• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 8 Penyakit yang Bisa Menyerang Sendi dan Tulang

8 Penyakit yang Bisa Menyerang Sendi dan Tulang

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
8 Penyakit yang Bisa Menyerang Sendi dan Tulang

Halodoc, Jakarta – Sendi dan tulang adalah dua bagian penting dalam pergerakan tubuh. Sendi yang sehat seperti pergelangan tangan, bahu, lutut, pergelangan kaki, dan sendi jari memungkinkan seseorang untuk bergerak dengan mudah. Sedangkan, beberapa bagian tulang seperti tulang paha dan humerus (lengan atas) juga berkontribusi pada pergerakan. 

Maka dari itu, menjaga kesehatan tulang sangat penting untuk menunjang aktivitas harian. Tulang juga memiliki beberapa fungsi penting lainnya. Salah satunya untuk melindungi organ-organ dalam tubuh kamu, seperti tengkorak yang melindungi otak. Penting untuk mengetahui beberapa kelainan yang dapat terjadi pada tulang dan sendi. Berikut ulasan lengkapnya!

Beberapa Kelainan pada Tulang dan Sendi

Tulang dan sendi memainkan peran penting dalam memberikan tubuh kemampuan fisiknya, termasuk bergerak. Jelas, kesehatan tulang dan persendian adalah investasi yang berharga, terutama saat usia sudah tidak muda lagi. Mengabaikan bagian tubuh ini dapat menyebabkan rasa sakit kronis dan potensi kecacatan.

Itulah mengapa menjaga kesehatan sendi dan tulang sangat penting. Ini karena, penyakit tulang dapat mengganggu seluruh tubuh kamu. Ada banyak bentuk penyakit yang dapat memengaruhi sendi dan tulang, mulai dari patah kaki sampai artritis tangan yang secara bertahap dapat memburuk. Yuk, ketahui lebih lanjut di sini agar kamu bisa mewaspadainya.

Baca juga: Fungsi Tulang Kering Terganggu, Waspada Penyakit Ini

Penyakit Sendi

Artritis adalah penyakit sendi yang paling populer. Menurut The Centers for Disease Control and Prevention, pada tahun 2040 nanti, akan ada hampir 80 juta orang dewasa Amerika Serikat yang didiagnosis artritis. Ada berbagai penyakit yang memengaruhi sendi. Kelainan pada tulang dan sendi ini memiliki penyebab dan gejala yang berbeda, serta pengobatan yang berbeda. Berikut beberapa jenis penyakit sendi yang umum terjadi:

1. Osteoartritis

Osteoartritis adalah salah satu kelainan pada sendi yang paling umum. Penyakit ini terjadi ketika tulang rawan yang melapisi ujung tulang di persendian mengalami “keausan” seiring bertambahnya usia. Akibatnya, sendi akan terasa kaku dan nyeri, terutama ketika bergerak. Orang dewasa berusia 50 tahun ke atas dan wanita lebih berisiko untuk mengalami penyakit kronis dan progresif ini.

2. Rheumatoid Arthritis

Rheumatoid arthritis adalah kondisi autoimun yang memengaruhi lapisan sendi. Sel-sel sistem kekebalan tubuh yang biasanya tidak ada di dalam sendi, malah menumpuk di sendi dalam jumlah besar. Ketika sel-sel kekebalan berinteraksi dengan sel-sel sendi lokal, kelainan pada sendi ini bisa menyebabkan peradangan yang terus meningkat, sehingga kerusakan dan penghancuran tulang rawan dan tulang akhirnya dapat terjadi.

3. Spondyloarthritis

Dikenal juga sebagai spondylitis, istilah ini mencakup penyakit rheumatoid tertentu lainnya. Contohnya, spondilitis aksial yang merupakan peradangan di tulang belakang yang akhirnya dapat menyebabkan fusi tulang belakang atau spondylitis ankiolosa. 

Selain itu, ada juga artritis enterohepatik yang merupakan komplikasi yang mungkin dapat terjadi akibat penyakit radang usus, seperti kolitis ulserativa. Dan artritis psoriatik, yang berhubungan dengan kondisi kulit, yaitu psoriasis, yang cenderung memengaruhi persendian tangan dan kaki.

4. Lupus

Kondisi autoimun ini dapat memengaruhi berbagai bagian tubuh, termasuk kulit, organ dalam, darah, otak, tulang, dan persendian. Peradangan yang disebabkan oleh lupus dapat memicu radang sendi, terutama di tangan, siku, bahu, lutut dan kaki.

Baca juga: Lutut Sakit Ketika Digerakkan? Awas, Ini Penyebabnya

Penyakit Tulang

Berikut ini penyakit tulang yang umum terjadi pada orang dewasa dan anak-anak:

5. Osteoporosis

Osteoporosis merupakan kelainan pada tulang merupakan jenis penyakit tulang yang paling umum. Gangguan pada tulang ini terjadi saat pengeroposan pada tulang yang menyebabkan bagian tubuh tersebut melemah dan lebih rentan patah. Penyakit tulang ini sering menyebabkan kerusakan tanpa disadari pengidapnya. Menurut Institut Nasional Arthritis dan Penyakit Muskuloskeletal dan Kulit, lebih dari 53 juta orang di Amerika Serikat mengidap osteoporosis atau berisiko tinggi untuk mengembangkannya.

6. Penyakit Tulang Metabolik

Osteoporosis sebenarnya termasuk salah satu dari beberapa kelainan pada tulang metabolik. Penyakit ini adalah gangguan kekuatan tulang yang disebabkan oleh kekurangan mineral atau vitamin (seperti vitamin D, kalsium, atau fosfor) yang mengakibatkan massa atau struktur tulang yang tidak normal.

Jenis penyakit tulang metabolik, antara lain osteomalasia (pelunakan tulang), hiperparatiroidisme (rendahnya kalsium tulang akibat kelenjar yang terlalu aktif), penyakit Paget tulang dan gangguan perkembangan tulang yang memengaruhi anak-anak.

7. Patah Tulang

Fraktur akut biasanya disebabkan oleh trauma, meskipun kondisi tersebut juga dapat dikaitkan dengan kanker tulang. Patah tulang juga tergantung usia orang yang mengalaminya. Misalnya, anak-anak lebih berisiko mengalami patah tulang pergelangan tangan ketika jatuh saat berolahraga atau bermain. Namun, patah tulang yang dialami anak-anak lebih cepat sembuh, karena tulang mereka lebih fleksibel dan kuat.

Sedangkan orang dewasa yang lebih tua, rentan mengalami jatuh dan cedera pinggul karena masalah keseimbangan. Oleh karena tulang mereka lebih rapuh, orangtua juga lebih berisiko mengalami patah tulang pinggul. 

Baca juga: 8 Jenis Patah Kaki yang Dapat Dialami Seseorang

8. Kanker Tulang

Menurut National Cancer Institute, kanker tulang yang berasal dari tulang atau yang disebut kanker tulang primer jarang terjadi. Kanker tulang paling sering terjadi akibat kanker yang menyebar ke tulang dari bagian tubuh lain, seperti tumor metastasis dari prostat atau kanker payudara.

Itulah beberapa kelainan pada tulang dan sendi yang berisiko terjadi jika tidak dijaga kesehatannya. Maka dari itu, penting untuk menghindari segala gangguan yang dapat membahayakan tulang dan sendi. Pastikan juga untuk selalu mengonsumsi makanan yang sehat dan rutin berolahraga agar tulang menjadi lebih padat dan sehat.

Selain itu, bila kamu mengalami gejala-gejala seperti nyeri sendi atau tulang yang tidak kunjung sembuh, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Untuk melakukan pemeriksaan, kamu bisa langsung buat janji di rumah sakit pilihan kamu lewat aplikasi Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

 
Referensi:
Health US News. Diakses pada 2021. A Patient’s Guide to Bone and Joint Diseases.
Makati Medical Center. Diakses pada 2021. 8 Common Disorders That Affect the Bones and Joints
University of Iowa Hospitals & Clinics. Diakses pada 2021. Common bone and joint conditions.