga 20 persen dari vitamin A. Vitamin C membantu penyerapan zat besi, sementara vitamin A memperkuat sistem kekebalan tubuh, melawan infeksi, dan membantu memperbaiki jaringan yang rusak pasca kelahiran. Selain itu, tomat juga mengandung vitamin K yang mencegah kekurangan darah dan mengurangi risiko perdarahan.

  1. Mencegah Sembelit

Wanita hamil tidak hanya diharuskan mengonsumsi makanan kaya nutrisi, tetapi mereka juga perlu memastikan bahwa mereka mendapatkan nutrisi maksimal dari apa yang dikonsumsi. Kandungan serat pada tomat memastikan sistem pencernaan berjalan dengan baik. Jadi, ibu hamil tidak perlu khawatir mengalami sembelit jika rutin mengonsumsi tomat.

Baca Juga: Ini 3 Manfaat Baik Tomat Bagi Kecantikan Kulit Wajahmu

  1. Antioksidan

Lycopene, antioksidan yang kuat ternyata ditemukan dalam tomat. Likopen bekerja untuk melindungi tubuh dari kerusakan sel, preeklampsia, dan cacat lahir pada bayi.

  1. Sebagai Antiseptik Alami

Sifat antiseptik alami dari tomat membantu melawan kuman dan melindungi ibu hamil terhadap infeksi. Tentunya, hal ini bermanfaat ibu hamil yang rentan terserang infeksi di usia kehamilan muda.

  1. Mengurangi Kolesterol

Asam nikotinat yang ditemukan dalam tomat diketahui mengurangi kolesterol jahat dan trigliserida. Asam nikotinat meningkatkan fungsi jantung dan menjaga jantung tetap sehat selama kehamilan.

  1. Detoksifikasi

Banyak wanita menghadapi masalah tekanan darah selama kehamilan, tomat diketahui dapat   meningkatkan sirkulasi darah. Hubungi dokter Halodoc jika ibu ingin bertanya informasi seputar kehamilan lainnya. Lewat aplikasi Halodoc, ibu dapat menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja. Caranya mudah, tinggal download di smartphone saja, ya!

  1. Mengandung Asam Folat

Asam folat mencegah cacat tabung saraf, yakni bagian dari janin yang akhirnya berkembang menjadi tulang belakang dan otak. Tidak hanya itu, tomat mencegah terjadinya cacat lahir yang terkait dengan sistem saraf.

Baca Juga: Berkenalan Lebih Dekat dengan Program Kehamilan

Ketika ibu memutuskan untuk mengonsumsi tomat, pastikan untuk membelinya di tempat yang dipercaya. Selalu membeli tomat yang ditampilkan secara terbuka karena tomat yang dikemas dalam kotak tidak mudah untuk dinilai. Pilih tomat yang gemuk dan sedikit berbobot. Hindari membeli tomat dengan kulit memar atau cacat. Tomat yang berkualitas baik harus memiliki kulit yang halus dan mengkilap.

Referensi:
Parenting firstcry (Diakses pada 2019). Consuming Tomatoes during Pregnancy – Is It Safe?.
Life Health (Diakses pada 2019). Is It Safe To Eat Tomatoes During Pregnancy.