02 October 2018

Ini Fakta, Mendengarkan Musik Bisa Meredakan Stres

musik meredakan stres, manfaat mendengarkan musik

Halodoc, Jakarta – Kekuatan musik yang menenangkan berkaitan erat dengan emosi sehingga mendengarkan musik bisa meredakan stres secara efektif. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Psych Central, manfaat mendengarkan musik dapat memiliki efek yang sangat menenangkan buat pikiran dan tubuh, terutama musik yang berirama lambat dan menenangkan.

Jenis musik seperti ini memiliki efek positif pada fungsi fisiologis  dimana memperlambat denyut nadi dan detak jantung. Selain itu, menurunkan tekanan darah serta menyeimbangkan tingkat hormon stres. Selain sebagai pereda stres, musik dapat menjadi pengalih perhatian sekaligus mengeksplorasi emosi, lho. Itu artinya manfaat mendengarkan musik bisa menjadi sarana meditasi dan membantu supaya pikiran tetap fokus.

Jenis Musik

Preferensi musik sangat bervariasi tergantung masing-masing personal. Ada orang yang nyaman bila mendengarkan genre pop, tetapi ada juga yang nyamannya di musik klasik. Bahkan, musik rock sekalipun bisa menjadi sarana relaksasi bila memang seseorang nyaman dengannya. Walaupun sama-sama meredakan stres, tetapi sensasinya sedikit berbeda. Musik rock lebih menyalurkan emosi negatif dan agresivitas pendengarnya.

Ketika musik rock menyalurkan emosi negatif, sedangkan musik klasik akan membantu kamu untuk lebih fokus dan berpikiran tajam. Sementara musik pop yang cenderung easy listening akan membuatmu lebih berpikir santai dan tenang. Musik bergenre bossanova sendiri justru memberikan sarana relaksasi terutama ketika kamu mendengarkannya sambil menuntaskan pekerjaan kantor.

Sambil Bernyanyi

Ketika orang sedang sangat tertekan, maka ada kecenderungan untuk menghindari mendengarkan musik secara aktif. Padahal, mendengarkan musik justru bisa membantu mengurangi stres, bahkan bisa meningkatkan produktivitas. Apalagi bila mendengarkan musik sambil bernyanyi maka bisa memberikan pelepasan ketegangan yang lebih hebat dan menenangkan diri.

Musik Pagi Hari

Mendengarkan musik favorit di pagi hari dapat membangun mood yang oke sepanjang hari. Apalagi kalau kamu mendengarkannya dengan menggunakan headset, sehingga seolah membawa musik masuk ke pikiran dan hatimu. Cara mendengarkan musik juga menjadi penentu seberapa dalam efek musik untuk meredakan stresmu.

Karaoke Baik untuk Kesehatan

Menurut Profesor Takeshi Tanigawa dari Ehime University Graduate School of Medicine di Jepang, karaoke di malam hari dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular karena efektif mengurangi stres. Bernyanyi bersama teman di karaoke dapat meningkatkan efek positif karena bisa berbagi emosi, perasaan, dan empati.

Bernyanyi di karaoke juga bisa menjadi salah satu cara meredakan stres dalam bentuk dukungan sosial. Sebab, setelah selesai bernyanyi maka rekan-rekan yang lain bertepuk tangan dan memberikan apresiasi kepada temannya.

Ilmu Kesehatan Mendukung

Secara ilmu kesehatan, mendengarkan musik dapat memberikan banyak manfaat dari segi kesehatan yang tak hanya meredakan stres saja, antara lain:

1. Mendengarkan musik dengan menggunakan headset dapat mengurangi kecemasan pada pasien sebelum dan sesudah operasi.

2.  Musik dapat mengurangi rasa sakit dan kesedihan akibat sakit kronis.

3.  Mendengarkan musik dapat mengurangi depresi dan meningkatkan rasa percaya diri pada para lansia.

4.  Mendengarkan musik dapat mengurangi rasa lelah dan meningkatkan mood para atlet ataupun orang-orang yang aktif berolahraga.

Ada banyak fakta menarik seputar manfaat mendengarkan musik selain untuk meredakan stres yang perlu untuk diketahui. Kalau ingin mengetahui lebih banyak mengenai informasi ini, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Hubungi Dokter, kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Baca juga: