• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mendengarkan Musik Bisa Meredakan Stres, Ini Faktanya

Mendengarkan Musik Bisa Meredakan Stres, Ini Faktanya

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Ada banyak  jenis musik yang bisa didengarkan sesuai selera dan disebut bisa memengaruhi perasaan seseorang. Namun ternyata, tidak hanya sampai di situ. Mendengarkan musik nyatanya baik untuk kesehatan, salah satunya bisa meredakan stres secara efektif. Pasalnya, mendengarkan musik yang disukai disebut bisa memperbaiki mood menjadi lebih baik.

Mendengarkan musik dapat memiliki efek yang sangat menenangkan buat pikiran dan tubuh, terutama musik yang berirama lambat dan menenangkan. Jenis musik seperti ini memiliki efek positif pada fungsi fisiologis  yang bisa memperlambat denyut nadi dan detak jantung. Selain itu, musik juga menurunkan tekanan darah serta menyeimbangkan tingkat hormon stres.

Baca juga:  Tips Menghilangkan Stres dalam Waktu Singkat

Cara Musik Menurunkan Stres

Stres adalah kondisi yang sama sekali tidak boleh dianggap sepele. Jika dibiarkan terus-menerus, hal ini bisa meningkatkan risiko terjadinya gangguan kesehatan. Selain mendengarkan musik untuk memperbaiki mood, risiko stres juga bisa diturunkan dengan memainkan alat musik favorit. Tidak perlu memainkan alat musik yang rumit, cukup yang disukai atau bisa memberi rasa bahagia.

Selain sebagai pereda stres, musik dapat menjadi pengalih perhatian sekaligus mengeksplorasi emosi, lho. Itu artinya manfaat mendengarkan musik bisa menjadi sarana meditasi dan membantu supaya pikiran tetap fokus. Preferensi musik sangat bervariasi tergantung masing-masing personal. Ada orang yang nyaman bila mendengarkan genre pop, tetapi ada juga yang nyamannya di musik klasik.

Bahkan, musik rock sekalipun bisa menjadi sarana relaksasi bila memang seseorang nyaman dengannya. Walaupun sama-sama meredakan stres, tetapi sensasinya sedikit berbeda. Musik rock lebih menyalurkan emosi negatif dan agresivitas pendengarnya. Lantas, kapan waktu terbaik untuk mendengarkan musik?

  1. Pagi Hari

Mendengarkan musik favorit di pagi hari dapat membangun mood yang oke sepanjang hari. Apalagi kalau kamu mendengarkannya dengan menggunakan headset, sehingga seolah membawa musik masuk ke pikiran dan hatimu. Cara mendengarkan musik juga menjadi penentu seberapa dalam efek musik untuk meredakan stresmu. Mulai hari dengan mendengarkan musik nyatanya bisa menurunkan risiko stres di sisa hari.

Baca juga: Wanita Tidak Boleh Stres, Ini Dampaknya

  1. Di Perjalanan

Jika tidak memungkinkan, tidak perlu waktu lama atau aktivitas khusus untuk mendengarkan musik. Kamu bisa melakukannya di tengah perjalanan menuju kantor atau tempat beraktivitas. Mendengarkan musik bisa membantu mengurangi stres, bahkan bisa meningkatkan produktivitas. Apalagi bila mendengarkan musik sambil bernyanyi, maka bisa memberikan pelepasan ketegangan yang lebih hebat dan menenangkan diri.

  1. Bersama Teman

Kamu bisa mengajak teman untuk bernyanyi bersama atau mendengarkan musik kesukaan. Salah satunya bisa dilakukan sambil karaoke bersama. Bernyanyi bersama teman di karaoke dapat meningkatkan efek positif karena bisa berbagi emosi, perasaan, dan empati. Bernyanyi di karaoke juga bisa menjadi salah satu cara meredakan stres dalam bentuk dukungan sosial. Sebab, setelah selesai bernyanyi maka rekan-rekan yang lain bertepuk tangan dan memberikan apresiasi kepada temannya.

  1. Sebelum Tidur

Kamu juga bisa mendapat manfaat mendengarkan musik sebelum tidur di malam hari. Nyatanya, mendengarkan musik sebelum tidur bisa membantu melepaskan tekanan setelah beraktivitas seharian, sehingga risiko stres pun bisa dihindari. Namun tentu saja, sebaiknya mendengarkan musik di malam hari dilakukan secukupnya dan jangan sampai mengganggu waktu tidur. Sebab, kurang tidur di malam hari bisa menjadi salah satu pemicu terjadinya gangguan kesehatan, termasuk stres fisik. 

Baca juga:  Stres karena Bekerja, Ini Cara Mengatasinya

Ada banyak fakta menarik seputar manfaat mendengarkan musik selain untuk meredakan stres yang perlu untuk diketahui. Kalau ingin mengetahui lebih banyak mengenai informasi ini, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Hubungi Dokter, kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat, kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah..

Referensi:
Web MD. Diakses pada 2020. How Making Music Reduces Stress.
NCBI. Diakses pada 2020. The Effect of Music on the Human Stress Response.
Verywell Mind. Diakses pada 2020. How to Use Music for Stress Relief.