Dosis Olahraga yang Dianjurkan agar Tetap Sehat

Dosis Olahraga yang Dianjurkan agar Tetap Sehat
OLAHRAGA 16 January 2018

Halodoc, Jakarta – Olahraga adalah satu cara untuk menjaga kebugaran tubuh. Selain itu, berolahraga juga ampuh dan dipercaya dapat membantu seseorang dalam menurunkan berat badan. Alhasil, banyak orang yang terpacu untuk berolahraga, bahkan sampai melewati batas kemampuan tubuh.

Sayangnya, terlalu memaksakan diri dalam berolahraga bahkan sampai melewati batas bukanlah hal yang baik. Sebab pada dasarnya olahraga sama seperti obat. Artinya harus dilakukan sesuai dengan “dosis” agar tetap aman dan memberikan hasil yang memuaskan. Lantas, berapakah dosis yang tepat dan aman seseorang dalam berolahraga?

Rutin berolahraga setiap hari dapat menjaga keseimbangan antara energi yang masuk dan yang dikeluarkan tubuh. Karena itu, setiap orang disarankan untuk melakukan olahraga setiap hari.

Sejumlah ahli dan lembaga kesehatan menyarankan olahraga harian dilakukan dengan intensitas sedang dan durasi yang secukupnya. Yaitu olahraga intensitas sedang selama 150 menit dalam seminggu atau olahraga dengan intensitas tinggi selama 75 menit seminggu.

Kamu bisa membagi durasi ini dengan pola olahraga 30 menit dalam satu hari selama 5 hari dalam seminggu. Atau dengan pembagian lain namun dengan hasil akhir yang sama. Angka ini berlaku jika kamu bertujuan untuk menjaga kesehatan dan berat badan.

Namun jika kamu berolahraga dengan tujuan untuk menurunkan berat badan, mungkin dibutuhkan porsi yang berbeda. Yaitu dengan meningkatkan waktu berolahraga sehingga pembakaran kalori yang terjadi pun lebih banyak. Sama seperti obat, berat badan dan usia pun menjadi penentu berapa banyak olahraga yang kamu butuhkan.

Berat Badan Normal

Sekalipun kamu memiliki berat badan yang normal, tubuh tetap harus berolahraga agar tetap sehat. Namun tentu ada perbedaan intensitas dan durasi olahraga pada setiap kondisi. Orang dengan berat badan normal harus berolahraga setidaknya 30 menit dalam satu hari untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar.

Menjaga Berat Badan

Pada dasarnya olahraga juga bisa diandalkan untuk menjaga berat badan tetap seimbang. Namun perlu selalu diingat bahwa kunci dari menjaga berat badan adalah memastikan jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh sama dengan jumlah kalori yang keluar.

Maka untuk menjaga berat badan, kamu juga perlu menjaga pola makan tetap sehat. Durasi olahraga untuk menjaga berat badan pun umumnya meninkgkat, yaitu sekitar 60 menit olahraga intensitas ringan hingga sedang dalam satu hari.

Menurunkan Berat Badan

Jika kamu bertujuan untuk menurunkan berat badan, maka bersiaplah untuk menjali olahraga yang lebih “berat”. Apalagi kalau sudah terlanjur mengalami kelebihan berat badan alias obesitas. Lama olahraga untuk menurunkan berat badan adalah 90 menit dalam satu hari. Kendati demikian kamu perlu untuk memerhatikan hal lain seperti batas kemampuan tubuh.

Meskipun harus menurunkan berat badan, bukan berarti kamu diizinkan untuk melakukan olahraga yang berlebihan. Berolahraga yang baik tetap harus memerhatikan beberapa hal agar tubuh yang langsing namun tetap sehat dapat segera terwujud.

Berolahraga berlebihan malah bisa membuat tubuh mengalami kelelahan yang berkepanjangan, cedera otot dan sendi, dan masalah lainnya termasuk gangguan hormon dan tulang. Maka penting untuk memperhatikan betul “dosis” olahraga yang tepat sehingga tubuh terhindar dari hal yang tak diinginkan.

Sebelum mulai berolahraga, pastikan kamu sudah menerima saran terbaik agar tubuh tetap sehat. Pakai aplikasi Halodoc untuk bicara dengan dokter termasuk seputar olahraga yang baik dan pengaturan gizi yang tepat selama berolahraga. Download Halodoc untuk mulai menghubungi dokter lewat Video/Voice Call dan Chat, membeli obat dan menjadwalkan pemeriksaan laboratorium!


Rekomendasi Artikel

DIET & NUTRISI

16 August 2018

Bosan mengonsumsi daging kambing, ayam atau sapi? Coba deh cicipi daging rusa yang tak kalah bergizinya dari k...

Selengkapnya

KEHAMILAN

16 August 2018

Kualitas sperma dan ovum dipengaruhi oleh usia, benarkah? Simak faktanya di Halodoc, yuk!...

Selengkapnya

KECANTIKAN

16 August 2018

Xerostomia merupakan kondisi yang bisa dialami sesekali oleh siapapun. Khususnya dalam kondisi gugup atau cema...

Selengkapnya