Obat Sakit Gigi Ampuh dari Bahan Alami

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
obat-sakit-gigi-ampuh-dari-bahan-alami-halodoc

Halodoc, Jakarta – Sakit gigi memang adalah masalah kesehatan yang paling menyiksa. Enggak hanya bisa bikin kamu tidak bisa makan dan tidak bisa tidur, sakit gigi bahkan juga bisa sampai menyebabkan sakit kepala dan demam saking hebat rasa nyerinya. Kebanyakan orang biasanya akan langsung meminum obat sakit gigi untuk menghilangkan rasa nyeri tersebut, sehingga mereka bisa lanjut beraktivitas. Namun, menghilangkan rasa nyeri akibat sakit gigi tidak selalu harus dengan minum obat sakit gigi kok. Beberapa bahan alami berikut juga bisa jadi obat sakit gigi yang ampuh mengatasi sakit gigi. Yuk, cari tahu di sini.

1. Bawang Mentah

Bila rasa nyerinya tidak seberapa, mungkin kamu bisa coba mengatasi sakit gigi dengan bahan alami yang satu ini. Bawang merah dan bawang putih sudah dikenal dan digunakan sebagai obat alami yang berkhasiat mengobati sakit gigi. Kedua bawang ini bersifat antiseptik dan antimikroba yang mampu membunuh kuman penyebab sakit gigi sekaligus mengurangi rasa nyerinya.

Cara menggunakannya, hancurkan bawang merah atau bawang putih, lalu oleskan di sekitar gigi yang sedikit. Atau bisa juga dengan cara mengunyah satu siung bawang merah atau putih segar secara perlahan.

Baca juga: Benarkah Tempel Bawang Putih Bisa Redakan Sakit Gigi?

2. Air Garam

Bagi banyak orang, berkumur dengan air garam adalah pengobatan pertama yang efektif untuk sakit gigi. Air garam adalah disinfektan alami yang bisa membantu menghilangkan sisa-sisa makanan yang tersangkut di antara gigi. Berkumur air garam juga bisa meredakan rasa nyeri akibat sakit gigi secara cepat, karena garam akan menyerap kelembapan dalam mulut kamu dan membantu membunuh bakteri penyebab sakit gigi. Air garam juga membantu mengurangi peradangan akibat infeksi dan menyembuhkan luka dalam mulut.

Cara menyembuhkan sakit gigi dengan air garam adalah campurkan setengah sendok teh gara, ke dalam segelas air hangat, kemudian gunakan sebagai obat kumur.

Baca juga: Ini Cara Pertolongan Pertama Sakit Gigi di Rumah

3. Kompres Es

Obat alami lainnya yang bisa kamu coba untuk mengatasi sakit gigi adalah es atau air dingin. Kompres es atau air dingin ampuh menghilangkan rasa nyeri akibat sakit gigi. Ketika mengompres dengan air dingin, pembuluh darah di area yang sakit akan mengerut. Hal ini membuat rasa sakit tidak terlalu parah. Caranya, kamu bisa mengompres bagian pipi yang sakit dengan es yang sudah dilapisi handuk, atau bisa juga menempelkan kompres langsung pada permukaan gigi yang ngilu. Cara ini akan membuat saraf gigi menjadi kebas, sehingga nyeri tidak lagi terasa.

4. Cengkeh

Cengkeh juga sudah digunakan sebagai obat sakit gigi sejak lama. Minyak cengkeh dapat secara efektif menghilangkan rasa sakit dan mengurangi peradangan. Hal ini berkat kandungan eugenol dalam minyak cengkeh yang merupakan antiseptik alami.

Caranya adalah tuang sedikit minyak cengkeh ke kapas, lalu oleskan ke daerah yang sakit. Kamu juga bisa mengencerkan minyak cengkeh dengan beberapa tetes minyak zaitun atau air, lalu dioleskan ke daerah yang sakit. Lakukan pengobatan ini beberapa kali dalam sehari. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan minyak cengkeh sebagai obat kumur dengan cara mencampurkan setetes minyak cengkeh ke dalam segelas kecil air.

5. Ekstrak Vanila

Ekstrak vanila mengandung alkohol yang bisa membantu menghilangkan rasa sakit. Kandungan antioksidannya juga terbukti dapat menyembuhkan sakit gigi. Untuk menggunakan obat alami ini, kamu bisa menuangkan sedikit ekstrak vanilla ke jari atau kapas, kemudian tempelkan langsung ke area yang sakit beberapa kali dalam sehari.

Baca juga: Efek Samping Daun Sirih sebagai Obat Sakit Gigi

Nah, itulah obat sakit gigi alami yang tidak kalah ampuh dengan obat-obatan untuk mengatasi sakit gigi. Kalau kamu ingin membeli obat sakit gigi, gunakan saja aplikasi Halodoc. Enggak usah repot-repot keluar rumah, tinggal order melalui aplikasi dan obat pesanan kamu akan diantarkan dalam waktu satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.