• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Adakah Cara Menghentikan Diare Tanpa Obat?
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Adakah Cara Menghentikan Diare Tanpa Obat?

Adakah Cara Menghentikan Diare Tanpa Obat?

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 23 Mei 2022

“Meskipun menimbulkan gejala yang tidak nyaman, diare biasanya bisa hilang dengan sendirinya. Pada kasus yang ringan, ada beberapa cara menghentikan diare tanpa obat yang bisa dicoba.”

Adakah Cara Menghentikan Diare Tanpa Obat?

Halodoc, Jakarta – Diare merupakan masalah pencernaan yang menyebabkan tinja menjadi encer dan frekuensi buang air besar meningkat. Hal itu tentu bisa membuat pengidapnya tidak nyaman, bahkan bisa mengganggu aktivitas.

Karena gejalanya tidak nyaman tersebut, biasanya beberapa orang langsung minum obat agar diare bisa cepat berhenti.

Namun, tahukah kamu jika diare juga bisa hilang dengan sendirinya? Meski begitu, kamu tetap dianjurkan untuk minum obat bila masalah pencernaan tersebut sering terjadi atau semakin parah. Nah, bila tidak terlalu parah, kamu bisa coba beberapa cara menghentikan diare tanpa obat ini, ya.

Cara Menghentikan Diare Tanpa Obat

Meskipun bisa mengatasi diare secara efektif, obat diare terkadang bisa menyebabkan konstipasi. Oleh karena itu, cobalah cara menghentikan diare tanpa obat berikut ini:

1. Minum Banyak Air

Salah satu masalah umum yang bisa terjadi akibat diare adalah dehidrasi. Kondisi inilah yang sering menyebabkan banyak pengidap diare dirawat di rumah sakit.

Diare menyebabkan tubuh kehilangan banyak cairan dan elektrolit yang dibutuhkan tubuh untuk berfungsi secara normal. Jadi, penting sekali untuk mencegah atau mengatasi dehidrasi saat diare dengan benar.

Cara untuk menghentikan diare yang ringan tanpa obat adalah dengan minum banyak air, sup bening, atau minuman olahraga yang kaya akan elektrolit. Dengan begitu, kamu bisa mengganti cairan dan elektrolit yang hilang.

Selain itu, ada juga beberapa minuman yang perlu kamu hindari saat mengalami diare. Contohnya kopi, minuman berkafein, minuman manis, soda dan alkohol. Sebab minuman tersebut memiliki efek pencahar. Bila kamu tidak toleran terhadap laktosa, kamu juga perlu menghindari susu dan produk olahannya.

2. Makan Makanan yang Hambar

Saat mengalami diare, penting untuk memperhatikan jenis makanan yang kamu konsumsi agar masalah pencernaan tersebut tidak semakin parah. Pola makan BRAT adalah pola makan yang dianjurkan sebagai cara untuk menghentikan diare tanpa obat. 

Pola makan ini terdiri dari empat makanan hambar dan rendah serat, yaitu pisang (banana), nasi (rice), saus apel (apple sauce), dan roti panggang (toast). Pisang terutama sangat dianjurkan, karena bisa mengembalikan kadar kalium yang hilang dari tubuh saat kamu diare.

Saat gejala diare mulai membaik, kamu bisa menambahkan makanan lunak dan mudah dicerna lainnya, seperti:

  • Dada ayam panggang tanpa kulit.
  • Havermut.
  • Kentang panggang.
  • Sup ayam.

Ingat, jangan mengonsumsi makanan yang bisa menyebabkan gas. Contohnya kacang polong atau sayuran seperti brokoli dan kembang kol. Diare juga bisa bertambah parah bila kamu mengonsumsi makanan tinggi serat dan makanan berminyak.

3. Konsumsi Probiotik

Mengonsumsi probiotik, baik dari makanan atau suplemen, juga bisa menjadi cara menghentikan diare tanpa obat. Probiotik adalah bakteri dan ragi hidup yang bermanfaat bagi sistem pencernaan kamu.

Diare bisa menyebabkan kamu kehilangan banyak bakteri sehat di perut dan usus. Nah, probiotik bisa dengan cepat menggantikan mikroorganisme pelindung ini dan membantu memulihkan fungsi usus yang normal.

Kamu memang dianjurkan untuk menghindari beberapa produk susu selama diare, tapi produk susu seperti yoghurt yang kaya akan bakteri probiotik, sangat bermanfaat untuk membantu mengatasi masalah pencernaan tersebut. Sumber probiotik alami lainnya adalah makanan fermentasi seperti sup miso, kombucha, keju cottage, dan roti sourdough.

4. Coba Gunakan Bahan-bahan Alami

Bahan-bahan alami juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi diare. Cobalah minum segelas air hangat yang sudah ditambahkan sejumput kunyit ke dalamnya. Kunyit memiliki sifat antiseptik dan antiinflamasi. Namun, pastikan kamu tidak terlalu banyak menggunakan bahan alami tersebut, karena kunyit bisa bereaksi dengan banyak obat resep dan memperburuk gejala. Selain kunyit, kayu manis juga merupakan anti-diare yang efektif.

Nah, itulah beberapa cara menghentikan diare tanpa obat yang bisa kamu coba di rumah. Hal yang perlu digarisbawahi, segeralah temui dokter bila diare tak kunjung sembuh atau semakin parah.

Kamu bisa berobat ke dokter dengan buat janji di rumah sakit pilihan kamu melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play untuk memudahkan kamu mendapatkan solusi kesehatan terlengkap.

Referensi:
Verywell Health. Diakses pada 2022. 3 Effective Home Remedies for Diarrhea.
Medicine Net. Diakses pada 2022. What Naturally Stops Diarrhea?