• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Adakah Cara Memutihkan Gigi secara Alami?

Adakah Cara Memutihkan Gigi secara Alami?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Warna gigi akan menguning seiring bertambahnya usia. Namun, ada cara yang bisa memperlambat proses menguningnya gigi dan bahkan mengembalikan putih alami gigi. Banyak cara alami yang membantu menghilangkan noda dan melindungi email gigi. 

Perubahan warna pada gigi biasanya bisa diatasi dengan pembersihan rutin dan pengobatan dengan pemutih gigi. Namun, terkadang gigi terlihat kuning karena email yang keras telah terkikis, sehingga memperlihatkan dentin di bawahnya. Dentin adalah jaringan tulang kuning alami yang terletak di bawah gigi.

Baca juga: 4 Cara Mengobati Sakit Gigi Secara Alami

Cara Alami Memutihkan Gigi

Mulai dari perubahan pola makan, gaya hidup, hingga melakukan beberapa cara lainnya, ini hal yang bisa dilakukan untuk memutihkan gigi secara alami:

1. Ubah Pola Makan

Mengubah pola makan bisa mencegah gigi menguning. Makanan dan minuman yang mengandung tanin, seperti teh bisa menodai gigi. Selain teh, minuman seperti kopi, soda hitam, dan jus juga bisa membuat gigi kuning. Makanan asam bisa membuat gigi tampak kuning dengan mengikis enamel. 

Jika kamu peduli dengan warna gigi, sebaiknya hindari konsumsi jeruk, kopi, dan soda yang berlebihan. Sebagai alternatif, sikat gigi setiap setelah mengonsumsi makanan dan minuman. Dokter gigi menganjurkan menunggu 30 menit setelah makan sebelum menyikat gigi. Adam bisa melemahkan enamel jadi menyikat terlalu cepat bisa merusak gigi. 

2. Lakukan Oil Pulling

Oil pulling adalah istilah untuk mencuci mulut dengan minyak untuk menghilangkan kotoran dan bakteri. Kegiatan ini bukan sebagai pengganti sikat gigi atau flossing biasa, tapi beberapa penelitian mengatakan bahwa mencuci mulut dengan minyak tertentu bisa memutihkan gigi.

Minyak yang cocok untuk oil pulling, yaitu:

  • Minyak kelapa;
  • Minyak bunga matahari;
  • Minyak wijen.

3. Menyikat Gigi dengan Baking Soda

Soda kue dapat menghilangkan noda di permukaan gigi jika dilakukan dengan lembut. Soda kue juga bisa membantu melawan bakteri, mengurangi plak, dan mencegah kerusakan gigi. 

Namun, apabila kamu masih ragu untuk melakukan cara alami ini, kamu bisa bertanya lebih dulu dengan dokter melalui aplikasi Halodoc, kapan saja dan di mana saja. 

Baca juga: Garam Bisa Jadi Obat Sakit Gigi, Benarkah?

4. Konsumsi Buah-buahan

Asam malat dalam apel meningkatkan air liur untuk membersihkan asam. Pasta gigi dengan kandungan bromelain, senyawa dalam nanas, juga membantu memutihkan gigi secara alami. 

5. Menjaga Kebersihan Mulut dengan Baik

Menjaga kebersihan mulut dengan sangat baik merupakan hal terpenting untuk mencegah gigi menguning. Menyikat dan membersihkan gigi secara teratur melindungi enamel, mencegah kerusakan gusi, dan menghilangkan noda. Praktik kebersihan mulut yang baik meliputi:

  • Menyikat gigi minimal dua kali sehari. Pastikan untuk membersihkan gigi di sekitar gusi dan bagian belakang gigi.
  • Gunakan pasta gigi berfluorida. Fluorida mampu melawan terjadinya kerusakan gigi. 
  • Flossing untuk menghilangkan plak di antara gigi. 

Baca juga: Obat Sakit Gigi Ampuh dari Bahan Alami

Hanya sedikit orang yang memiliki gigi putih alami, karena gigi cenderung menguning seiring bertambahnya usia. Namun, menjaga kebersihan mulut yang baik dan melakukan pemeriksaan gigi secara teratur membantu menjaga gigi tetap cerah. 

Perlu diketahui, gigi kuning bukan pertanda masalah kesehatan tapi dokter gigi bisa memeriksa kehilangan email dan kerusakan gigi. Penting untuk selalu memeriksakan gigi pada dokter gigi. Yuk, kini buat jadwal kontrol gigi di rumah sakit terdekat melalui aplikasi Halodoc

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. 6 Simple Ways to Naturally Whiten Your Teeth at Home
WebMD. Diakses pada 2021. Natural Ways to Whiten Your Teeth
Medical News Today. Diakses pada 2021. Six natural ways to whiten teeth