01 October 2018

Nonton Film Komedi Ternyata Bisa Menghilangkan Stres

film komedi,menghilangkan stres,stres

Halodoc, Jakarta – Kalau kamu saat ini lagi banyak pikiran dan ada kecenderungan sedang mengalami stres, maka menonton film komedi bisa menjadi solusi untuk menghilangkan stres. Para ahli stres mengatakan bahwa menonton film yang dapat membuatmu tertawa sebenarnya sangat baik untuk kesehatan. Bahkan, film komedi bisa menjadi terapi yang menyenangkan untuk mengurangi penat pikiran.

Hal itu karena ada kesenangan emosional yang bisa kamu dapatkan saat menonton film komedi dan efeknya akan lebih maksimal ketika menontonnya bersama orang lain. Tertawa juga merangsang terciptanya hal-hal positif secara fisik dan psikis, di antaranya mengurangi hormon stres dan meningkatkan endorphin yang membantu membangun kekebalan terhadap penyakit.

Tertawa juga bisa membuatmu mendapatkan latihan fisik yang berarti. Penjelasannya adalah otot-otot di wajahmu akan mendapatkan latihan saat tertawa, demikian juga untuk jantung dan pernapasan. Tertawa bisa mengalihkan pikiran dari emosi negatif, bahkan memberikan latihan ke paru-paru.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh juga menjadi manfaat dari tertawa lainnya. Pikiran negatif bisa memberikan reaksi kimia yang dapat memengaruhi tubuh dengan membawa lebih banyak tekanan dalam sistem tubuhmu. Sebaliknya, pikiran positif benar-benar dapat membantu melawan stres serta menurunkan risiko kemungkinan mendapat penyakit yang lebih serius.

Bahkan, tertawa dapat menghilangkan rasa sakit di mana membuat tubuh memproduksi penghilang rasa sakit alami. Menurut para ahli kesehatan dan psikologi, rata-rata orang dewasa di dunia hanya sedikit tertawa di mana hanya 15 kali dalam sehari.

Hal ini adalah ukuran yang sangat minim, sebab setiap hari ada saja kejadian yang bisa memungkinkan kamu untuk stres. Karena itu, menonton film komedi adalah rangsangan yang tepat untuk membuatmu tertawa lebih sering lagi.

Selain dari sisi filmnya, ada beberapa hal lain yang menyebabkan film komedi membantumu menghilangkan stres, seperti:

1. Menonton dengan Teman atau Keluarga

Penurunan kadar stres akibat menonton film komedi juga bergantung dengan siapa kamu menonton filmnya. Ketika kamu menontonnya dengan orang terdekat seperti teman atau keluarga, penurunan stres bisa sangat signifikan. Pasalnya berbagi tawa dengan orang yang disayangi dapat lebih meningkatkan kinerja hormon endorphine.

2. Menonton Sendiri

Namun, bukan berarti menonton film komedi sendirian tidak disarankan. Pada momen-momen tertentu memang kamu disarankan untuk menonton komedi sendiri. Situasi ini bisa menjadi salah satu cara untuk merenung dan melakukan kilas balik mengenai apa-apa yang sudah kamu lakukan, serta kejadian-kejadian yang membuatmu sedih. Walaupun manusia sejatinya adalah makhluk sosial, tetapi menjadi kuat dan berdiri sendiri dalam menghadapi masalahnya merupakan suatu kewajiban dan keharusan untuk dilakukan oleh manusia.

3. Frekuensi Menonton

Semakin sering kamu menonton film komedi, secara tidak langsung ini akan membangun rasa humor juga. Kamu jadi bisa lebih rileks dan bisa memandang segala sesuatu dari sisi positifnya. Selain itu, mengambil pesan-pesan moral sehingga bisa lebih bijaksana dan tidak mudah emosi dalam menanggapi segala sesuatunya.

Kalau ingin mengetahui lebih banyak mengenai dampak menonton film komedi untuk kesehatan fisik dan psikologi, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Kamu juga bisa menanyakan informasi seputar kesehatan lainnya di sini. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Hubungi Dokter, kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Baca juga: