17 March 2019

Deretan Makanan yang Harus Dihindari Kalau Kena Radang Usus

Deretan Makanan yang Harus Dihindari Kalau Kena Radang Usus

Halodoc, Jakarta - Banyak bagian dari tubuh manusia yang rentan mengalami peradangan, salah satunya usus. Radang usus sendiri merupakan kondisi ketika usus mengalami inflamasi atau peradangan. Dalam dunia medis, radang usus ini sering digunakan untuk menjelaskan dua penyakit, yaitu penyakit Crohn dan kolitis ulseratif.

Omong-omong soal usus, tentunya juga akan bersinggungan dengan makanan. Sebab, usus merupakan salah satu organ yang bekerja untuk mencerna makanan. Di samping itu, orang yang mengidap penyakit ini ternyata tak boleh sembarang mengonsumsi makanan, lho. Karena itu, pengidap radang usus mesti pintar-pintar dalam memilih makanan.

Baca juga: Jaga Kesehatan Usus, Ini Bedanya Radang Usus dan Radang Usus Besar

Yang perlu digarisbawahi, meski diet tak bisa menyebabkan penyakit ini, namun pola makan bisa membantu mengontrol gejalanya. Sebab, mengonsumsi makanan yang tepat bisa mencegah ulserasi dan mengurangi peradangan. Lalu, diet radang usus seperti apa sih yang baik?

Nah, berikut beberapa makanan yang perlu dihindari oleh pengidapnya.

1. Makanan Pedas

Hindari makanan jenis ini, sebab makanan pedas justru membuat tanda-tanda dan gejala penyakit ini semakin memburuk.

2. Produk Susu

Bagi pengidap intoleransi laktosa, susu bukanlah pilihan yang tepat untuk dikonsumsi. Selain itu, orang-orang yang mengidap radang usus terkadang juga mengalami diare dan sakit perut ketika mengonsumsi produk susu.

3. Makanan Pemicu dan Alergi

Pengidap penyakit ini sering memiliki makanan pemicu radang usus. Makanan ini merupakan makanan yang bisa membuat gejala mereka semakin memburuk. Di samping itu, mereka juga memiliki makanan alergi, makanan yang menyebabkan reaksi imun.

Baca juga: Ini 5 Gejala Penyakit Radang Usus yang Tak Bisa Disepelekan

4. Jangan Porsi Besar

Orang yang memiliki keluhan ini mesti berpikir ulang bila ingin mengasup makanan dalam porsi besar. Mungkin akan lebih baik bila makan lima kali sehari dalam porsi kecil, ketimbang dua atau tiga porsi dalam porsi besar.

5. Awasi Serat

Kebanyakan sayur mengandung serat yang lebih tinggi dibandingkan makanan lainnya. Misalnya, sayur seperti brokoli atau kembang kol. Selain itu, makanan, seperti kacang-kacangan dan biji-bijian yang mengandung banyak serat. Pengidap radang usus akan diberi tahu untuk membatasi serat dan melakukan diet rendah residu bila mengalami penyempitan usus.

6. Kacang, Plum, dan Popcorn

Kacang-kacangan dan biji-bijian memang penuh nutrisi, namun mereka tinggi lemak dan protein yang buruk bagi pencernaan yang sedang terganggu. Selain itu, makanan tersebut sulit dicerna dan bisa mengiritasi perut karena teksturnya keras.

Baca juga: Perlu Tahu, 7 Cara Sederhana Cegah Radang Usus

7. Kafein dan Alkohol

Pikirlah kembali bila ingin mengonsumsi alkohol dan minuman berkafein. Sebab, minuman jenis ini bisa memperparah diare. Sebagai gantinya, pilihlah air putih sebagai minuman untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Air merupakan pilihan terbaik.

8. Makanan Tinggi Lemak

Makanan tinggi lemak, seperti margarin, mentega, saus krim, dan makanan yang digoreng bisa menyebabkan diare. Apalagi bila seseorang mengidap penyakit Crohn, ia tak bisa mencerna lemak dengan normal.

Mau tahu lebih jauh mengenai penyakit di atas? Kamu bisa kok bertanya langsung ke dokter ahli melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!