8 Negara dengan Udara Terbersih di Dunia

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
udara bersih, Finlandia, Skotlandia, Selandia Baru

Halodoc, Jakarta – Sekitar 95 persen populasi dunia menghirup udara yang tidak sehat. Terungkap bahwa negara-negara termiskin lah yang paling menderita. Menurut laporan tahunan State of Global Air Report, paparan jangka panjang terhadap polusi udara menyumbang sekitar 6 juta kematian di seluruh dunia pada 2016.

Pengukuran tahunan di atas juga mengamati paparan polusi udara di berbagai negara di dunia dan efeknya pada kesehatan. Mereka menggunakan standar Air Quality Guideline WHO (Organisasi Kesehatan Dunia). Laporan itu juga menyebutkan bahwa paparan polusi udara menyebabkan stroke, serangan jantung, kanker paru-paru, dan penyakit paru-paru kronis. Alhasil, paparan polusi udara juga dapat menyebabkan banyak kematian prematur.

Mengetahui mirisnya kualitas udara di beberapa negara, ternyata masih ada kota-kota di negara-negara yang memiliki udara terbersih yang perlu kamu singgahi.

1. Madrid, Spanyol

Penduduk di kota Madrid, Spanyol, khususnya yang menetap di distrik Malasana lebih menyukai berjalan kaki atau bersepeda dibandingkan mengendarai kendaraan bermotor sebagai transportasi. Jadi, tidak heran jika kota ini termasuk yang memiliki udara paling bersih di dunia.

2. Monako

Jika menyebut kata Monako, kita akan teringat pada ajang balap mobil Formula 1. Namun siapa sangka, jika negara ini justru salah satu yang memiliki udara terbersih di benua Eropa. Menurut WHO, kota ini memiliki tingkat polutan PM 2,5 yang sangat rendah.

3. Helsinki, Finlandia

Kota ini memiliki cita-cita yang sangat luar biasa, yaitu agar penduduknya tidak membutuhkan kendaraan pribadi lagi. Dengan kata lain, transportasi umum di tempat ini sangatlah diperhatikan. Bahkan, saat ini sudah ada lebih dari 3.800 kilometer jalur khusus sepeda.

4. Montevideo, Uruguay

Kota ini berada di daerah tropis, tetapi udara bersih masih bisa dirasakan di sini. Montevideo mampu mewujudkannya, bahkan dengan statusnya sebagai kawasan pesisir. Pemerintah kotanya berkomitmen untuk tidak mencemari udara Montevideo.

5. Edinburgh, Skotlandia

Dulu, kota ini tidak jauh berbeda dengan kota-kota dengan udara tercemar lain di seluruh dunia. Namun, kota ini bertransformasi menjadi kota dengan udara bersih, bahkan lebih bersih dari beberapa kota besar lain di Eropa.

6. Ottawa, Kanada

Sekitar tahun 1950-an, masterplan kota Kanada memasukkan sekitar 202 kilometer persegi sebagai Kawasan hijau yang tidak boleh diutak-atik. Secara tidak langsung mereka membiarkan alam bekerja untuk menciptakan keseimbangan. Alhasil, saat ini Ottawa menjadi salah satu kota terbersih di dunia.

7. Wellington, Selandia Baru

Para wisatawan banyak yang menjadikan kota pesisir di Selandia Baru ini sebagai tujuan untuk bersantai, sembari menikmati udara segar. Meski sudah menyandang predikat kota dengan udara bersih di dunia, pemerintah kota Wellington memiliki ambisi terkait energi alternatif dan program pengolahan sampah.

8. Stockholm, Swedia

Pemenang kota terhijau dan terbersih layak diberikan untuk kota ini. Meskipun sudah mendapatkan predikat tersebut, pemerintah kota Stockholm masih ingin mengurangi tingkat emisi karbon sebanyak 25 persen.

Mengetahui informasi ini, pasti kamu ingin berkunjung ke kota-kota di atas, kan? Tidak ada salahnya kita memasukkan kriteria kota dengan udara terbersih sebagai destinasi traveling, selain menyenangkan, kamu juga akan mendapat asupan udara bersih selama di sana.

Apabila kamu memiliki kendala tentang udara yang tercemar yang mengakibatkan efek negatif bagi tubuh, kamu bisa juga mendiskusikannya pada dokter di Halodoc. Informasi kesehatan dari dokter di Halodoc bisa kamu peroleh dengan cara Chat atau Voice/Video Call kapan pun dan di mana pun. Jadi, jangan pernah ragu untuk download aplikasinya, ya!

Baca juga: