Ini 5 Jenis Buah Tomat yang Baik Bagi Kesehatan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Ini 5 Jenis Buah Tomat yang Baik Bagi Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Buah tomat sudah lama dikenal dengan manfaat yang baik untuk kesehatan, terutama menjaga kesehatan kulit. Dalam satu buah tomat, terdapat kandungan antioksidan alami bernama likopen yang bisa membantu memerangi efek radikal bebas penyebab kanker. Namun tak hanya untuk kulit, nyatanya buah tomat memiliki beragam manfaat, mulai dari mencukupi nutrisi tubuh hingga mencegah serangan kanker. 

Baca juga: 5 Manfaat Tomat untuk Kecantikan

Selain likopen, buah tomat juga mengandung antioksidan lain seperti polifenol, naringenin, dan chlorogenic acid. Buah tomat juga baik untuk dikonsumsi karena rendah kalori dan lemak, tetapi kaya akan karotenoid, lutein, vitamin A, vitamin C, folat, dan kalium. Buah yang satu ini banyak dan mudah ditemui di pasaran. Ada lima jenis buah tomat yang perlu kamu ketahui. 

1. Tomat Sayur 

Istilah ini dilekatkan pada jenis tomat yang umum ditemukan di pasaran. Ada juga yang menyebutnya sebagai “tomat biasa” dan memiliki ciri bentuk yang tidak teratur, tomat ini bisa saja berbentuk bulat atau sedikit lonjong. Jenis buah yang satu ini sering digunakan sebagai tambahan dalam memasak, karena memiliki tekstur yang lembut, sehingga tidak merusak masakan.

2. Tomat Apel 

Dinamakan tomat apel karena jenis tomat yang satu ini memiliki bentuk, seperti buah apel, dengan tekstur yang padat. Berbeda dengan tomat sayur, tomat apel lebih cocok untuk dijadikan jus atau dimakan langsung karena memiliki rasa yang cenderung manis. Selain dibuat jus, tomat apel juga sering digunakan untuk membuat salad buah maupun salad sayur. 

Baca juga: Ini 7 Manfaat Tomat untuk Kesehatan

3. Tomat Lonjong

Tomat gondol alias tomat lonjong juga mudah ditemukan di pasaran. Jenis tomat ini memiliki bentuk yang lonjong dan ukuran yang sedikit kecil dari tomat biasa. Meski begitu, tomat ini memiliki kulit yang lebih tebal dan bisa disimpan dalam waktu yang lebih lama. 

4. Tomat Hijau

Jenis tomat ini memiliki penampilan dan kulit berwarna hijau. Dibandingkan jenis tomat lain, tomat hijau memiliki tekstur yang lebih keras karena hanya mengandung sedikit air. Jika dilihat dari ceritanya, tomat hijau adalah jenis tomat yang dipanen sebelum waktunya. 

5. Tomat Ceri

Tomat ini memiliki ukuran yang kecil dan warna merah terang seperti buah ceri. Jenis tomat ini memiliki rasa yang cukup manis dan mengandung banyak air. Buah tomat ceri sering digunakan untuk campuran salad atau dimakan langsung. 

Selain mengetahui jenis-jenis buah tomat, ada baiknya juga untuk mengetahui apa saja manfaat sehat dari makanan ini. Nyatanya, buah tomat sudah lama dipercaya bisa mencegah atau meringankan gejala penyakit tertentu, seperti penyakit kanker, menurunkan tekanan darah tinggi, menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, menjaga kesehatan kulit, serta memelihara kesehatan mata. Selain itu, buah tomat juga baik untuk dikonsumsi pengidap penyakit diabetes, dan obesitas karena bisa membantu menjaga berat badan. 

Meski begitu, kebenaran dari manfaat sehat tomat masih membutuhkan pembuktian dan penelitian lebih lanjut. Namun, tidak ada salahnya untuk memasukkan jenis makanan ini ke dalam menu makanan sehari-hari untuk mendapat manfaat sehat dari kandungan nutrisi pada tomat. 

Baca juga: Ini 3 Manfaat Baik Tomat Bagi Kecantikan Kulit Wajahmu

Punya masalah kesehatan dan butuh saran ahli segera? Tanya dokter di aplikasi Halodoc saja. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!