10 August 2018

9 Olahraga Asian Games yang Bisa Ditiru di Rumah

Olahraga, Asian Games, Asian games 2018

Halodoc, Jakarta – Ada banyak cabang olahraga yang dipertandingkan di Asian Games 2018. Mengingat tahun ini Indonesia menjadi tuan rumah, tidak ada salahnya untuk ikut memeriahkan perhelatan akbar Asian Games yang hanya berlangsung empat tahun sekali ini. Salah satunya adalah dengan mencoba beberapa jenis olahraga Asian Games yang bisa kamu tiru di rumah. Apa saja?

Baca juga: 4 Olahraga Asian Games yang Cocok untuk Anak

1. Basket

Basket identik dengan olahraga tim dan dilakukan di lapangan luas. Tapi, enggak ada salahnya kamu melakukan olahraga basket di halaman rumah, asalkan tersedia ring dan bola basket. Selain menyenangkan, olahraga ini bermanfaat untuk membakar kalori, melatih daya tahan tubuh, meningkatkan keseimbangan dan koordinasi tubuh, mengembangkan konsentrasi dan disiplin, serta membangun massa otot.

2. Bulu Tangkis

Ini adalah cabang olahraga yang banyak digemari masyarakat Indonesia. Kamu bisa melakukan olahraga ini di halaman rumah dengan peralatan raket, kok, serta lawan bermain. Manfaat bermain bulu tangkis adalah meningkatkan kebugaran tubuh, fungsi kognitif otak, menguatkan otot dan persendian tubuh, membantu menurunkan berat badan, serta mengurangi stres.

3. Bersepeda

Ada tiga jenis olahraga bersepeda yang dipertandingkan, yakni sepeda gunung, sepeda jalan raya, dan sepeda BMX. Untuk melakukannya, kamu membutuhkan area yang luas agar bisa berkeliling dengan sepeda, termasuk di sekitar halaman rumah. Meski hanya berkeliling kompleks rumah, bersepeda punya banyak manfaat untuk kesehatan. Antara lain untuk menurunkan risiko penyakit (seperti diabetes, kanker, penyakit jantung, dan pembuluh darah), mengendalikan berat badan, serta meningkatkan kekuatan, keseimbangan, dan koordinasi otot tubuh.

4. Bridge

Ini adalah permainan kartu untuk empat pemain yang bisa kamu mainkan di semua kesempatan, termasuk saat berkumpul dengan teman di rumah hingga turnamen profesional. Karena permainan ini mengandalkan kemampuan otak, tak heran jika olahraga ini bisa meningkatkan konsentrasi, kemampuan otak, serta membantu menjaga daya ingat (memori).

5. Sepakbola

Memang sih, dibutuhkan lapangan luas untuk melakukan olahraga ini. Tapi, enggak ada salahnya kok, kamu bermain sepakbola di rumah. Selama memiliki bola sepak, kamu bisa bermain sepakbola bersama teman atau keluarga di halaman rumah. Jika ada, kamu bisa menggunakan gawang saat bermain. Kalau tidak ada, kamu bisa mengakalinya dengan membuat batas sebagai penanda gawang. Olahraga ini bermanfaat untuk meningkatkan kebugaran tubuh, mengendalikan berat badan, membangun massa otot, serta melatih kekuatan, keseimbangan, dan fleksibilitas otot tubuh.

6. Sepatu Roda

Selain menyenangkan, olahraga ini juga bermanfaat untuk kesehatan. Di antaranya adalah melatih kekuatan otot kaki, keseimbangan tubuh, dan membantu membakar kalori.

7. Skateboard

Sama seperti sepatu roda, olahraga ini juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Antara lain untuk membakar kalori, meningkatkan ketahanan fisik, serta melatih keseimbangan tubuh dan kekuatan otot.

8. Renang

Kamu bisa melakukan olahraga ini juga memiliki kolam renang di dalam rumah. Atau, kamu bisa pergi ke kolam renang yang ada di dekat rumah. Manfaat olahraga ini antara lain untuk meningkatkan ketahanan sistem pernapasan dan kardiovaskuler, membangun massa otot, membakar kalori, serta membuat tubuh lebih rileks.

9. Tenis Meja

Olahraga ini bisa dilakukan jika kamu memiliki perlengkapan untuk bermain tenis meja di rumah, seperti bet (raket tenis meja), bola tenis, net, dan meja tenis. Jika ada, kamu bisa melakukannya di dalam rumah saat berkumpul dengan teman atau keluarga. Olahraga ini bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah, mengurangi stres, serta melatih konsentrasi dan ketajaman penglihatan.

Baca juga: Dosis Olahraga yang Dianjurkan agar Tetap Sehat

Itulah sembilan olahraga Asian Games yang bisa ditiru di rumah. Saat berolahraga, jangan lupa untuk melakukan pemanasan dan pendinginan agar terhindar dari cedera. Jika ada pertanyaan seputar cedera saat olahraga, jangan ragu untuk bertanya ke dokter Halodoc. Sebab melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa bertanya pada dokter tepercaya kapan saja dan dimana saja via Chat, dan Voice/Video Call. Jadi, yuk download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!