4 Olahraga Asian Games yang Cocok untuk Anak

Asian Games, olahraga yang cocok untuk anak,olahraga
IBU & ANAK 06 August 2018

Halodoc, Jakarta - Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta dan Palembang akan siap menyelenggarakan pesta olahraga se-Asia yang akan berlangsung pada bulan Agustus, yaitu Asian Games 2018. Bagi orangtua, sisi positif dari penyelenggaraan pesta olahraga ini adalah mereka dapat memperkenalkan kepada anak tentang beragam cabang olahraga yang cocok untuk anak.

Olahraga dengan bola, gymnastik, dan bela diri, semua olahraga ini patut diperkenalkan kepada anak agar wawasannya bertambah atau bahkan menumbuhkan minat mereka untuk menekuni olahraga tertentu.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, olahraga adalah hal yang wajib dilakukan secara rutin untuk menjaga kesehatan kita. Jika kamu berpikir kira-kira kapan waktu yang tepat untuk mengajak anak untuk berolahraga, jawabannya adalah sedini mungkin.

Dengan berolahraga secara rutin, kondisi fisik anak akan kuat dan kekebalan tubuhnya pun terjaga. Nah, jenis olahraga Asian Games yang cocok untuk anak, antara lain:

Baca juga: Ajarkan Anak Olahraga Sejak Dini, Kenapa Tidak?

  1. Trampolin

Apabila anak punya hobi melompat di tempat tidur, mungkin ini saat yang tepat untuk memperkenalkan olahraga trampolin kepada anak. Sebagai salah satu cabang olahraga yang cocok untuk anak dan akan dipertandingkan di Asian Games, olahraga trampolin yang dilakukan secara teratur akan memberikan manfaat positif.

Meski membutuhkan waktu agar anak dapat menguasai keterampilan layaknya atlet Asian Games, anak akan handal jika dia terus berlatih. Olahraga ini terbukti mengajarkan kontrol dan koordinasi otot, meningkatkan fleksibilitas, mengembangkan kemampuan motorik, serta dapat memperbaiki postur tubuh anak dengan cara yang menyenangkan.

Orangtua pun tidak perlu khawatir karena tidak memiliki alat yang memadai. Sekarang telah banyak tersedia arena trampolin dengan biaya yang terjangkau.

  1. Panahan

Kamu pasti pernah melihat di media-media bahwa orang nomor satu di Indonesia yaitu Joko Widodo ternyata gemar berlatih panahan. Ia juga mengatakan bahwa olahraga ini ternyata tidak semudah yang ia bayangkan.

Untuk orangtua yang ingin menghindari olahraga yang tinggi risiko seperti sepakbola, basket, atau beladiri, maka olahraga yang cocok untuk anak salah satunya adalah panahan. Manfaat olahraga panahan pun tidak sedikit. Olahraga ini akan meningkatkan fokus, melatih kesabaran, menumbuhkan rasa percaya diri, melatih koordinasi anggota tubuh, serta memperkuat otot.

  1. Softball

Jika bosan dengan olahraga yang dilakukan tanpa tim, kamu dapat memilih olahraga seperti softball yang dapat melatih koordinasi dan partisipasi anak dalam sebuah tim. Tidak hanya itu, olahraga yang merupakan perkembangan dari baseball ini akan memberikan anak manfaat. Di antaranya adalah melatih keseimbangan, disiplin, kekompakan, serta kepemimpinan.

  1. Bulu Tangkis

Olahraga ini adalah salah satu cabang yang paling sering dimenangkan oleh atlet Indonesia di berbagai kejuaraan. Maka dari itu, jika anak menaruh minat yang tinggi pada olahraga ini, sebaiknya orangtua menyalurkan keinginan anak tersebut. Sebab, bisa saja di masa mendatang anak akan menjadi atlet yang mengharumkan nama Indonesia.

Di klub bulu tangkis sendiri, usia yang pas untuk melatih anak olahraga ini adalah usia 4 sampai 5 tahun. Dengan latihan yang rutin, olahraga ini akan membuat kondisi tubuh Si Kecil selalu prima, melatih kemampuan sosial, serta menghindarkannya dari stres.

Baca juga: Ter-Update! Ini 6 Pilihan Olahraga Anak Muda Zaman Now

Sebetulnya masih banyak cabang olahraga Asian Games yang cocok diajarkan untuk anak. Kalau kamu punya pertanyaan lain seputar manfaat olahraga bagi anak, tanyakan saja pada dokter Halodoc. Ibu bisa bertanya pada dokter kapan saja dan di mana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Jadi, yuk download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!


Rekomendasi Artikel

DIET & NUTRISI

16 August 2018

Bosan mengonsumsi daging kambing, ayam atau sapi? Coba deh cicipi daging rusa yang tak kalah bergizinya dari k...

Selengkapnya

KEHAMILAN

16 August 2018

Kualitas sperma dan ovum dipengaruhi oleh usia, benarkah? Simak faktanya di Halodoc, yuk!...

Selengkapnya

KECANTIKAN

16 August 2018

Xerostomia merupakan kondisi yang bisa dialami sesekali oleh siapapun. Khususnya dalam kondisi gugup atau cema...

Selengkapnya