20 September 2018

Stres Karena Bekerja, Ini Cara Mengatasinya

 stres karena bekerja, menghilangkan stres, stress kerja

Halodoc, Jakarta – Tuntutan pekerjaan dan rutinitas yang begitu-gitu saja membuat pekerja kantoran sangat rentan mengalami stres. Sayangnya, karyawan sering memilih untuk mengabaikan saja perasaan tersebut dan terus bekerja. Padahal, kebiasaan seperti itu malah bisa memicu stres semakin menumpuk dan bisa meledak kapan saja.

Stres bisa menyebabkan pekerja tidak memiliki semangat dan suasana hati yang baik sehingga tidak bisa menyelesaikan pekerjaan, bahkan bisa mengganggu kondisi kesehatan tubuh. Namun jangan khawatir, stres karena bekerja bisa diatasi, lho. Yuk cari tahu cara terbaik mengatasi stres karena bekerja!

1. Ketahui Batas dan Bicarakan

Salah satu cara terbaik untuk menghindari stres karena pekerjaan adalah dengan mengetahui batasan diri. Kamu perlu tahu sejauh apa kemampuan diri dalam menanggung beban pekerjaan dan pikiran. Cobalah untuk menyusun rencana kerja dan menghitung waktu yang kamu butuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan. Merencanakan hal-hal seperti ini dapat membantu mengurangi beban pekerjaan.

Jika sudah dirasa terlalu berat, jangan sungkan untuk membicarakan masalah pekerjaan yang dihadapi kepada atasan di kantor. Manfaatkan waktu tersebut untuk menyampaikan semua hal terkait pekerjaan dan mintalah solusi terbaik dari atasan. Selain dapat membantu menyelesaikan pekerjaan, menceritakan masalah pada seseorang setidaknya dapat memberi rasa nyaman dan perasaan lega.

2. Sempatkan Waktu untuk Diri Sendiri

Atasi stres dengan selalu menyempatkan waktu untuk memanjakan diri. Lupakanlah sejenak tumpukan pekerjaan yang tanpa disadari menjadi pemicu stres. Kamu bisa mengisi waktu ini dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan atau hobi yang sudah jarang kamu lakukan karena tidak memiliki waktu. Misalnya, membaca buku, memasak, bernyanyi, jalan-jalan dan liburan, atau sekadar pergi ke salon untuk melakukan perawatan.

Mengistirahatkan diri sejenak dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan dapat membantu menenangkan diri. Kesempatan ini juga bisa dimanfaatkan untuk melepaskan stres dan mengembalikan energi serta semangat diri untuk kembali bekerja keesokan harinya.

3. Meditasi

Jika tidak memiliki cukup banyak waktu untuk berlibur, coba lakukan meditasi atau yoga untuk menenangkan stres. Nyatanya, meditasi dapat memberi efek positif bagi kesehatan jiwa dan membuat tubuh terasa lebih sehat. Melakukan yoga juga bisa membantu memberi rasa keseimbangan, ketenangan, serta kedamaian dalam tubuh.

Kamu bisa memilih untuk pergi ke studio yoga, melakukannya bersama teman-teman, atau bermeditasi sendiri di rumah dengan melakukan pose-pose yang sederhana. Pilih yang paling nyaman agar kenyamanan dan ketenangan bisa benar-benar kamu dapatkan dari kegiatan ini.

4. Pola Hidup Sehat

Menghindari stres karena bekerja juga bisa dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat. Mengonsumsi makanan seimbang dapat membantu menenangkan pikiran, memberikan energi, serta memberi nutrisi untuk tubuh dan otak. Membiasakan diri untuk mengonsumsi makanan sehat juga dapat menghindari serangan penyakit sehingga kamu jadi lebih sehat.

5. Olahraga

Selain bagus untuk kesehatan dan kebugaran tubuh, olahraga ternyata juga bisa membantu menekan stres. Berolahraga dapat merangsang tubuh mengeluarkan hormon “bahagia” yang bisa membantu memperbaiki suasana hati.

Selain berolahraga, lengkapi juga dengan mengonsumsi vitamin tambahan agar tubuh sehat selalu. Sebab, salah satu kunci untuk terhindar dari stres adalah tubuh yang sehat. Nah, kamu bisa membeli vitamin dan suplemen atau produk kesehatan lain di aplikasi Halodoc. Dengan layanan Apotik Antar dari Halodoc, pesanan kamu akan dikirim ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!

Baca juga: